Connect with us

Otomotif

4 Cara Merawat Ban Serep Mobil, Rawatlah Layaknya Ban Utama

Avatar

Diterbitkan

pada

cara merawat ban serep

Ilustrasi ban cadangan (Foto: Autocar India)

FAKTUAL-INDONESIA: Cara merawat ban serep sering diabaikan banyak pengendara. Hal tersebut karena lokasi ban cadangan yang tersembunyi dan membuatnya kerap terabaikan. Padahal, ban cadangan sangat penting pada saat keadaan tertentu.

Biasanya, produsen mobil memberikan ban serep dengan ukuran lebih kecil dari ban utama. Alasannya adalah agar mudah diletakkan sehingga ban ini tidak bisa dipakai untuk harian dan hanya digunkan saat keadaan darurat saja.

Umumnya, ban cadangan diletakkan di bawah bagasi atau kolong mobil. Namun, keberadaannya sering disepelakan banyak pengendara. Sama seperti ban lainnya, ban serep juga perlu dirawat layaknya ban utama. Tentunya Anda perlu mengetahui cara merawat ban serep agar kondisinya tetap prima ketika hendak digunakan.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil yang Mudah Diterapkan

Berikut beberapa cara merawat ban serep mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Rutin memeriksa tekanan angin

cara merawat ban serep

Foto Ilustrasi (Sumber: Les Schwab)

Cara merawat ban serep yang pertama yaitu memeriksa tekanan angin secara rutin. Agar bisa digunakan disaat yang tidak disangka-sangka, pastikan ban cadangan di mobil Anda selalu memiliki tekanan angin yang cukup.

Meski tidak digunakan, tekanan angin ban dapat berkurang melalui pori-pori permukaan karet ban. Oleh sebab itu, Anda dapat mengecek tekanan angin ban serep secara berkala setidaknya satu kali dalam satu bulan. Tambah angin jika tekanannya di rasa berkurang.

Advertisement

2. Usia ban perlu diperhatikan

Meskipun jarang atau hampir tidak pernah digunakan, memerhatikan usia dan serep termasuk hal penting. Pasalnya, ini merupakan cara merawat ban serep agar ban tersebut tetap aman saat digunakan nanti.

Karena usia ban dapat berpengaruh, periksalah ban serep yang ada di mobil. Batasan wajar penggunaan ban dapat bertahan hingga 4 tahun dari tanggal produksi ban tersebut. Apabila ban cadangan sudah berumur lebih dari 4 tahun, gantilah segera dengan ban baru.

Hal ini berguna untuk meminimalisir risiko yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kendaraan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Baret di Kaca Mobil, Tak Perlu Ke Bengkel

3. Bersihkan ban serep

Cara merawat ban serep berikutnya yaitu membersihkan ban serep secara rutin. Kendati berada di dalam mobil, ban serep juga dapat kotor dan perlu dibersihkan. Sebab, kotoran yang menempel dapat menurunkan kualitas ban tersebut.

Untuk itu, bersihkanlah ban cadangan menggunakan kain kering. Usap lah hingga hilang dengan sempurna dan nampak bersih.

Advertisement

Jangan sekali-kali membersihkannya dengan kain basah. Air dapat mengendap pada permukaan ban dan nantinya akan bisa mengikis pelek ban serta berkarat. Jika demikian, maka ban cadangan Anda dikhawatirkan tidak dapat digunakan kembali.

4. Perhatikan seluruh komponen dan perkakas lengkap

cara merawat ban serep

Ilustrasi dongkrak (Foto: Istimewa)

Selain cara merawat ban serep diatas, hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah tersedianya komponen dan peralatan untuk mengganti ban. Menjadi sia-sia bila Anda sudah merawat kondisi ban cadangan dalam kondisi prima tetapi tidak memiliki peralatan untuk menggantinya.

Pastikan di mobil kesayangan Anda terdapat dongkrak hingga kunci pas roda. Pastikan juga semua perkakas tersebut dalam kondisi yang baik dan dapat optimal saat digunakan.

Itulah beragam cara merawat ban serep atau ban cadangan. Meskipun tersembunyi, luangkan waktu sesekali melakukan pemeriksaan fisik. Perhatikan apakah ada keretakan baik di dinding maupun telapak ban, atau kebocoran karena tertancap benda tajam seperti paku.***

Baca juga: 5 Bahaya Merokok Saat Menyetir Mobil, Hentikan Mulai Sekarang!

Advertisement
Lanjutkan Membaca