Connect with us

Otomotif

5 Cara Membersihkan Kerak Oli Mobil, Tak Perlu Ke Bengkel

Avatar

Diterbitkan

pada

cara membersihkan kerak oli mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika membeli kendaraan roda empat, Anda perlu mengganti oli mesinsecara berkala. Biasanya, pemilik mobil menggantinya oli mesin beberapa bulan sekali. Namun, penggantian oli yang kurang baik bisa menyebabkan munculnya kerak oli. Jika demikian, Anda perlu mengetahui cara membersihkan kerak oli mobil secara benar.

Sebagai cara merawat mesin mobil, Anda sangat perlu menjaga kebersihannya. Tak sedikit orang yang hanya menggunakan mobil tanpa memperhatikan kebersihannya. Hal ini bisa menyebabkan kerak oli di mesin. Jika dibiarkan, kotoran ini bisa mengurangi fungsi mesin hingga merusaknya.

Untuk membersihkan kerak oli sebenarnya Anda tidak perlu datang ke bengkel. Anda bisa mengatasi kerak tersebut di rumah dengan mempraktikan cara membersihkan kerak oli mobil.

Baca juga: Kenali 6 Gejala Injeksi Mobil Bermasalah, Sadari Sedini Mungkin

Berikut beberapa cara membersihkan kerak oli mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapakan peralatan

Sebelum menerpkan cara membersihkan kerak oli mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa alat. Untuk membersihkannya, Anda perlu mempersiapkan kain mikrofiber, sikat gigi, dan spons agar membantu proses pembersihan.

Advertisement

Alat tersebut dapat membantu membasmi kerak oli pada area kecil yang sulit dijangkau. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan ketiga alat tersebut bersih supaya mesin tidak mendapatkan kotoran lebih banyak.

2. Gunakan pembersih khusus

cara membersihkan kerak oli mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Setelah menyiapkan seluruh peralatan, langkah atau cara membersihkan kerak oli mobil selanjutnya yaitu mempersiapkan pembersih khusus. Pembersih ini adalah engine conditioner. Fungsi pembersih tersebut yakni menghasilkan busa ketika sudah disemprotkan ke ruang bakar.

Busa yang dihasilkan akan mempermudah pembersihan kerak oli. Jadi, selain spons, sikat gigi, dan kain mikrofiber, Anda juga membutuhkan engine conditioner. Anda bisa mendapatkan pembersih khusus ini di toko otomotif atau bengkel terdekat.

3. Tidak lupa mempersiapkan engine flush

Untuk mendapatkan hasil optimal, tidak lupa mempersiapkan engine flush sebelum melakukan pembersihan kerak oli. Sebagai cara membersihkan kerak oli mobil, pembersih satu ini akan membantu kotoran dan menghilangkan kerak di jalur oli. Bentuk produk ini mirip seperti detergen pakaian.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil agar Bersih dan Tidak Kusam

Untuk mengaplikasikannya, buka kemasan dan masukkan engine flush ke dalam area mesin sebelum oli diganti. Lalu, nyalakan mesin selama 15 menit seraya menginjak pedal gas dengan posisi stationer pada angka 2.000 RPM. Kemudian, buang oli pada saat mesin masih panas agar kerak memandel bisa hilang.

4. Pakai engine degreaser

Cara membersihkan kerak oli mobil berikutnya yaitu menggunakan engine degreaser. Ketika Anda membeli engine conditioner dan engine flush, pastikan Anda juga membeli engine degreaser. Produk pembersih ini di aplikasikan setelah menggunakan engine flush.

Advertisement

Cairan pembersih ini berfungsi untuk membersihkan ruang mesin secara maksimal. Cara penggunaannya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyemprotkan produk ini ke area mesin. Selanjutnya, sikat dengan air sabun hingga bersih. Kemudian, bilas menggunakan air mengalir dan keringkan menggunakan kain mikrofiber.

5. Lakukan perawatan rutin

Kendati Anda sudah menerapkan cara di atas, tidak menutup kemungkinan bahwa sisa sisa oli akan kembali membentuk kerak pada bagian ruang bakar. Kerak oli tentu sangat mengganggu karena bisa membuat mesin menjadi kotor sekaligus menurunkan performa mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala. Hal ini tentu akan membantu agar tidak ada kerak yang menumpuk lagi di dalam ruang mesin. Selain itu, mobil yang dipertahikan perawatannya akan tetap prima seperti spesifikasinya.

Itulah beberapa cara membersihkan kerak oli mobil. Jika Anda tidak mempunyai waktu atau dirasa terlalu berisiko, bawalah mobil kesayangan Anda ke bengkel untuk melakukan pembersihan kerak oli membandel yang ada di bagian mesin.***

Baca juga: 12 Mobil Terpayah di Dunia, Ada dari Pabrikan Aston Martin

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement