Connect with us

Otomotif

Kenali 6 Gejala Injeksi Mobil Bermasalah, Sadari Sedini Mungkin

Avatar

Diterbitkan

pada

gejala injeksi mobil rusak

Ilustrasi knalpot mengeluarkan asap tebal (Foto: iStock Photos)

FAKTUAL-INDONESIA: Mobil merupakan alat transportasi yang kerap dipilih banyak orang. Seiring perkembangan jaman, sistem karburator mulai tergantikan dengan injeksi. Meski dikenal lebih efesien, sistem ini juga bisa mengalamai masalah. Sebelum rusak, pasti ada tanda atau gejala injeksi mobil rusak yang bisa perlu diwaspadai.

Sistem injeksi bisa dibilang memiliki rangkaian lebih sederhana dan terbukti lebih irit di bandingkan mobil berkarburator. Sebagai jantungnya mesin, injektor perlu dirawat. Injeksi berfungsi sebagai penyumpai sistem bahan bakar dari dalam tangki menuju sistem pembakaran internal mobil.

Sangat disayangkan, masih banyak orang mengabaikan pentingnya perawatan injeksi pada mobil. Alhasil, komponen tersebut bermasalah sehingga menimbulkan gejala injeksi mobil rusak yang memungkinan mobil tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Baca juga: 6 Langkah Antisipasi Saat Pecah Ban Pada Mobil di Perjalanan, Ketahui Sebelum Terjadi!

Berikut beberapa gejala injeksi mobil rusak yang telah faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Mesin terasa berat

Gejala injeksi mobil rusak yang pertama yaitu kinerja mobil terasa sangat berat. Jika Anda kerap merasakan tarikan mobil berat atau bahkan tarikan hilang, hal tersebut mendakan bahwa injeksi mobil mengalami masalah.

Advertisement

Biasanya hal ini terjadi karena adanya kotoran yang menyumbat dan mengganggu suplai bahan bakar ke mesin. Kotoran tadi nantinya membuat injeksi tidak dapat membaca aturan udara dan bensin yang akan menuju sistem pembakaran.

2. Boros bensin

gejala injeksi mobil rusak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Boros bahan bakar yang terjadi menjadi tanda atau gejala injeksi mobil rusak. Hal ini disebabkan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin lebih besar dari biasanya. Kondisi ini tentu sangat menguras kantong dan menggangu Anda karena harus sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar.

Saat mengalami kondisi ini, segera periksa mobil Anda di bengkel resmi dan periksa bagian injektor di mobil tersebut.

3. RPM naik turun

Gejala injeksi mobil rusak berikutnya yaitu RRM tidak beraturan. RPM naik turun sering dikaitkan dengan adanya masalah pada injektor mobil Anda. Ketika menyalakan mobil, , jarum pada tachometer (pengukur RPM kendaraan) akan bergerak secara liar. Maka dari itu mobil bisa mengalami masalah tersendat akibat RPM yang tidak normal.

Baca juga: Jeep Compass 2022 Meluncur dengan Berbagai Fitur dan Teknologi Canggih

4. Timbul asap tebal

gejala injeksi mobil rusak

Ilustrasi mobil mengeluarkan asap (Foto: Car Throttle)

Selain RPM tidak beraturan, gejala injeksi mobil rusak juga bisa dikenali dengan muncul asap pekat dari knalpot mobil. Ini terjadi berkat pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Kotoran pada injeksi bertanggung jawab pada asap pekat yang keluar.

Sebenarnya, jika asap mobil yang keluar tidak berwarna bukan merupakan masalah. Akan tetapi, knalpot yang mengeluarkan asap tebal dan pekat disertai bau bensin, menandakan bahwa mobil Anda mengalami over pembakaran. Maka dari itu, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel agar segera diperbaiki.

5. Mobil mati mendadak

Apakah Anda pernah mengalami mobil mendadak? Hati-hati, itu menjadi tanda atau gejala injeksi mobil rusak atau bermasalah. Injektor yang kotor akan tersumbat oleh kotoran tersebut sehingga menjadi penyebab mobil mati mendadak.

Advertisement

Kondisi seperti itu sudah menunjukkan bahwa mobil Anda cukup parah karena sulit ketika dinyalakan kembali. Tentunya akan berpengaruh pada sistem suplai bahan bakar yang terganggu pada mesin.

6. Mesin tidak menyala

gejala injeksi mobil rusak

Ilustrasi mobil mogok (Foto: Istimewa)

Setelah mobil mati mendadak, gejala injeksi mobil rusak yang lebih parah adalah mesin tidak mau menyala. Apabila ini terjadi pada mobil kesayangan And, sudah dipastikan bahwa injeksi bermasalah sangat berat.

Pasalnya, injeksi bahan bakar sudah sangat kotor dan sulit menyemprotkan suplai bahan bakar ke mesin. Dengan begitu, membuat mesin tidak dapat menerima bahan bakar.

Meski jarang terjadi, namun kejadian ini harus diwaspadai. Jika mobil mogok di jalan, terlebih mobil matic, jalan satu-satunya adalah menderek mobil Anda ke area bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.***

Baca juga: 5 Bahaya Merokok Saat Menyetir Mobil, Hentikan Mulai Sekarang!

Advertisement
Lanjutkan Membaca