Connect with us

Otomotif

4 Penyebab Ban Mobil Benjol Beserta Cara Mencegahnya

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab ban mobil benjol

Ilustrasi ban mobil benjol (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Benjol pada ban merupakan salah satu fenomena yang kerap terjadi pada ban mobil. Memaksakan ban mobil yang ada benjolan tetap berjalan tentu menganggu kenyamanan dan membahayakan keselamatan. Tak terjadi begitu saja, tentu ada penyebab ban mobil benjol yang tidak Anda sadari.

Penyebab ban mobil benjol ini karena putusnya benang yang membuatnya tidak memiliki penahan pada sisi kiri dan kanan. Biasanya ini terjadi karena ban kekurangan tekanan udara.

Ketika ban tersebut menghantam benda padat seperti trotoar atau batu menyebabkan benang baja yang ada pada ban menjadi terputus. Sehingga, jika kembali mengisi ban dengan tekanan yang tepat, udara akan masuk ke rongga dari benang baja yang putus, sehingga timbul benjol yang terlihat dari luar.

Tak sedikit pemilik mobil mengabadikan ban benjol karena usia ban relatif baru. Meski begitu, Anda perlu mengganti untuk mencegah hal-hal yang bisa membahayakan.

Baca juga: 6 Langkah Antisipasi Saat Pecah Ban Pada Mobil di Perjalanan, Ketahui Sebelum Terjadi!

Berikut beberapa penyebab ban mobil benjol beserta cara mencegahnya yang telah faktualid.com rangkum dari laman resmi suzuki dan kompas.

Advertisement

1. Sering terkena benda tajam

Penyebab ban mobil benjol yang pertama yaitu permukaan ban terlalu sering terkena benda tajam. Kurang waspada saat berkendara membuat sebagian pengendara terpaksa melewati benda-benda yang tercecer di jalanan. Tak jarang jalanan perkotaan terdapat benda keras atau tajam.

Ketika benda tersebut mengenai ban mobil, ban bisa saja bocor atau mengalami benturan yang keras. Walaupun ban tidak bocor, tapi mampu memicu ban menjadi mobil yang dapat membahayakan pengendara.

Terkadang memang sulit menghindari hal-hal tersebut. Untuk itu, periksa kondisi ban secara berkala dan pasikan ban memiliki tekanan udara dengan baik.

2. Kurangnya tekanan angin

penyebab ban mobil benjol

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Kurangnya tekanan angin pada ban ternyata bisa menjadi penyebab ban mobil benjol. Selain itu, kelebihan tekanannya juga dapat menimbulkan hal yang sama. Beberapa pemilik mobil kerap mengabaikan pemeriksaan ban. Akibatnya, ban lebih rentan bocor atau mengalami benjolan.

Sama seperti manusia, ban mobil juga bisa mengalami ‘kembung’. Ketika ban memiliki tekanan berlebih, akan menyebabkan munculnya benjolan, ditambahkan cuaca panas yang membuatnya tekanan angin semakin meningkat. Jika demikian, kurangi dengan segera untuk mencegah benjolan.

Sedangkan pada saat ban kekurangan angin, ban yang berinteraksi dengan benda keras seperti trotoar mengakibatkan ban lebih mudah menusuk bagian ban. Alhasil, benang pada bagian samping ban menjadi rusak. Dengan merutinkan pengecek dan pengisian angin, dianggap menjadi cara ampuh untuk menghindari kebocoran atau ban benjol.

Advertisement

3. Kerusakan suspensi

Penyebab ban mobil benjol berikutnya yaitu kerusakan pada suspensi mobil. Suspensi yang seharusnya menahan benturan dan meredam getaran tidak dapat berfungsi dengan baik ketika melewati jalanan yang tidak rata.

Hal ini berpengaruh pada mobil terasa keras dan pada bantingan yang keras. Rusaknya suspensi membuat ban bekerja ekstra ketika menghantam benda tajam atau trotoar sehingga meningkatkan risiko ban menjadi benjol.

Ketika merasa suspensi tidak prima, segera perbaiki atau ganti untuk mencegah terjadinya benjolan. Pasalnya, benjolan pada ban ketika dipaksa berjalan justru akan membahayakan keselamatan pengendara.

Baca juga: 7 Tips atau Cara Memperpanjang Usia Ban Mobil, Simple Banget!

4. Perubahan bentuk ban

Selain kerusakan suspensi, penyebab ban mobil benjol lainnya adalah deformasi atau perubahan bentuk ban. Kondisi ini sering terjadi karena faktor usia ban atau akibat muatan terlalu berat namun tekanan angin mengalami kekurangan.

Memang wajar mengingat ban yang setiap saat bergesekan dengan permukaan aspal yang panas, akan membuat lapisannya semakin lama terkikis. Kondisi ini tentu memudahkan benang ban cepat putus. Terlebih digunakan saat perjalan jauh ditambah usia ban membuat deformasi sulit dihindari.

Advertisement

Oleh sebab itu, perhatikan muatan yang dibawa dan mengubah cara mengemudi dinilai bisa membuat ban menjadi lebih awet dan tahan lama.

Apakah ban mobil yang terdapat benjolan masih bisa digunakan?

penyebab ban mobil benjol

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Terkait penyebab ban mobil benjol, timbul pertanyaan apakah ban masih bisa digunakan pada kondisi tersebut? Dilansir dari Kompas, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, ban yang sudah benjol sebenarnya tidak aman untuk digunakan, karena cenderung lebih mudah bocor.

Meski begitu, ban tersebut masih dapat digunakan. Namun, ban akan rentan mengalami kebocoran karena karet ban tidak mampu lagi menahan tekanan udara. Ketika mengalami kebocoran di tengah perjalanan, maka sudah tidak ada lagi kekuatan dan tidak dapat kembali diisi kembali.

“Dari segi pabrikan ban, bagian samping yang benangnya sudah putus atau ada benjol, kekuatannya sudah tidak ada. Rekomendasinya, harus diganti bannya,” kata Zulpata.

Cara mencegah ban mobil benjol

Mengingat harga ban mobil yang tidak murah, tentu menjadi alasan sebagian orang tetap mempertanahkan ban benjol meski tidak nyaman dan bisa berbahaya. Sebelum hal tersebut terjadi, terdapat beberapa cara pencegahan terhindar dari benjolan, sebagai berikut:

  • Menggunakan ban yang berkualitas
  • Mengisi angin pada ban yang tepat
  • Hindari memuat banyak barang

Itulah beberapa penyebab ban mobil benjol serta cara mencegahnya. Periksa ban secara berkala agar terhindar dari ban benjol. Semoga bermanfaat!***

Baca juga: 3 Tips Merawat Karet-Karet Mobil ala Rifat Sungkar

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement