Home Lifestyle 7 Penyebab Muncul Sakit Kepala Belakang, Kamu Wajib Hati-Hati

7 Penyebab Muncul Sakit Kepala Belakang, Kamu Wajib Hati-Hati

oleh Hana Chaniago
penyebab muncul sakit kepala belakang

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Sakit kepala merupakan penyakit yang paling sering menyerang kita, tak terkecuali sakit kepala belakang. Tapi, tahukah kamu penyebab muncul sakit kepala belakang. Sakit kepala belakang menjadi masalah kesehatan yang sering kali dialami seseorang mulai dari anak-anak, remaja, orang tua hingga lansia.

Rasanya yang nyeri dan cenat-cenut sering kali mengganggu aktivitas kita. Sakit kepala di bagian belakang juga kerap terjadi secara tiba-tiba. Namun demikian, ada beberapa hal yang kemudian menjadi faktor munculnya sakit kepala belakang tersebut.

Berikut penyebab muncul sakit kepala belakang yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Radang Sendi

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang pertama adalah radang sendi. Seperti yang kita ketahui, bersama tulang leher memiliki sendi yang berfungsi untuk menggerakkan leher ke samping kanan dan kiri.

Lantaran fungsi yang cukup vital, sendi leher yang terkena masalah akan langsung berimbas pada sakit kepala belakang. Sendi leher ini bisa mengalami peradangan atau pembengkakkan.

Jika peradangan atau pembengkakkan terjadi, maka akan langsung memunculkan sakit kepala belakang yang luar biasa dan menjalar ke leher.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Salah Bantal Penyebab Sakit Leher

2. Tegang

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang kedua adalah tegang. Sakit kepala karena tegang juga bisa menyerang bagian kepala belakang dan bagian kanan belakang. Biasanya terjadi karena kelelahan, stres atau otot-otot di leher serta rahang menjadi kaku.

Jika itu terjadi, kamu harus siap merasakan sakit yang lumayan hebat dan konstan di bagian belakang mata atau terkadang leher. Cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan tegang itu sendiri biasanya menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Namun, ada cara yang lebih simpel yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan itu. Cara tersebut adalah dengan berbaring di sebuah tempat yang gelap dan sepi. Cara kedua yakni dengan meletakkan kain hangat di dahi atau leher.

3. Migrain

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang ketiga adalah migrain. Dilansir dari American Migraine Foundation, migrain ini menjadi penyebab paling sering munculnya sakit kepala bagian belakang.

Migrain sendiri telah menjadi penyakit terpopuler ketiga di dunia. Migrain ini banyak dialami di sisi kiri atau belakang belakang. Rasa sakitnya yang berdenyut sering kali diiringi dengan munculnya perasaan ingin muntah dan mual serta mata berair.

Selain itu, penderita migrain juga biasanya sensitif terhadap cahaya dan suara. Untuk mengurangi terkena migrain, kamu disarankan untuk banyak minum air putih, tidur yang cukup, diet sehat dan juga tidak melewatkan makan.

Baca juga:8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

4. Sakit Kepala Exertional

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang keempat adalah sakit kepala exertional. Sakit kepala belakang memang bisa disebabkan oleh berbagai macam aktivitas fisik. Tidak jarang, rasa nyerinya bisa semakin bertambah jika kegiatan yang dilakukan cukup berat.

Kegiatan seperti berlari, merupakan hubungan intim, batuk ataupun mengeden ketika buang air besar bisa membuat sakit kepala exertional muncul.

Rasa sakit kepala exertional sendiri bisa bermacam-macam. Sakit kepala belakang pun umum terjadi, serta rasa nyeri di belakang mata atau seluruh kepala pun bisa muncul.

5. Sakit Kepala Harian Kronis

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang kelima adalah sakit kepala harian kronis. Penyakit sakit kepala harian kronis sendiri lebih sering dialami oleh wanita.

Pemicu sakit kepala harian kronis ini adalah ketika seseorang pernah mengalami cedera di area leher atau kelelahan. Jadi, jangan sampai tubuh kamu menjadi terlalu lelah dan akhirnya mengalami kondisi ini.

ketika sakit kepala harian kambuh, kamu bisa merasa tidak nyaman pada bagian leher karena otot leher yang menjadi tegang. Untuk mengobati sakit kepala harian kronis, fisioterapi bisa menjadi metode yang dianjurkan oleh dokter.

6. Servikogenik

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang keenam adalah servikogenik. Adanya saraf yang terjepit di area tulang belakang bisa menjadi pemicu rasa sakit dan tertekan di bagian leher.

Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala belakang yang disebut dengan servikogenik. Ketika kondisi ini terjadi, biasanya rasa sakit berawal dari sakit kepala belakang. Namun, semakin lama akan menjalar hingga sakit di bagian belakang mata.

7. Sakit Kepala Akibat Postur Tubuh

Penyebab muncul sakit kepala belakang yang terakhir adalah sakit kepala akibat postur tubuh. Posisi tubuh yang kurang baik karena terlalu sering membungkuk ketika melakukan aktivitas harian bisa menimbulkan ketegangan pada area leher dan juga punggung.

Karena area leher dan juga punggung menjadi tegang hal tersebut bisa memunculkan sakit kepala bagian belakang. Jadi, cobalah berhati-hati dalam menentukan postur saat melakukan aktivitas harian***

You may also like

Tinggalkan Komentar