Connect with us

Otomotif

6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil agar Bersih dan Tidak Kusam

Avatar

Diterbitkan

pada

cara membersihkan dashboard mobil

Ilustrasi Dashboard Mobil (Foto: CarRoad)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika Anda memiliki mobil, tentu Anda perlu merawat seluruh komponen di dalamnya. Tak hanya mesin, dashboadr atau kabin juga perlu dibersihkan secara berkala agar tidak kusam dan selaku bersih. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan dashboard mobil yang baik dan benar.

Menjaga kebersihan interior mobil agar bersih dan tidak kusam penting dilakukan karena aktivitas pengendara dan penumpang berada di kabin. Pasalnya, jika kabin kotor bisa mengganggu kenyamanan orang-orang di dalamnya saat berkendara.

Untuk membersihkannya, ada bisa mengikiuti beragam cara membersihkan dashboard mobil yang mudah dilakukan di rumah. Mempraktikkan cara diatas sekaligus dapat menjaga beberapa komponen, seperti AC supaya dapat bekerja dengan optimal.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Virus Corona di Kabin Mobil, Yuk Terapkan!

Berikut beberapa cara membersihkan dashboard mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Vacuum cleaner

cara membersihkan dashboard mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membersihkan dashboard mobil yang pertama yaitu alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Alat satu ini dikenal dapat membersihkan debu dengan lebih mudah. Bahkan, dapat menyedot debu hingga celah sempit yang sulit untuk dijangkau.

Alat penyedot debu bisa Anda gunakan untuk membersihkan dashboard dan kabin mobil lebih cepat. Saat ini juga sudah tersedia vacuum cleaner khusus mobil yang memanfaatakn daya dari colokan ligther mobil sehingga mudah dibawa-bawa.

Advertisement

2. Sikat berbulu halus

Anda bisa memanfaatkan sikat berburu halus sebagai cara membersihkan dashboard mobil. Alat ini mempunyai keunggulan dapat mengjangkau bagain yang sulit dijangkau, seperti kisi-kisi AC untuk membamsi kotoran atau debu yang menempel.

Dengan begitu, dashboard dapat bersih kembali dan tidak membuat bagian kabin tergores karena sikatnya yang halus.

3. Interior cleaner

cara membersihkan dashboard mobil

Ilustrasi Dashboard Mobil (Foto: CarRoad)

Cara membersihkan dashboard mobil berikutnya yaitu menggunakan interior mobil. Cara ini dianggap ampuh dibandingkan cara lainnya karena terbilang cepat, ampuh, dan aman. Interior cleaner merupakan pembersih interior mobil berbentuk cairan sehingga mudah diaplikasikan.

Anda hanya perlu menyemprotkannya secara merata pada dashboard. Diamkan selama 15 menit hingga supaya dapat lebih maksimal dalam membersihkan noda dan kotoran. Lalu, lap bagian dashboard menggunakan kanebo atau kain mikrofiber.

Lakukan cara ini jika masih ada kotoran hingga kotoran tersebut hilang dan interior mobil terlihat bersih dan sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilihlah Interior Cleaner yang berbahan water base.

Baca juga: Biar Awet, 7 Tips Simpel Merawat Mobil Agar Tetap Prima

4. Tisu basah

Selain Interior Cleaner, cara membersihkan dashboard mobil dapat dilakukan dengan tisu basah. Bahannya yang serbaguna dianggap dapat membersihkan kotoran atau noda yang menempel di dashboard dengan mudah berkat tingkat kelembabannya. Caranya, cukup dengan mengusapkan tisu basah ke area dashboard yang kotor secara teratur.

Advertisement

5. Pasta gigi

cara membersihkan dashboard mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Pasta gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi dapat dimanfaatkan guna menghilangkan kotoran atau noda yang menempel pada dashboard. Pasta gigi dinilai bisa membuat interior mobil menjadi lebih kinclong.

Cara mengaplikasikannya, oleskan dan ratakan pasta gigi pada area dashboard. Biarkan beberapa saat, lalu gosok dengan kain berbahan lembut, seperti kain mikrofiber. Utamakan area yang kotor terlebih dahulu. Selain itu, pasta gigi juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi mika lampu mobil yang buram.

6. Baking soda

Salah satu cara membersihkan dashboard mobil ternyata bisa menggunakan baking soda. Manfaat baking soda dikenal serbaguna termasuk membasmi kotoran yang menempel. Cara penggunaannya, mencampurkan ¼ cangkir soda kue dengan ¼ cangkiran sabun cuci piring pada botol semprot.

Jika sudah tercampur rata, tambahkan air hangat supaya bisa bekerja maksimal. Lalu, aplikasikan langsung pada bagian kabin atau dashboard mobil. Kemudian, bersih dengan jika sudah selesai.

Itulah berbagai cara membersihkan dashboard mobil. Jika cara-cara tersebut kurang efektif atau Anda terlalu sibuk, bawalah mobil kesayangan Anda ke salon mobil. Dengan mengeluarkan budget sedikit, tetapi dasdboard atau bahkan seluruh interior dan eksterior bisa bersih kembali.***

Baca juga: 6 Langkah atau Cara Mengatasi Mika Lampu Mobil yang Buram

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement