Home NasionalNusantara Ratusan Rumah di Blora Rusak Diamuk Puting Beliung

Ratusan Rumah di Blora Rusak Diamuk Puting Beliung

oleh Ki Pujo Pandunung

Foto: Ilustrasi

FAKTUAL-INDONESIA: Tercatat ratusan rumah penduduk di Kabupaten Blora, Jateng, mengalami kerusakan berat hingga ringan, akibat diamuk puting beliung selama sepekan terakhir.

“Kerusakan berat seperti roboh tercatat 16 rumah, terbanyak di Kecamatan Ngawen. Kalau yang rusak ringan jumlahnya bisa mencapai ratusan rumah,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Blora Slamet Widodo, Sabtu (30/10/2021).

Yang dimaksud dengan rusak berat disini adalah rumah  roboh, rusak sedang adalah sebagian rumah roboh atau mengalami kerusakan cukup parah, dan rusak ringan seperti genteng copot, hingga pagar ambruk.

Rumah-rumah penduduk yang rusak akibat puting beliung tersebut tersebar di 16 kecamatan. Namun demikian dipastikan, tidak ada korban jiwa meninggal.

“Kalau luka berat ada. Seperti di Kecamatan Jepon kemarin. Saat rumah roboh di mana penghuninya masih berada di dalam sehingga tertimpa reruntuhan rumah,” tuturnya.

BPBD Blora mengimbau, masyarakat hendaknya memangkas pohon yang sudah tinggi. Karena di beberapa kasus, banyak pohon tumbang menimpa rumah.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat curah hujan  tinggi akhir-akhir ini, warga diimbau membersihkan semua selokan di area permukiman.

“Warga juga kita imbau mencari tempat berlindung sesuai hasil musyawarah untuk penetapan lokasinya. Jangan sampai warga bingung mencari tempat berlindung saat bencana tiba,” pungkasnya.***

Tinggalkan Komentar