Home LifestyleKesehatan 8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

oleh Farhan Zuhdi
cara menghilangkan sakit kepala

Ilustrasi ternyata sakit kepala bisa dihilangkan secara alami tanpa mengonsumsi obat (Istimewa)

FAKTUALidSakit kepala merupakan sakit yang wajar dialami seseorang. Sakit kepala bisa menyerang siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Jika sakit kepala melanda, tentu kamu akan mencari tahu cara menghilangkan sakit kepala baik itu pusing ataupun migran.

Gejala sakit kepala yang timbul juga bisa bermacam-macam pada setiap orang. Namun, jangan biarkan sakit kepala mengganggu aktivitas sehari-hari dan berakibat sulit berkonsentrasi.

Pada sebagian orang yang mengalami sakit kepala, hal yang biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan dari ‘warung’ yang dijual dengan harga relatif murah.  Padahal, obat-obatan tersebut memiliki efek samping lain pada tubuh.

Jika kebiasan meminum obat ‘warung’ tersebut dilakukan secara terus menerus. Selain memiliki efek samping, juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena bahan kimia yang terkandung pada obat-obatan tersebut bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Baca juga: Cara Mengembalikan Indra Penciuman Setelah Terpapar Covid-19

Alangkah baiknya jika ingin menghilangkan sakit kepala tapi tak ingin memiliki efek samping, bisa menggunakan cara sederhana ini.

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat

Berikut faktualid.com merangkum beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa menggunakan obat yang dilansir dari hallosehat

1. Minum teh atau kopi hangat

Cara menghilangkan sakit kepala yang pertama yaitu dengan minum teh atau kopi hangat. Teh atau kopi didalamnya terdapat kandungan kafein diklaim mampu meredakan sakit kepala. Cara ini tentu tidak boleh dilewatkan untuk menghilangkan sakit kepala buat kamu penikmat teh dan kopi.

Ketika sakit kepala menyerang, tubuh melepaskan adenosin yang menyebabkan pembuluh darah kepala melebar sehingga menyebabkan rasa sakit.

Asupan kafein membantu mempersempit pembuluh darah yang membesar tersebut. Perlu perhatikan jika mengonsumi kafein berlebihan dapat memicu terjadinya sakit kepala.

2. Perbanyak minum air

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa minum air puith mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya menjadi cara menghilangkan sakit kepala.. Dengan minum banyak air putih, dehidrasi dapat teratasi. Adapun beberapa penelitian menyebut, dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, termasuk migrain.

Selain mengurangi sakit kepala, perbanyak minum air putih juga dapat membantu mencegah sakit kepala muncul kembali pada masa mendatang.

Baca juga: 14 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bisa Mencegah Batu Ginjal

3. Kompres kepala dengan es

Saat kepala sedang mengalami migraine secara tiba-tiba, cara paling cepat untuk mengatasi nyerinya adalah dengan mengompres dahi atau pelipis dengan lap dingin. Kompres dingin dapat menghambat pelepasan zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju kepala sehingga bisa mengurangi nyeri.

Cara cukup gunakan waslap dingin dan basah atau isi kantong kecil dengan es dan bungkus dengan handuk atau kain lembut. Kompres selama 10-15 menit pada bagian kepala yang sakit.

4. Beristirahat di tempat temaram atau gelap

Cara menghilangkan sakit kepala selanjtunya yaitu istirahat ditempat gelap. Cahaya terang dan berkedip, apalagi bagi kamu yang seharian menatap cahaya menyilaukan dari layar komputer  juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala dan migrain.

Maka dari itu, bila sakit kepala terasa semakin parah, beranjak dulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di tempat yang minim cahaya.

Matikan lampu dan tutup jendela dengan merapatkan tirai. Buat suasana ruangan setenang mungkin, jauh dari keramaian. Apabila Anda sedang keluar rumah untuk beraktivitas, mengenakan kacamata hitam bisa menjadi cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

5. Tidur yang cukup

Memperbaiki pola tidur ternyata bisa mengatasi sakit kepala. Pola tidur yang baik diawali dengan waktu tidur cukup, sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat. Tidak hanya itu, tidur yang cukup dengan rutinitas yang teratur juga bisa menurunkan frekuensi atau bahkan mencegah sakit kepala pada masa mendatang.

Baca juga: Turunkan Sekarang Juga Berat Badan dengan Tidur Cukup

6. Melakukan pijat kepala

Cara menghilangkan sakit kepala lainnya adalah dengan memijat area kepala, leher, serta pelipis. Memijat beberapa area tersebut dapat merelaksasi tubuh serta membantu meredakan jenis sakit kepala tegang yang disebabkan oleh stres.

Melakukan pijatan kepala dapat dilakukan dengan memijat area kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Berikan pijatan ringan selama beberapa detik dan ulangi kembali sampai rasa sakit mulai berkurang.

7. Memperbaiki postur tubuh

Cara menghilangkan sakit kepala selanjutnya dengan memperbaikin postur tubuh. Postur tubuh yang baik dapat membantu otot agar tidak menegang, sehingga sakit kepala dapat berkurang. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi sakit kepala tanpa obat adalah dengan memperbaiki dan menjaga postur tubuh.

Caranya kamu dapat menegakkan bahu dan mengangkat kepala sambil menarik perut dan bokong kamu ketika sedang berdiri. Saat duduk, pastikan paha sejajar dengan lantai dan kepala Anda tidak tertunduk ke depan.

8. Makanan penyembuh sakit kepala

Ada beberapa makanan pereda sakit kepala yang bisa kamu coba, yaitu sayuran, kacang-kacangan, coklat, atau jenis makanan lainnya yang mengandung magnesium. Selain makanan, suplemen magnesium pun bisa menjadi pilihan bagi Anda. Mengonsumsi makanan tersebut diyakini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan sakit kepala.

Baca juga: Hindarilah Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Anda Pikun

Magnesium disebut dapat membantu tubuh melemaskan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Asupan makanan ini diyakini dapat mengurangi frekuensi migrain, termasuk migrain atau sakit kepala saat menstruasi.***

You may also like

Tinggalkan Komentar