Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

oleh Farhan Zuhdi
manfaat telur angsa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Angsa merupakan salah satu hewan yang masuk ke dalam jenis unggas. Tak hanya ayam dan bebek, angsa juga menghasilkan telur yang bisa dikonsumsi. Meski telur angsa tak sepopuler kedua telur tersebut, namun terdapat manfaat telur angsa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Melihat dari bentuknya, telur angsa memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang telur ayam dan bebek. Walaupun memiliki cita rasa yang hampir sama dengan telur ayam, kandungan protein dan nutrisi didalamnya ternyata berbeda.

Diketahui, telur angsa mengandung beragam kandungan yang tidak kalah penting dari telur ayam, seperti vitamin A, B, D, E, K, folat, kolin, kalsium, zat besi, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.

Dengan kandungan tersebut, pantas saja ada banyak manfaat telur angsa yang mungkin jarang diketahui. Untuk mendapatkan manfaat telur angsa, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau digoreng.

Baca juga: 8 Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan, Dapat Menyehatkan Organ Reproduksi

Berikut beberapa manfaat telur angsa bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat telur angsa yang pertama yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Telur angsa memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi telur angsa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, kamu bisa tercegah dari berbagai penyakit.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Apabila kamu hendak menjaga kesehatan tulang dan gigi, caranya adalah dengan mengonsumsi telur angsa, Manfaat telur angsa ini berasal dari kandungan kalsium dan fosfor yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan yang terdapat pada telur angsa tersebut bisa membantu mencegah dari osteoporosis sekaligus membantu pertumbuhan tulang selama masa pertumbuhan.

3. Mempunyai banyak vitamin

Manfaat telur angsa berikutnya yaitu memiliki beragam vitamin di dalamnya. Telur angsa mengandung vitamin yang tergolong lengkap, diantaranya:

  • Vitamin A sebanyak 269,3 mikrogram.
  • Vitamin B12 sebanyak 7,34 mikrogram.
  • Vitamin D sebanyak 2,4 mikrogram.
  • Vitamin E sebanyak 1,9 miligram.
  • Vitamin K

Dengan kandungan tersebut, dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bisa mencegah kamu terkena berbagai penyakit.

4. Mendukung perkembangan otak janin

Siapa sangka, manfaat telur juga dapat mendukung perkembangan otak janin. Ini berkat kandungan asam folat yang tinggi pada telur angsa yang berperan penting terhadap perkembangan otak janin.

Baca juga: 7 Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat mendukung perkembangan otak, baik untuk janin maupun dalam 3 tahun pertama kehidupan.

5. Menjaga kesehatan dan kesuburan organ reproduksi

Telur angsa memiliki kandungan asam folat yang diketahui sangat baik untuk kesuburan kandungan. Bahkan, mengonsumsi telur angsa diklaim dapat membantu bagi seseorang yang sedang merencanakan kehamilan.

Selain itu, telur angsa juga dapat membantu merangsang dan mempercepat proses pembuahan dengan meningkatkan produksi dan kualitas sel sperma pria.

6. Mencegah anemia

Manfaat telur angsa lainnya adalah mampu mencegah anemia. Kandungan zat besi yang dimiliki telur angsa bisa membantu mencegah dan mengatasi gejala anemia. Tak hanya orang dewasa, mengonsumsi telur angsa juga dapat mencegah anemia bagi anak-anak.

7. Mengatasi jerawat

Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, manfaat telur angsa ternyata dapat membantu mengatasi jerawat membandel. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, kamu perlu memisahkan putih telur dari kuning telur. Lalu, tambahkan buah seperti jeruk nipis, atau madu.

Kocok putih telur dan buah atau madu sampai membentuk busa atau foam. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Kemudian, bilas menggunakan air hingga bersih.***

Baca juga: 5 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh

You may also like

Tinggalkan Komentar