Home LifestyleKesehatan 9 Cara Mengecilkan Lengan, Efektif dan Mudah Dilakukan

9 Cara Mengecilkan Lengan, Efektif dan Mudah Dilakukan

oleh Farhan Zuhdi
cara mengecilkan lengan

Ilustrasi lengan berlemak (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Kondisi lengan yang memiliki lemak dan terkadang menjengkelkan. Lengan yang terlalu lembek juga dapat mengganggu penampilan. Walaupun mempunyai berat badan yang ideal, lengan belum tentu sesuai dengan keinginan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengecilkan lengan.

Selain olahraga, kamu dapat mengecilkan lengan dengan cara mengurangi kalori, memperbanyak serat, memilih jenis karbohidrat yang pas, dan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Tentu hasil dinilai kurang maksimal karena lemak di lengan membutuhkan olahraga untuk mengencangkannya.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan lengan berlemak, seperti faktor genetik, kegemukan, hingga kurangnya massa otot. Meski tidak ada latihan khusus mengecilkan lengan, ada beberapa metode yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan lengan.

Baca juga: 9 Manfaat Pranayama, Teknik Olah Nafas Baik Untuk Fisik dan Mental

Berikut beberapa cara mengecilkan lengan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Push up sempurna

Cara mengecilkan lengan yang pertama yaitu dengan melakakun push up. Melakukan olahraga satu ini sudah populer karena dapat membantu membakar lemak termasuk pada lengan atas dan perut. Push up menjadi olahraga banyak dilakukan banyak orang karena tidak memerlukan alat apapun.

Meskipun demikian, kamu perlu memperhatikan bahwa gerakan push up dapat menimbulkan beberapa cedera lengan. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan masalah tersebut agar aman saat melakukan push up.

2. Push up dinding

Cara mengecilkan lengan berlemak salah satunya dengan melakukan push up dinding. Perbedaan push up ini dengan jenis push up lainnya hanya berbeda posisi tempatnya yang dilakukan di depan dinding. Push up dinidng juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Cara melakukannya, kamu dapat mencobanya dengan berdiri dan menghadap ke dinding. Lalu letakkan telapak tangan di dinding. Kemudia lakukan push-up seperti biasa. Kamu dapat melakukannya secara bertahap mulai dari 10 menjadi 20 dan seterusnya.

3. Lompat tali

Cara mengecilkan lengan berikutnya yaitu dengan melakukan lompat tali. Selain mudah dilakukan, olahraga satu ini terbukti dapat mengecilkan lengan. Kamu dapat melakukan olahraga lompat tali setiap hari pada pagi dan sore hari. Untuk mendapat hasil maksimal, kamu bisa meningkatkan intensitas supaya pembakaran lemak di bagian tangan lebih efektif.

4. Pull up

Selain push up, olahraga lain sebagai cara mengecilkan lengan yang mudah dilakukan yaitu pull up. Untuk melakukannya di rumah, kamu hanya perlu mencari tiang yang tinggi agar kamu dapat melakukan olahraga ini.

Cara melakukannya, kamu perlu memegang tiang dengan kedua tangan, lalu angkat tubuh dan tahan selama 10 detik dengan 10 hitungan. Lakukanlah secara teratur jika menginginkan hasil yang cepat.

5. Berenang

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan berenang. Selain menyenangkan, kamu dapat melakukan olahraga renang secara rutin yang dipercaya bisa mengecilkan lengan tangan. Dengan melakukan olahraga satu ini, kamu dapat membakar 500-650 kalori saat melakukannya selama satu jam. Selain itu, rutin melakukan berenang dapat memperkuat otot.

Baca juga: 8 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat

6. Angkat Beban

Angkat beban merupakan salah satu latihan efektif sebagai cara mengecilkan lengan dan menghilangkan lemak di perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa angkat beban dapat mengurangi lemak yang ada di lengan dan membantu memiliki lengan yang kencang.

Untuk melakukannya, kamu dapat memilih beberapa barang yang ada di rumah untuk digunakan sebagai beban. Kamu dapet menggunakan barbel untuk melakukannya. Jika tidak ada, kamu dapat menggunakan botol minuman dua liter untuk melakukan latihan ini.

7. Gerakan Menggunting

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah melakukan gerakan menggunting. Gerakan satu ini dipercaya dapat mengecilkan lengan yang belemak dan dapat melatih area lengan supaya otot lebih kencang.

Selain mudah, gerakan ini tidak memerlukan alat dan dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Cara sangat sederhana, kamu cukup merentangkan kedua kaki dan tangan, kemudian melakukan gerakan dengan menyilangkan tangan dan kaki ke depan seperti sedang menggunting.

8. Rajin minum air putih

Salah satu cara mengecilkan lengan lainnya adalah dengan rajin minum air putih. Agar tubuh menjadi sehat, diperlukan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat adalah dengan rajin mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

Rajin mengonsumsi air putih dapat memecah timbunan lemak dan meningkatkan sistem metabolisme. Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membuat kamu merasa kenyang sehingga dapat membantu mengurangi porsi makan dan melancarkan program diet.

9. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mengecilkan lengan yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain olahraga, salah satu cara dalam mengencilkan lengan adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat mempercepat prosesnya.

Lemak jenuh salah satu penyebab yang membuat lembak tertahan diberbagai bagian tubuh. Mulai dari sekarang, Konsumsi makanan sehat rendah lemak yang kaya akan nutrisi untuk bantu mengecilkan lengan.***

Baca juga: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Alami dan Efektif

You may also like

Tinggalkan Komentar