Connect with us

Otomotif

5 Penyakit atau Masalah Mobil Berwarna Hitam yang Perlu Diwaspadai

Avatar

Diterbitkan

pada

masalah mobil berwarna hitam

FAKTUAL-INDONESIA: Mobil berwarna hitam kerap dipilih sebagian orang dengan alasan menghadirkan kesan yang elegan. Warna hitam banyak disukai karena dianggap netral dan tidak mencolok. Di balik itu, ternyata ada masalah mobil berwarna hitam yang kerap terjadi.

Tak jarang calon pembeli memilih mobil berwarna hitam karena terkesan tidak perlu perawatan khusus dan lebih mudah di rawat. Selain itu, harga mobil hitam relatif lebih menjanjikan saat ingin dijual kembali ketimbang warna lainnya.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati ketika memutuskan membeli mobil dengan warna gelap ini. Menurut sebagai orang, ada beberapa masalah mobil berwarna hitam perlu di waspadai.

Baca juga: 5 Tips atau Cara Merawat Mobil Warna Hitam agar Nampak Mengilap

Berikut beberapa masalah mobil berwarna hitam yang telah faktualid.com lansir dari autofun.

Advertisement

1. Cenderung mudah kotor

Masalah mobil berwarna hitam yang pertama yaitu susah terlihat bersih. Kondisi mobil yang bagus akan dilihat dari kualitas cat mobil tersebut. Ketika terpapar kotoran, mobil warna hitam sulit terlihat bersih atau mudah kotor.

Debu jalanan, air hujan, dan sebagainya yang menempel lebih mudah terlihat kotor. Itu membuat kotoran sekecil apapun bisa mudah terlihat oleh mata dan harus dibersihkan agar tidak terlihat kotor.

2. Mudah terlihat swirl mark

masalah mobil berwarna hitam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Swirl mark adalah guratan retak halus pada pernis yang sangat tipis berbentuk bulatan seperti sarang laba-laba pada permukaan cat. DIbandingkan warna lainnya, guratan ini akan lebih mudah terihat pada kendaraan berwarna hitam.

Ketika terkena pantulan cahaya, masalah pada mobil berwarna hitam ini akan semakin jelas terlihat karena swirl mark ini warnanya cukup kontras. Agar mobil terlihat cantik kembali, ada bisa menghilangkan guratan tersebut dengan memoles ulang di salon mobil yang berkualitas.

3. Cat nampak pudar

masalah mobil berwarna hitam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Masalah mobil berwarna hitam berikutnya yaitu terlihat bedanya ketika sudah pudar. Banyak orang memutuskan membeli mobil dengan warna hitam karena kesan mewah, terlebih pada mobil Eropa. Kurang maksimal dalam merawat mobil warna hitam justru akan menyebabkan cat yang kusam terlihat pudar.

Ditambah lagi, beberapa pemilik kerap memparkirkan mobil di luar ruangan yang langsung terkena sinar matahari. Lama-lamaan, ini membuat cat mobil mengalami pudar warna karena terlalu sering dijemur di luar ruangan.

Baca juga: Simak 6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan yang Perlu Diketahui

Alhasil, pudar akan nampak lebih jelas terlihat dibandingkan warna-warna lainnya. Apabila Anda mempunyai mobil berwarna hitam, hindari sinar matahari saat diparkirkan.

Advertisement

4. Warna hitam menyerap panas

masalah mobil berwarna hitam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain tampak pudar, masalah mobil berwarna hitam lainnya yaitu mudah menyerap panas. Sudah banyak diketahui bahwa warna hitam merupakan warna yang mudah menyerap panas. Pada saat mobil dijemur pada terik matahari, mobil akan menyerap panas sehingga memengaruhi kondisi kabin menjadi panas layaknya oven.

Hal ini karena panasnya matahari mampu menyerap dan teradiasi di dalam kabin. Nantinya, ini juga akan berpengaruh pada pendingin udara atau AC pada mobil yang berkerja ekstra untuk menyejukkan kabin di siang hari. Hal yang berbeda tentu akan terjadi saat mobil kamu tidak berwarna hitam.

5. Sulit terihat di malam hari

masalah mobil berwarna hitam

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Penyakit atau masalah mobil berwarna hitam yang terakhir adalah sulit terlihat. Dibanding warna lainnya, warna hitam sulit di lihat pada malam hari. Hal tersebut tak jarang mengundang kecelakaan karena gelapnya warna cat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, mobil berwarna hitam cenderung rawang mengalami kecelakaan. Kasus yang terjadi dilapangan adalah tabrakan antara mobil. Masih menurut penelitain tersebut, mobil dengan cat hitam 12 persen lebih mungkin ditabrak dari belakang daripada kendaraan warna putih.

Sedangkan di malam hari berbanding terbalik, kemungkinan tersebut naik drastis hingga sekitar 47 persen karena visibilitas yang lebih buruk di kegelapan.

Itulah beberapa masalah mobil berwarna hitam yang perlu diwaspadai. Meski terlihat lebih elegan dan lebih mudah, Anda hal-hal yang perlu dipertimbangan saat memilih warna hitam pada kendaraan Anda.***

Baca juga: Biar Awet, 7 Tips Simpel Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement