Connect with us

Otomotif

6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil yang Mudah Diterapkan

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menghilangkan jamur pada cat mobil

Ilustrasi membersihkan jamur pada cat mobil (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mobil yang digunakan untuk menunjang aktivitas tentu memerlukan perawatan lebih. Tak hanya mesin dan ban, mobil yang sering terkena hujan menjadi alasan Anda perlu memerhartikan cat mobil karena bisa terdapat jamur. Jika demikian, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan jamur pada cat mobil.

Munculnya jamur di bodi mobil tentu sangat menggangu penampilan mobil karena terkesan kotor dan tidak sedap di pandang. Jamur pada mobil disebabkan oleh sisa air yang menempel pada cat mobil. Dengan alasan tersebut Anda perlu memerhatikan perawatan cat mobil.

Jamur apabila tidak segera dibersihkan, nantinya akan menjadi kerak dan sulit untuk dibersihkan. Jika mobil terlanjur terdapat jamur, Anda tak perlu khawatir. Untungnya, ada beragam cara menghilangkan jamur pada cat mobil yang bisa Anda terapkan di rumah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Tak Perlu ke Salon

Berikut beberapa cara menghilangkan jamur pada cat mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pasta gigi

cara menghilangkan jamur pada cat mobil

Ilustrasi pasta gigi (Foto: Istimewa)

Cara menghilangkan jamur pada cat mobil yang pertama yaitu menggunakan pasta gigi. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, ternyata pasta gigi dapat membasmi jamur-jamur yang menempel pada cat mobil.

Untuk memanfaatkannya, tuang pasta gigi secukupnya pada kain. Oleskan kain tadi secara merata pada bagian bodi yang terdapat jamur. Biarkan beberapa saat sampai pasta gigi mengering, kemudian bilas dengan air dan lap kembali hingga kering.

Advertisement

2. Air garam

Air garam dikenal bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Tanpa diduga, air garam juga dapat dijadikan cairan untuk menghilangkan jamur di cat mobil. Cara menghilangkan jamur pada cat mobil dengan larutan cukup mudah diterapkan.

Anda hanya perlu memasukkan garam ke dalam air. Jika sudah larut, gunakan lap microfiber dan basahi dengan larutan garam. Gosok perlahan pada bagian yang berjamur. Lalu, bilas menggunakan air mengalir.

3. Air soda

Air soda diketahui sangat segar bila diminum dan sering dijadikan cairan untuk membersihkan karat. Namun, manfaat air soda lainnya dinilai efektif untuk mengatasi jamur-jamur membandel pada bodi mobil.

Penggunaannya mudah, tuangkan air soda pada kain atau lap dan aplikasikan pada cat mobil yang berjamur. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Baca juga: 6 Langkah Antisipasi Saat Pecah Ban Pada Mobil di Perjalanan, Ketahui Sebelum Terjadi!

4. Cuka apel

cara menghilangkan jamur pada cat mobil

Ilustrasi cuka apel (Foto: Istimewa)

Selain air soda, cuka apel dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jamur pada cat mobil. Cuka yang biasa digunakan untuk menyedapkan makanan, nyatanya dapat dijadikan cairan untuk membantu membasi jamur membandel yang menempel di mobil.

Untuk mengapliasikannya, campurkan satu liter air dengan 3 sendok makan cuka apel. Siapkan kain dan basahi dengan campuran tadi dan oleskan pada cat mobil yang terdapat jamur. Pastikan Anda membersihakannya dengan baik sampai sisa-sisa cuka benar-benar hilang dan tidak lupa dikeringkan.

Advertisement

5. Alkohol

Disamping untuk mengobati luka, alkohol juga sering digunakan untuk membersihkan segala sesuatu, termasuk jamur. Pilihlah cairan dengan kadar alkohol 50-90 persen. Apabila sudah menyiapkan alkohol tersebut, tuang alkohol pada kain berbahan lembut.

Lalu, gosokkan kain jamur di cat mobil sampai bersih dan bilas dengan kain bersih agar sisa-sisa alkohol tidak tertinggal.

6. Pemutih pakaian

Salah satu cara menghilangkan jamur pada cat mobil yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan pemutih pakaian. Anda bisa mencoba pemutih pakaian guna membersihkan jamur yang menempel di cat mobil.

Caranya tidaklah sulit, ambil kain dan celupkan pada cairan pemutih pakaian lansung pada cat mobil. Barulah bilas dengan air bersih dan keringkan bodi mobil. Dengan begitu, jamur nantinya akan hilang.***

Baca juga: 12 Mobil Terpayah di Dunia, Ada dari Pabrikan Aston Martin

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement