Connect with us

Otomotif

6 Cara Mencegah Virus Corona di Kabin Mobil, Yuk Terapkan!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mencegah virus corona di kabin mobil

Ilustrasi kabin mobil (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pada tahun 2020 lalu, virus Corona resmi menjadi pandemi nasional di Indonesia, bahkan dunia. Covid-19 diketahui lebih cepat menular lewat udara pada ruangan tertutup, seperti mobil. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mencegah virus Corona di kabin mobil secara tepat.

Guna menjaga virus Corona atau Covid-19 di dalam kabin, Anda perlu membersihkannya secara rutin sebagai langkah pencegahan. Meski kasus Covid-19 mulai menurun, masih banyak orang enggan menggunakan transportasi umum karena dianggap rentan terkena virus Corona.

Terlebih momen akhir tahun digunakan sebagian orang untuk berlibur atau sekedar pergi ke kampung halaman menggunakan mobil untuk bertemu keluarga. Namun, bukan berarti mobil Anda bebas dari virus Covid-19.

Untuk mencegah hadirnya virus Corona, Anda perlu menerpakan sederet cara mencegah virus Corona di kabin mobil. Cara ini tentu sangat mudah dipraktikkan dan dapat menghalau datangnya berbagai virus.

Baca juga: Presiden: Kerumunan Saat Libur Natal dan Tahun Baru Berpotensi Penyebaran Covid-19

Berikut beberapa cara mencegah virus corona di kabin mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Cuci interior dan eksterior mobil

cara mencegah virus corona di kabin mobil

Ilustrasi cuci kabin mobil (Foto: Istimewa)

Cara mencegah virus corona di kabin mobil yang pertama yaitu dengan mencuci seluruh bagian mobil, baik interior maupun eksterior. Anda bisa memulainya dengan mencuci interior mobil hingga benar-benar bersih.

Sebab, kabin merupakan tempat Anda dan keluarga duduk selama perjalan. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan kabin mobil. Anda dapat mencucinya sendiri dengan mencuci karpet dengan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, barulah mencuci eksterior mobil.

Agar lebih steril, Anda bisa membeli disinfektan khusus guna mencegah hadirnya virus Corona di dalam mobil.

2. Bersihkan dengan cairan pembersih

Saat mencuci, tak lupa Anda memberikan cairan pembersih. Membersihkan mobil dengan cairan pembersih bisa menjadi cara mencegah virus Corona di kabin mobil. Pastikan seluruh kabin mobil tak luput dari metode ini, khususnya yang berbahan kulit atau sintetis, plastik, kayu, dan logam.

Sesuaikan bahan pembersih dengan material kabin yang hendak dibersihkan. Pelajari juga cara pemakaiannya agar panel-panel di dalam kabin tidak rusak.

3. Gunakan penyedot debu

cara mencegah virus corona di kabin mobil

Ilustrasi penyedot debu pada kabin (Foto: thespruce)

Cara mencegah virus Corona di kabin mobil berikutnya yaitu memanfaatkan vacuum cleaner atau penyedot debu. Setelah mobil sudah dicuci, lanjut membersihkan interior menggunakan penyedot debu untun menjaga bakteri yang masih tertinggal bakteri atau virus.

Cara ini juga bisa Anda terapkan meskipun mobil belum dicuci. Tujuannya sama, untuk menangkal hadirnya virus Corona di dalam kabin. Vacuum cleaner bisa membantu membersihkan tempat-tempat di kabin yang sulit di jangkau, seperti panel pintu dan kolong jok mobil.

Advertisement

Tidak ketinggalan, bersihkan bagasi mobil. Pasalnya, banyak orang yang melupakan untuk membersihkan bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

Baca juga: Kenali 6 Gejala Injeksi Mobil Rusak atau Bermasalah, Sadari Sedini Mungkin!

4. Rutin periksa filter kabin

Selain memanfaatkan penyedot bedu, cara mengcegah virus Corona di kabin mobil juga perlu menerapkan memeriksa filter kabin secara berkala. Sudah diketahui bahwa filter pada kabin memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada interior mobil.

Namun, banyak orang mengabaikan perawatan filter kabin, terlebih saat pandemi seperti sekarang ini. Padahal filter kabin berperan penting guna menyaring kotoran pada sistem sirkulasi AC mobil.

Periska filter setidaknya 1-3 bulan sekali untuk menjaga kebersihan. Jika dirasa filter kotor, jangan dibersihkan dengan angin bertekanan. Gantilah dengan segara filter kabin yang kotor.

5. Semprotkan disinfektan

Salah satu cara mencegah virus Corona di kabin mobil yakni dengan menyemprotkan disinfektan. Sudah disinggung sebelumnya bahwa menyemprotkan disinfektan untuk membunuh bakteri di udara atau virus-virus.

Advertisement

Pilih disinfektan khusus kabin mobil yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya agar tidak berdampak pada penumpang lainnya.

6. Pastikan Anda melindungi diri

cara mencegah virus corona di kabin mobil

Ilustrasi memakai masket saat berkendara (Foto: WebMD)

Meski sudah menerapkan cara mencegah virus Corona di kabin mobil diatas, Anda juga perlu memproteksikan diri dengan alat-alat perlindungan diri untuk menghalau dari paparan virus Covid-19. Mulailah kebiasaan dengan selalu memakai masker kendati hanya sendiri ketika berkendara.

Selain itu, bawalah selalu hand sanitizer kemana pun Anda pergi. Walaupun sudah terlihat bersih dan rutin disemprotkan disinfekti, bukan berarti Anda tidak memerlukan perlindungan diri. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat beraktivitas.***

Baca juga: Penting Untuk Asuransi Ikut Berperan Memajukan Industri Otomotif Ramah Lingkungan

Lanjutkan Membaca