Connect with us

Lifestyle

7 Tempat Wisata di Garut yang Menarik Untuk Dikunjungi

Avatar

Diterbitkan

pada

tempat wisata di garut

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Garut memiliki banyak tempat wisata unggulan yang sangat menarik untuk liburan. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari Bandung, bisa anda jadikan pilihan untuk mengunjungi tempat wisata di Garut ini.

Mulai dari Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dengan pemandangan yang indah hingga beberapa pantai dan air terjun yang mempesona. Ada banyak pilihan wisata yang menarik di garut yang bisa anda jelajahi selama liburan. Mulai dari wisata keluarga, wisata alam yang menyejukkan hingga wisata sejarah.

Selain gunung, pantai, dan air terjun, berikut adalah 7 tempat wisata di Garut yang sudah faktualid.com rangkum dari nyero.id

1.Situ Bagendit

Tempat wisata di Garut yang pertama adalah Situ Bagendit. Situ Bagendit hanya berjarak 4km dari Kota Garut. Objek wisata alami di garut ini menjadi destinsai favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain karena pemandangannya yang indah, lokasi wisatanya juga mudah diakses.

Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di Situ Bagendit ini. Seperti mengelilingi danau menggunakan rakit bambu atau bebek air, menikmati asiknya suasana di area bermain hingga menelusuri pasar tradisional yang ada di sekitar danau Situ Bagendit ini.

Advertisement

Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi

2. Leuwi Jurig

Tempat wisata di Garut yang kedua adalah Leuwi Jurig. Leuwi Jurig merupakan salah satu tempat wisata yang bisa menarik wisatawan untuk berlibur karena memiliki pemandangan yang mempesona.

Dalam bahasa sunda, Leuwi Jurig memiliki arti “kolam setan”. Walaupun namanya cukup menyeramkan, tetapi pemandangan alam disini dijamin membuat siapapun yang berkunjung akan terpesona.

Aliran air yang jernih diantara dua tebing menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Berenang menikmati segarnya air di Leuwi Jurig ini menjadi salah satu cara untuk menikmati liburan.

3.Kawasan Wisata Cipanas Garut

Tempat wisata di Garut yang ketiga adalah kawasan wisata Cipanas Garut. Lokasi kawasan wisata Cipanas yang tidak begitu jauh dari Kota Garut membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Advertisement

Pemandangan alam di Cipanas memang sangat memukau karena letaknya berada di kawasan kaki Gunung Guntur dengan hawa sejuk pegunungan yang menyegarkan. Di tempat wisata ini ada banyak lokasi pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

4. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Tempat wisata di Garut yang keempat adalah Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Candi Cangkuang ini menjadi salah satu tempat wisata budaya dan sejarah favorit wisatawan yang ada di Garut. Candi ini terletak di Desa Cangkuang Kabupaten Garut, Jawa Barat

Lokasi candi ini berada disebuah daratan di tengah danau. Untuk sampai ke Candi Cankuang ini, anda harus menyebrangi danau dengan menggunakan rakit. Selain candi, di lokasi ini juga terdapat Kampung Pulo yang merupakan pemukiman adat.

5. Karacak Valley

Tempat wisata di Garut yang kelima adalah Karacak Valley. Objek wisata Garut yang baru diresmikan pada bulan Agustus 2016 ini pada awalnya merupakan perkebunan kopi dan hutan pinus. Namun dengan potensi wisata alamnya yang memukau, tempat ini kemudian dikembangkan menjadi kawasan wisata yang menarik untuk wisatawan.

Di tempat wisata ini, wisatawan bisa refreshing dan menikmati keindahan alam dengan leluasa. Selain itu, ada juga fasilitas camping ground bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam terbuka dengan berkemah.

Advertisement

6. Kawah Kamojang

Tempat wisata di Garut yang keenam adalah Kawah Kamojang. Kawah kamojang ini terletak di wilayang Semarang Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawah yang memiliki ketinggian 1.730 mdpl ini membuat suhu di kawasan ini cukup dingin sehingga sangat disarankan jika berlibur ke tempat wisata ini untuk membawa jaket tebal.

Kawah Kamojang ini dikelola sebagai PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) dan sudah dibangun sejak tahun 1926 pada masa penjajahan Belanda. Setidaknya ada 23 titik kawah yang ada di lokasi ini.

7. Darajat Pass Waterpark

Tempat wisata di Garut yang terakhir adalah Darajat Pass Waterpark. Tempat wisata ini terletak di desa karyamekar, Kecamatan pasirwangi, Kabupaten Garut. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung karena menawarkan sensai liburan yang menyenangkan.

Banyak pilihan wahana air di Darajat Pass Waterpark ini. Salah satunya aliran air hangat yang bisa membuat tubuh anda lebih rileks. Selain bermain air, pengunjung juga bisa mencoba tantangan yang lebih menguji adrenalin seperti flying fox dan outbond.

bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan lebih lama, tersedia penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap di sekitar kota wisata. Demikian juga untuk mengisi perut, di lokasi wisata ini ada banyak tempat makan asik yang bisa anda kunjungi.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement