Connect with us

Otomotif

5 Tips atau Cara Merawat Mobil Warna Hitam agar Nampak Mengilap

Avatar

Diterbitkan

pada

cara merawat mobil warna hitam

Ilustrasi mobil berwarna hitam (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika Anda mempunyai mobil baru, tentu Anda akan merawatnya dengan baik. Sebagian orang kerap memilih mobil warna hitam karena dianggap netral dan tidak mencolok. Namun, menurut beberapa orang, cara merawat mobil warna hitam sedikit berwarna ketimbang warna lainnya.

Mobil warna hitam juga dianggap menghadirkan kesan mewah dan elegan. Saat ingin dijual, warna tersebut harga jualnya juga kembali bagus. Tak jarang konsumen memilih mobil berwarna hitam karena terkesan tidak perlu perawatan khusus dan lebih mudah di rawat.

Padahal, mobil satu ini juga dapat kusam dan membutuhkan treatment ekstra untuk merawatnya. Warna hitam dikenal mudah menyerap cahaya sehingga ketika ada kotoran atau baret nampak begitu jelas. Lantas, bagaimana cara merawat mobil warna hitam?

Baca juga: Biar Awet, 7 Tips Simpel Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Berikut beberapa tips atau cara merawat mobil warna hitam yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari sabun deterjen

Cara merawat mobil warna hitam pertama yaitu menghindari sabun deterjan saat mencuci mobil. Sabun deterjen memang dikenal dapat membersihkan kotor. Tetapi, juga dapat mengikis permukaan dari kotoran yang menempel.

Advertisement

Penggunaannya sesekali dinilai aman-aman saja. Ketika ini sering dilakukan, justru akan mengikis cat pada mobil. Hal itu malah akan membuat mobil tampak kusam dan seakan tidak terawat. Mulai dari sekarang, hindari menggunakan sabun deterjen untuk menuci mobil.

2. Cuci secara rutin

cara merawat mobil warna hitam

Ilustrasi mencuci mobil (Foto: Istimewa)

Tips atau cara merawat mobil warna hitam yang berikutnya yaitu rutin mencuci mobil. Sebelum melakukan treatment lainnya, hal yang pertama kali dilakukan adalah memastikan mobil selalu bersih dari kotoran.

Cucilah mobil setidaknya sekali dalam satu minggu guna merawat cat. Jika mencucinya di rumah, gunakan sampo dan spons khusus mobil agar menghindari goresan saat mencuci. Kering mobil dengan mengelapnya ketimbang di angin-anginkan supaya tidak ada bercak noda air.

Agar lebih mudah, Anda bisa membawa ke salon mobil terpercaya untuk mencuci mobil agar mobil tetap awet dan selalu mengilap.

3. Lakukan pemolesan

Tak sedikit orang melakukan pemolesan agar mobil nampak berkilau. Ternyata ini bisa menjadi cara merawat mobil warna hitam. Perawatan ini bisa membuat mobil Anda terlihat seperti pertama kali membelinya.

Baca juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas yang Perlu Kamu Perhatikan

Biasanya, pemolesan dilakukan menggunakan bahan abrasif. Bahan ini dinilai dapat menghilangkan lapisan yang sangat tipis di bagian luar cat. Hasilnya, mobil berkilau dan terlihat seperti baru kembali.

Advertisement

4. Beri perlindungan lebih pada mobil

cara merawat mobil warna hitam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain pemolesan, Anda perlu memberikan cat mobil perlindungan lebih sebagai cara merawat mobil warna hitam. Perawatan ini bertujuan untuk menjaga lapisan cat mobil warna hitam yang tipis. Ada beberapa perlindungan atau perawatan untuk mobil berwarna hitam, salah satunya waxing.

Waxing akan melindungi permukaan yang berkilau dan mempertahankan kilaunya tetap bertahan meski terkena kotoran, hujan, dan sinar matahari. Dengan metode terserbut, mobil akan terawat dan melindungi mobil dalam jangka waktu relatif lama.

Selain itu, Anda juga menggunakan perawatan detailing supaya lapisan pernis tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret swirl. Lakukan setidaknya satu kali dalam setahun.

5. Tidak menggunakan kemoceng

Kemoceng terkesan dapat membersihkan debu atau kotoran. Meski praktis, hindari menggunakan kemoceng sebagai cara merawat mobil warna hitam. Pasalnya, kemoceng dapat menyebabkan baret halus di bodi mobil.

Untuk merawat mobil Anda, pilihlah kemoceng bahan kain microfiber karena lebih aman untuk membersihkan mobil. Pastikan gerakan tangan searah ketika membersihkan.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Tak Perlu ke Salon

Advertisement
Lanjutkan Membaca