Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

7 Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

oleh Farhan Zuhdi
manfaat telur rebus

Ilustrasi telur rebus (Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi banyak orang. Tak hanya digoreng, telur rebus juga sering dijadikan makanan yang enak dan kaya protein. Namun, ternyata ada sederet manfaat telur rebus yang baik bagi kesehatan tubuh.

Telur rebus sering disajikan saat sarapan dan dijadikan makanan saat menjalani program diet. Tetapi, masih banyak orang enggan mengonsumsinya karena dikenal menjadi sumber kolesterol yang berkaitan dengan masalah kesehatan.

Padahal, telur rebus mengandung berbagai kandungan yang bisa menyehatkan tubuh. Tentu dengan mengonsumsinya dengan porsi yang wajar. Meski memiliki berbagai manfaat di dalamnya, telur apabila dikonsumsi berlebihan justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Jadi sebelum mengambil manfaat telur rebus, sebaiknya kamu perlu mengetahui dampak dan efek samping agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: 8 Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan, Dapat Menyehatkan Organ Reproduksi

Berikut beberapa manfaat telur rebus bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat telur rebus yang pertama yaitu meningkatkan metabolisme tubuh. Telur rebus memiliki kandungan kolin yang bisa mencegah penumpukan lemak pada tubuh dan membantu proses pencernaan lemak.

Tak hanya itu, mengonsumsi telur rebus juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh saat merespon insulin dan meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme.

2. Menjaga kesehatan mata

Jika kamu hendak menjaga kesehatan mata, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi telur rebus. Manfaat telur rebus ini berasal dari kandungan antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin yang dapat mempertahankan kesehatan retina mata sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Kandungan antioksidan tersebut sangat penting bagi kesehatan mata. Terlebih, pada orang lanjut usia yang rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan.

3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat telur rebus berikutnya yaitu bisa menjaga kesehatan otak. Sama seperti meningkatkan metabolisme, kandungan kolin yang tergolong dalam vitamin B pada telur rebus ternyata bisa membantu kesehatan otak.

Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Tak hanya itu, kandungan kolin tersebut juga dapat memecah asam amino homosistein yang berkaitan dengan perkembangan jantung.

4. Mengurangi risiko jantung

Selain menjaga kesehatan otak, manfaat telur rebus juga dapat mengurangi risiko jantung. Hal ini karena telur rebus memiliki partikel kolesterol jahat (LDL) besar mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meski begitu, namun menurut penelitian, partikel LDL kecil lebih dominan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi dari pada orang yang mempunyai partikel LDL besar.

Baca juga: 7 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

5. Rendah kalori

Salah satu manfaat telur rebus yang tidak kalah penting yakni memiliki kalori yang rendah. Berkat kandungan rendah kalori pada telur rebus, makanan ini cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet.

Diketahui, satu telur rebus hanya mengandung 78 kalori. Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra. Dengan begitu, telur rebus dapat dijadikan sebagai sumber protein bagi tubuh.

6. Menambah energi

Manfaat telur rebus lainnya yaitu dapat menambah energi. Telur rebus memiliki kandungan vitamin A, vitamin B-12, dan selenium. Kandungan tersebut ternyata bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, ketiga kandungan tersebut juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa tetap sehat dan kuat.

7. Baik untuk ibu hamil

Siapa sangka, manfaat telur rebus dapat dirasakan oleh ibu hamil. Kandungan protein dan omega-3 yang dimiliki telur rebus bisa menjadi sumber nutrisi bagi janin dan ibu hamil. Untuk itu, ibu hamil sering disarankan mengonsumsi telur rebus. Disamping itu, mengonsumsi telur rebus juga dapat membantu produksi molekul syaraf pada otak janin.

Efek samping mengonsumsi telur rebus berlebihan

Memang terdapat banyak manfaat telur rebus ketika dikonsumsi. Namun, jika dikonsumsi berlebih, telur rebus dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kolesterol
  • Risiko Diabetes
  • Menimbulkan Jerawat
  • Berisiko obesitas
  • Menimbulkan alergi
  • Rentan terserang bisul.***

Baca juga: Salah, Menyajikan Telur Setengah Matang kepada Anak-anak

You may also like

Tinggalkan Komentar