Connect with us

Ekonomi

Singapura 3 Kali Ajukan Proposal Minta Natuna jadi Supporting Logistics, Tapi …

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Wakil Bupati Natuna, Kepulauan Riau Rodhial Huda, bahan pangan yang diminta Singapura yakni di bidang peternakan, perikanan dan sayuran.

Wakil Bupati Natuna, Kepulauan Riau Rodhial Huda, bahan pangan yang diminta Singapura yakni di bidang peternakan, perikanan dan sayuran.

FAKTUAL INDONESIA: Singapura bukan saja membuka peluang besar namun sudah meminta Natuna, Kepulauan Riau menjadi supporting logistik negara tersebut.

Buktinya Singapura sampai 3 (tiga) kali mengajukan proposal meminta Natuna, Kepulauan Riau menjadi supporting logistik atau penyedia bahan pangan negaranya.

Tapi peluang besar dan permintaan Singapura itu belum terwujud karena Natuna selain belum siap juga masih mendatangkan dari luar untuk urusan bahan pangan itu

“Mereka (Singapura) meminta kita menjadi  supporting logistics mereka,” kata Wakil Bupati Natuna, Kepulauan Riau Rodhial Huda di Natuna, Sabtu.

Seperti dikutip dari antara news. com, permintaan itu diajukan melalui proposal dan proposal tersebut sudah dilayangkan sebanyak tiga kali.

Advertisement

Adapun bahan pangan yang diminta yakni di bidang peternakan, perikanan dan sayuran.

“Terakhir (proposal yang dikirimkan oleh Singapura) pada akhir tahun (2023) lalu,” ujarnya.

Menurut dia, dalam waktu dekat pihaknya belum bisa memenuhi permintaan tersebut karena Natuna belum siap.

“Kita belum membangun industri, kebutuhan kita saja kadang kita datangkan dari luar,” imbuhnya.

Meski demikian, ia menyebut pihaknya tidak tinggal diam melainkan akan terus berupaya untuk mencari jalan agar hal tersebut terwujud karena hal tersebut merupakan peluang besar.

Advertisement

Menurut dia, dengan menjadi daerah penyedia bahan pangan akan membuat ekonomi daerah meningkat yang pada akhirnya akan memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Kita membutuhkan investasi di bidang peternakan sayuran dan perikanan,” tuturnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Natuna Zulfikar mengatakan Natuna merupakan pemasok sapi untuk wilayah Kepulauan Riau.

Populasi sapi di Natuna saat ini diperkirakan mencapai 9.159 ekor, dari jumlah tersebut 7.184 layak untuk dipotong.

Menurut dia, beberapa wilayah di Natuna cocok dijadikan lokasi peternakan, pasalnya memiliki wilayah yang landai.Selain itu, makanan sapi juga mudah dicari dan banyak.

Advertisement

“Yang layak untuk dipotong tentunya yang sudah memenuhi syarat, yakni sapi dara dan dewasa,” ucapnya. Ia menambahkan sapi-sapi tersebut dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

“Semuanya ternak masyarakat,” ujarnya.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement