Connect with us

Otomotif

5 Cara Menghilangkan Baret di Kaca Mobil, Tak Perlu Ke Bengkel

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menghilangkan baret di kaca mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika menggunakan kendaraan roda empat, ada banyak komponen terkait visibilitas, salah satunya kaca mobil. Seiring waktu pemakaian, kaca mobil kerap terkena goresan yang membuatnya baret. Jika demikian, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan baret di kaca mobil secara efektif.

Saat kaca mobil terdapat masalah seperti muncul goresan, tentu bisa menggangu penghilatan ketika berkendara. Baret pada kaca mobil bisa disebab oleh banyak faktor, diantaranya gesekan wiper yang keras, debu, pasir, atau terkena ranting pohon ketika berkendara.

Untuk menghilangkannya, Anda pasti berfikiran untuk pergi ke bengkel. Sebelum itu, Anda bisa mencoba cara menghilangkan baret di kaca mobil di rumah dan metode yang sederhana.

Baca juga: 6 Langkah atau Cara Mengatasi Mika Lampu Mobil yang Buram

Berikut beberapa cara menghilangkan baret di kaca mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kompon

cara menghilangkan baret di kaca mobil

Ilustrasi kompon (Foto: Istimewa)

Cara menghilangkan baret di kaca mobil yang pertama yaitu menggunakan kompon. Anda bisa menemukan kompon di bengkel-bengkel atau toko peralatan mobil. Bahan satu ini dikenal efektif untuk mengatasi baret dengan mengikis permukaan benda.

Namun, penggunaan kompon hanya bisa dilakukan pada baret yang tergolong ringan. Caranya, oleskan kompon pada area kaca yang baret. Lalu, gosok secara perlahan menggunakan spons atau kain lembut.

Advertisement

Kendati demikian, kompon memiliki kekurangan karena terbuat dari oil based. Kandungan tersebut bisa menyebabkan kaca buram saat hujan. Tapi, hal tersebut berlangsung beberapa hari saja dan nantinya kaca bisa bersih kembali.

2. Cerium Oxide

Jika menemukan kaca mobil terdapat goresan, Anda bisa mengatasinya dengan cerium oxide. Serium oksida merupakan bahan kimia berwarna kekuningan yang biasa digunakan untuk memoles kaca mobil. Bahan kimia ini bisa membuat kaca bersih dan jernih kembali setelah diaplikasikan.

Cara menghilangkan baret di kaca mobil menggunakan cerium oxide atau serium oksida adalah bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dari kotoran dan debu. Lalu, basahi permukaan kaca untuk meminimalisir gesekan. Setalah itu, campurkan cerium oxide dengan air hingga mengental.

Jika sudah, aplikasikan campuran tersebut dengan alat pemoles, atau kain lembut dan kuas. Saat menggosok, Anda bisa sedikit menekan agar cairan dapat meresap ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan. Kemudian, bilas kaca hingga bersih dengan kain lembut.

3. Ammonia

Cara menghilangkan baret di kaca mobil berikutnya yaitu ammonia. Termasuk bahan kimia, Anda bisa mendapatkannya di toko bahan kimia atau apotek terdekat. Bahan kimia satu ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi goresan atau baret pada kaca mobil.

Advertisement

Baca juga: 6 Tips Atau Cara Merawat Kaca Film Mobil agar Awet & Tahan Lama

Untuk mengaplikasikannya, bersihkan kaca mobil dari kotoran sebagai langkah pertama. Campurkan ammonia dengan air sampai rata. Lalu, oleskan campuran tadi pada permukaan kaca yang baret dan usap menggunakan kain bersih dan lembut. Tak lupa menggosoknya seraya ditekan agar mereseap.

Biarkan beberapa hingga meresap sempurna. Kemudian, bersih menggunakan air dank ain bersih. Ulangi langkah ini jika goresan belum juga pudar.

4. Pasta gigi

cara menghilangkan baret di kaca mobil

Ilustrasi pasta gigi (Foto: Istimewa)

Selain bahan kimia diatas, cara menghilangkan baret di kaca mobil bisa dilakukan dengan memanfaatkan pasta gigi. Pasta gigi bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan baret jika Anda sulit untuk menemukan bahan kimia tersebut.

Pilihlah pasta gigi pemutih yang mengandung carbamide peroxide dan hidrogen peroksida. Kandungan tersebut diyakini mampu mengatasi goresan di kaca mobil. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada area kaca yang baret. Usap dengan kuas atau kain lembut secara merata.

Diamkan sebentar sampai pasta gigi mengering. Kemudian, bilas dengan air dan kain lembut. Anda bisa mengulangi beberapa kali hingga goresan di kaca menghilang.

5. Rutin mengganti karet wiper

cara menghilangkan baret di kaca mobil

Ilustrasi wiper (Foto: Istimewa)

Meski bukan cara menghilangkan baret di kaca mobil, langkah ini bisa Anda terapkan untuk mencegah terjadi baret pada kaca mobil. Pasalnya, karet wiper bisa melukai kaca mobil. Untuk itu, gantilah karet wiper setiap 6 bulan sekali secara rutin guna menghindari munculnya goresan.***

Baca juga: 5 Tips atau Cara Merawat Mobil Warna Hitam agar Nampak Mengilap

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement