Connect with us

Politik

JK Serukan 50 Persen Hasil Kotak Amal Masjid Disumbangkan Untuk Palestina

Avatar

Diterbitkan

pada

 

FAKTUALID – Ikatan emosional antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah Palestina terasa begitu dalam. Karenanya tak heran, begitu warga Palestina disakiti dengan agresi militer Israel ke Gaza yang menewaskan banyak korban, rasa simpati dan terluka juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Rasa simpati yang sangat dalam juga dirasakan betul oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK). Untuk itu, ia menyerukan agar 50 persen hasil kotak amal masjid selama sepekan disumbangkan untuk Palestina.

“Agar Jumat pekan depan, 50 persen dana yang terkumpul melalui kotak amal akan disumbangkan untuk Palestina dan Rohingya, karena itu merupakan umat Islam yang sedang mengalami masalah. Saya harapkan ini bisa menjadi gerakan nasional,” kata JK saat halalbihalal dengan pengurus wilayah DMI se Indonesia secara daring di Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Advertisement

Menurut JK, dana umat yang terkumpul melalui kotak amal masjid di Indonesia selama sepekan sampai Shalat Jumat (28/5/2021) pekan depan disumbangkan untuk Masjid Aqsha di Palestina.

JK menambahkan gerakan masjid menyumbangkan setengah kotak amal tidak akan mengurangi pendapatan masjid dari kotak amal. Justru gerakan tersebut akan menaikkan jumlah pendapatan masjid karena animo masyarakat Indonesia menyumbang untuk Palestina cukup tinggi.

Kata JK, apabila pengurus mengumumkan akan mengumpulkan donasi untuk Palestina, dia meyakini masyarakat akan berbondong bondong memberikan sumbangannya. Oleh karena itu gerakan tersebut justru akan menaikkan pendapatan masjid karena karena hanya 50 persen yang disumbangkan ke Palestina.

Seruan JK diamini pengurus pengurus wilayah DMI, selanjutnya akan disosialisasikan ke seluruh masjid dengan menyertakan nomor rekening resmi DMI Pusat untuk menampung donasi yang dihimpun dari seluruh masjid di Indonesia.

Donasi dapat disalurkan melalui rekening Solidaritas Al Aqsha Gaza DMI 7500001008/Bank Syariah Indonesia atau rekening Solidaritas Al Aqsha DMI 032901004318300/BRI dengan nomor sekretariat DMI 087782043957.

Advertisement

Sebelumnya, DMI juga telah menyampaikan kecaman atas serangan brutal Zionis Israel ke Masjid Aqsha serta serangan membabi buta ke kawasan Gaza. Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan DMI Pusat, DMI mengutuk keras serangan Israel, mendukung sikap Pemerintahan Republik Indonesia yang tetap setiap memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

Eloknya, sejak Jumat (21/5/2021) pertempuran mereda, menyusul keluarnya kesepakatan gencatan senjata dari kedua pihak yang bertikai yang dipelopori oleh pemerintah Mesir dan Qatar, serta dukungan dari Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Perang harus dihentikan, karena ini menyangkut kemanusiaan. Hak hidup rakyat Palestina di tanahnya sendiri harus diperjuangkan sampai negera tersebut mencapai kemerdekaan yang hakiki. *

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement