Home LifestyleWisata 6 Masjid Tertua di Dunia, Salah Satunya Berada di China

6 Masjid Tertua di Dunia, Salah Satunya Berada di China

oleh Farhan Zuhdi
    masjid tertua di duniaIlustrasi Masjid Nabawi, salah satu masjid tertua di dunia (Istimewa)

FAKTUALid – Setiap umat yang beragama pasti memiliki tempat ibadahnya masing-masing, misalnya masjid. Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam.

Selain sebagai tempat ibadah kaum muslimin, masjid juga digunakan untuk aktivitas sosial masyarakat. Apakah kamu sudah tahu tentang masjid tertua di dunia?

Masjid telah terbukti menjadi saksi bisu bahwa peradaban dan pengaruh Islam yang sudah tersebar di seluruh belahan dunia hingga Islam dapat diterima di berbagai negara.

Sudah diketahui bersama, bahwa masjid tertua di dunia mayoritas dibangun di Arab Saudi, salah satunya Masjid Nabawi. Masjid ini adalah bangunan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Dari masjid tersebut lah Islam dapat menyebar ke seluruh dunia.

Selain Masjid Nabawi, ada masjid-masjid bersejarah lainnya yang menjadi saksi berkembangnya Islam di dunia. Berikut beberapa masjid tertua di dunia yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: JK Serukan 50 Persen Hasil Kotak Amal Masjid Disumbangkan Untuk Palestina

1. Masjid Al-Haram, Makkah

masjid tertua di dunia

Masjid Al-Haram (Isitmewa)

Masjid tertua di dunia pertama yaitu Masjid Al-Haram. Masjid tertua dan terbesar di dunia satu ini sering juga disebut Masjidil Haram.

Masjid ini merupakan rumah ibadah tujuan utama bagi orang yang sedang melakukan ibadah Haji dan Umroh. Masjid Al-Haram yang memiliki luas 356.000 meter persegi ini dapat menampung  hingga 820.000 orang.

Pada saat awal zaman Nabi Ibrahim, masjid ini mempunyai bangun yang sederhana. Adanya beberapa renovasi dan konstruksi dari tahun ke tahun memberi banyak perubahan seperti menambahkan kubah-kubah dekorasi hingga menjadi strukrur seperti sekarang.

2. Masjid Nabawi, Madinah

masjid tertua di dunia

Masjid Nabawi (Istimewa)

Masjid tertua di dunia berikutnya yaitu Masjid Nabawi. Masjid ini diketahui didirikan sekitar tahun 622 Masehi di Madinah.

Masjid suci kedua bagi umat Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah ini merupakan masjid yang juga dibangun oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam pada tahun pertama setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah yang dikenal juga dengan nama Yathtib.

Masjid ini sudah mengalami berada kali konstruksi dan renovasi selama beratus-ratus tahun silam di bawah penguasa yang berbeda. Pada masa Kekaisaran Ottoman pada tahun 1818 Masehi, masjid ini dibangun dengan kubah hijau dan telah mengalami perluasan.

3. Masjid Quba, Madinah

masjid tertua di dunia

Masjid Quba (Istimewa)

Masjid tertua di dunia lainnya adalah Masjid Quba. Masjid Quba ini berlokasi di Quba, tepatnya berada di sebelah tenggara kita Madinah. Masjid tertua di dunia ini juga menjadi salah satu masjid bersejarah yang menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan Muslim.

Masjid Quba yang dibangun pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi merupakan masjid pertama di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Ketika itu, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam diperintahkan oleh Allah SWT untuk segera berhijrah dan menghindari kekejaman kafir Quraisy.

Namun, kapasitas Masjid Quba ini tidak sebesar Masjid Nabawi atau Masjid Al-Haram. Masjid Quba yang ada di Madinah ini hanya mampu menampung Jemaah sekitar 20.000an orang saja.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan PT KAI Daop 6 Bangun Masjid Di Stasiun Balapan

4. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

masjid tertua di dunia

Masjid Al-Aqsa (Istimewa)

Masjid tertua di dunia berikutnya adalah Masjid Al-Aqsa. Masjid yang sering disebut Masjidil Aqsa ini merupakan masjid bersejarah yang menjadi saksi bisu peradaban Islam. Sebelum arah kiblat berpindah ke Masjidil Haram, masjid ini menjadi kiblat seluruh umat islam di dunia saat zaman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Masjid yang berada di kota Yerusalem ini menjadi bagian perjalanan dan peristiwa besar ketika Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam melakukan perjalan yaitu Isra Mi’raj,

Isra Mi’raj meruapakan perjalanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dari Masjidil Haram menuju Masjid Al-Aqsa kemudian ke langit untuk menerima wahyu Allah agar umat Islam melakukan ibadah sholat lima waktu.

Namun hingga saat ini Al-Aqsa masih menjadi konflik bagi negara Israel dan Palestina.

5. Masjid Huaisheng, Guangzhou, China

masjid tertua di dunia

Masjid Huaisheng (Istimewa)

Masjid tertua di dunia lainnya tertanya kamu bisa di temukan di negara China. Masjid Huaisheng ini sudah ada sejak tahun 627 Masehi, tepatnya ketika para pedagang Muslim datang ke China melalui jalur sutera. Masjid Huaisheng merupakan salah satu masjid tertua di China dan tertua di dunia yang berhasil bertahan hingga saat ini.

Masjid ini menurut beberapa sumber merupakan masjid yang di bangun oleh paman Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi  yang bernama Sa’ad bin Abi Waqqas pada masa kaisar Gaozong (649-683 Masehi).

Tempat ibadah ini memiliki mercusuar setinggi sepanjang 35 meter yang digunakan sebagai suar bagi kapal kargo yang membawa rempah, perhiasan, dan gading. Itulah mengapa masjid ini mendapat julukan “Masjid Mercusuar” atau Guangta.

6. Masjid Al-Qiblatain, Madinah.

masjid tertua di dunia

Masjid Al-Qiblatain (Istimewa)

Masjid tertua di dunia yang terakhir adalah Masjid Al-Qiblatain. Masjid ini memiliki keistimewaan dari masjid lainnya, karena mempunyai dua arah kiblat. Kiblat yang satu menghadap Baitul Maqdis atau Masjid Al-Aqsa, sedangkan satu kiblat lagi mengarah ke Ka’bah atau Masjid Al-Haram.

Masjid yang dibanguan pada tahun 623 Masehi ini tertelak di Quba, Madinah. Namun dalam renovasi terbaru, kiblat yang menghadap ke arah Baitul Maqdis sudah dihapus.***

Baca juga: Kota Bandarlampung, Menara Masjid Al-Furqon Jadi Ikon Baru

You may also like

Tinggalkan Komentar