Home Lifestyle 12 Mobil Terpayah di Dunia, Ada dari Pabrikan Aston Martin

12 Mobil Terpayah di Dunia, Ada dari Pabrikan Aston Martin

oleh Farhan Zuhdi
mobil terpayah didunia

Isuzu VehiCROSS merupakan salah satu mobil yang masuk ke dalam daftar mobil terpayah didunia.

FAKTUALid – Tak pernah ada pabrikan mobil yang ingin produksi mobilnya masuk dalam daftar mobil terpayah didunia. Terlebih lagi perusahaan besar yang punya kredibilitas dalam memproduksi mobil yang berkualitas.

Banyak hal yang bisa jadi faktor sebuah mobil jadi mobil yang payah, mulai dari uji ketahanan yang payah, eksekusi yang kurang mumpuni, atau bahkan gagasan awal membuat mobil tersebut yang sebenarnya tak masuk akal. Hal ini yang membuat beberapa mobil sesegera mungkin ingin dilupakan oleh produsen atau konsumennya.

Tentunya mereka tetap menarik perhatian pencinta otomotif untuk dihujat. Berikut daftar mobil terpayah didunia yang telah dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber.

Mobil Terpayah Didunia

1. AMC Gremlin 1970

mobil terpayah didunia

Mobil terpayah didunia yang pertama adalah AMC Gremlin. Pergerakan mesin yang halus serta kuat dan material body yang tangguh sempat membuat AMC Gremlin ini mendapatkan respon positif dari pasar. Namun, yang namanya desain jelek tetap saja jelek. Body depannya seperti ditonjok mundur ke belakang, nampak seperti orang yang sedang duduk membungkuk. Pilihan untuk membuatnya menjadi mobil 2 pintu pun dinilai tidak sesuai dan membingungkan.

2. Mercury Zephyr 1978

mobil terpayah didunia

Nama seri mobil ini diambil dari “Zephyrus”, dewa Yunani yang bertugas menghembuskan angin segar di kala musim panas tiba. Namun, ternyata nama yang meyakinkan tersebut tidak sesuai dengan penerimaan masyarakat terhadap mobil ini. Menurut Karl Brauer, mantan editor senior dari TotalCarScore.com, rangka atapnya yang jelek, dan kap lampu belakang yang berbentuk aneh, membuat Mercury Zephyr ini terlihat payah secara keseluruhan.

3. Edsel Corsair 1958

mobil terpayah didunia

Mobil yang namanya diambil dari nama putra Henry Ford yang meninggal tahun 1943, Edsel, ini menghabiskan biaya produksi yang tak sedikit. Sayangnya, usaha keras dari pabrik Ford kali itu tidak berbuah manis. Mobil ini jatuh di pasaran karena desainnya yang kurang mantap.

Sejak hari pertama peluncurannya saja, masyarakat sudah tidak berminat pada mobil yang akhirnya lenyap dari peredaran di tahun 1961 ini. Wajar kalo mobil ini masuk dalam daftar mobil terpayah didunia.

4. Pontiac Trans Sport 1990

mobil terpayah didunia

Minivan yang satu ini sebetulnya bagus dalam hal konsep dan pemrograman mesinnya. Namun sayang, pemilihan desain yang benar-benar buruk menjatuhkan penjualan mobil ini. Lihat saja, bagian depannya akan mengingatkan Anda pada mainan perosotan yang ada di taman kanak-kanak, terlalu landai tanpa tedeng aling-aling. Beberapa pengamat otomotif pada tahun tersebut menamai Pontiac Trans Sport dengan “Mobil Vacuum Cleaner”.

5. Aston Martin Lagonda 1982

mobil terpayah didunia

Aston Martin berusaha mentransfer mobil impian seperti milik James Bond di dalam filmnya, dengan menghadirkan 1982 Aston Martin Lagonda ini. Desainnya dianggap ‘terlalu kreatif’ pada saat peluncuran pertamanya dulu. Kini, mobil yang terlihat gepeng dan sama sekali tidak cantik itu dinilai pantas masuk dalam daftar mobil paling jelek sepanjang masa. Kap mesin depannya saja terlihat seperti paruh bebek yang datar.

6. AMC Marlin 1965

mobil terpayah didunia

Di tahun peluncuran AMC Marlin yang satu ini, AMC alias American Motors adalah perusahaan mobil yang masih meniti karir awal. Keputusan mereka untuk menetapkan desain AMC Marlin ini justru membuat mereka mendapatkan cibiran dari para pengamat otomotif. Salah satunya adalah Bob Nixon, bos dari Chrysler pada waktu itu, yang menyebut mobil ini sebagai “pilihan yang jelek nan memalukan”. Bagaimana menurut Anda? Sekilas mengingatkan Anda pada ikan cucut, ya?

7. Pontiac Aztek 2001

mobil terpayah didunia

Brauer menyebut mobil yang satu ini nampak seperti mobil bom-bom car. Dengan desain body yang ‘membingungkan’ dan sama sekali tidak menarik, mobil ini memang terlihat konyol seperti perpaduan dari station wagon dan minivan yang gagal jadi. Memang tidak salah jika akhirnya mobil ini masuk ke dalam daftar 50 mobil yang paling payah sedunia versi majalah TIME di tahun 2007. Dilihat sekilas saja sudah nampak seperti mobil mainan anak-anak.

8. Cadillac Cimarron 1982

mobil terpayah didunia

Mungkin ide terburuk yang pernah dikeluarkan Cadillac adalah membuat mobil entry level dengan status mewah. Hasilnya adalah mobil yang berbasis platform J-Body yang didukung model mobil mewah seperti Pontiac Sunbird dan Chevrolet Cavalier, Cadillac Cimarron rilis di awal 80an dan bermaksud jadi mobil mewah a la pabrikan Jerman.

Tak seperti yang diinginkan produsen, segala hal dari mobil ini jatuh. Kualitas mesin, kenyamanan kemudi, serta desain, sama sekali tak membuat konsumen tertarik. Banyak yang menjadikan mobil ini sebagai mobil terburuk yang dikeluarkan oleh pabrikan-pabrikan papan atas. Tak heran jika angka penjualan mobil ini tak terlalu bagus dan membuat mobil ini masuk daftar mobil terpayah didunia.

9. Plymouth Valiant 1960

mobil terpayah didunia

Tidak seperti mobil terpayah didunia lainnya, Plymouth Valiant sebetulnya mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Angka penjualannya pun sangat tinggi sampai 10 tahun semenjak peluncuran pertamanya. Namun, seiring dengan perubahan selera yang muncul di masyarakat yang mengikuti perkembangan zaman, mobil ini pun akhirnya dicap jelek dan tidak classy sama sekali.

10. Isuzu VehiCROSS 1999

mobil terpayah didunia

Tak disangka mobil ini masuk ke dalam daftar mobil terpayah didunia padahal erforma yang matang dari mobil Isuzu seri yang satu ini ternyata tetap tidak mampu menyelamatkan perusahaan dari kritik pedas mengenai bodynya. Mobil ini harusnya menjadi inspirasi SUV yang diproduksi setelahnya, namun malah menjadi contoh buruk. Lihat saja desain bodynya yang berkesan gemuk dan sama sekali jauh dari kesan gagah khas SUV. ?

11. Isuzu Axiom 2002

mobil terpayah didunia

Tadinya, Isuzu berniat menghadirkan SUV midsize yang mampu menarik minat anak-anak muda. Namun, Axiom tidak berhasil melakukannya karena desain lampunya yang sempit membuatnya nampak jelek. Isuzu pun akhirnya tidak bisa menyelamatkan nama mereka di kancah bursa mobil Amerika gara-gara keluarnya mobil Axiom ini . Penampilannya seperti terlalu tinggi dan pendek untuk ukuran SUV midsize, jadi terkesan ‘nanggung’.

12. Ferrari Mondial 1982

mobil terpayah didunia

Mobil terpayah didunia yang terakhir adalah Ferrari Mondial. Mobil keluaran 1980 ini dianggap sebagai mobil terburuk yang diproduksi pabrikan asal Italia, Ferrari. layout mid-ending dengan cabin yang mampu menampung empat orang, membuat bentuk dari Ferrari ini cukup ‘nanggung’. Tak banyak yang bisa diperbuat dalam pembaharuan mobil ini, dan membuatnya dipandang sebelah mata oleh para pecinta mobil sport.

Meski demikian, banyak juga yang mengidolakan mobil ini berdasarkan keunikannya. lama-kelamaan, justru mobil ini punya banyak sekali penggemar dan keberadaannya dicari oleh para kolektor.

Demikian pembahasan tentang mobil terpayah didunia. Meskipun kerap disebut mobil terpayah didunia, lama-kelamaan justru mobil-mobil tersebut keberadaannya dicari oleh para kolektor karena dianggap mobil unik dan langka. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar