Connect with us

Otomotif

Simak 6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan yang Perlu Diketahui

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi mobil mogok

Ilustrasi mobil mogok (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tak sedikit orang menggunakan kendaraan roda empat untuk menunjang aktivitas. Terkadang, ada saja masalah yang menyebabkan mobil mogok diperjalanan alias mogok. Sebelum hal tersebut terjadi, Anda perlu mengatahui cara mengatasi mobil mogok sebagai langkah antisipasi.

Mobil mogok di jalan tentu menjadi momok yang menyebalkan. Pasalnya, keadaan ini bisa menghambat aktivitas. Mobil tiba-tiba mogok dapat dipengaruhi banyak faktor, diantaranya aki mobil bermasalah, overheat, dynamo starter bermasalah, hingga filter bahan bakar tersumbat.

Jika hal tersebut terjadi pada orang awam tentunya akan membuatnya kebingungan. Dengan mengetahui cara mengatasi mobil mogok, diharapkan pemilik mobil amatir bisa tahu hal apa saja yang perlu dilakukan saat mobil mogok.

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Rem Mobil Masuk Angin agar Tidak Blong

Berikut beberapa cara mengatasi mobil mogok di jalan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Amankan mobil

cara mengatasi mobil mogok

Foto Ilustrasi: Istimewa

Cara mengatasi mobil mogok yang pertama yaitu mengamankan mobil. Ketika mobil mogok di tengah jalan, bila mungkin pindahkan mobil ke bahu jalan agar tidak mengganggu lalu lintas. Jangan lakukan pengecekan mesin disaat mesin masih panas. Tunggu sejenak hingga suhu mesin perlahan menjadi dingin dan barulah lakukan pengecekan mesin.

2. Pasang segitiga pengamanan

cara mengatasi mobil mogok

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Gunakan segitiga pengamaan saat mobil mogok sebagai tanda darurat untuk mengatasi mobil mogok. Segitiga pengaman bisa menjadi pertanda mobil lain agar tidak membahayakan pengendara lainnya.

Pasang segitiga di area depan dan belakang mobil dengan jarak sekitar 3-10 meter. Jika mobil Anda mogok di jalanan berliku, pasang segitiga pengaman sebelum tikungan.

Advertisement

3. Periska indikator

Cara mengatasi mobil mogok berikutnya yaitu periksa indikator. periksa lampu indikator terlebih dahulu. Beberapa penyebab mobil mengalami masalah bisa diketahui melalui lampu indikator, apakah suhu berubah atau bahan bakar habis.

Apabila terjadi karena mobil overheat, diamkan sejenak dan periska radiator saat mesin dengan cukup dingin. Apabila masalah muncul dan bisa dengan mudah diketahui melalui indikator, tentu Anda akan lebih mudah dalam mengambil langkah.

Baca juga: 6 Langkah Antisipasi Saat Pecah Ban Pada Mobil di Perjalanan, Ketahui Sebelum Terjadi!

4. Periksa mesin

cara mengatasi mobil mogok

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selesai mengecek, cara mengatasi mobil mogok yang dilakukan setelahnya adalah memeriksa bagian mesin. Apabila lampu indilkator tidak menandakan adanya masalah, lakukanlah pengecekan mobil, mulai dari aki hingga switcher starter.

Jika masalah terjadi karena aki lemah, Anda bisa membantuan orang lain untuk men-jumper mobil. Atau Anda bisa mempersiapkan power bank sudah memiliki kemampun untuk men-jumper saat kondisi aki sedang lemah.

Selain aki, switcher starter yang aus umum menjadi penyebab mobil mogok. Biasanya, kabel yang aus harus diganti, sedangkan kabel yang renggang masih dapat diperbaiki dengan menggunakan penyambung sementara.

5. Memeriksa sistem pembakaran

Cara mengatasi mobil mogok lainnya adalah memeriksa sistem pembakaran. Periksa sistem pembakaran apakah menyebabkan mobil mogok atau tidak. Amatilah busi mobil mengalami masalah. Apabila busi berwarna itu abu-abu, berarti masalah bukan berasal dari situ.

Advertisement

Apabila busa menghitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Itulah menandakan bahwa busi terbakar atau bahkan meleleh. Nantinya, mesin mengalami kelebihan panas atau overheat dan gantilah busi tersebut dengan yang baru.

Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

6. Hubungi jasa derek

cara mengatasi mobil mogok

Foto Ilustrasi (Sumber: lifepal)

Cara mengatasi mobil mogok yang terakhir adalah menghubungi jasa derek. Ini dapat menjadi opsi terakhir Anda sudah tidak bisa diatasi seorang diri. Dengan menghubungi jasa derek, mobil akan di bawa bengkel udah di perbaiki. Sembari menunggu kedatangan mobil derek, pastikan Anda berada di luar kendaraan.

Itulah beberapa cara mengatasi mobil mogok di tengah jalan. Dengan mengetahui hal diatas, Anda bisa menerapkannya saat mobil mengalami masalah hingga mogok. Namun, alangkah baiknya jika Anda selalu memastikan mobil dalam kondisi prima. Untuk menghindari kejadian yang kurang menyenangkan.***

Baca juga: Berikut 5 Cara Klaim Asuransi Mobil, Praktis dan Tidak Sulit

Advertisement
Lanjutkan Membaca