Home LifestyleKuliner 7 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

7 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

oleh Farhan Zuhdi
manfaat daging domba

Ilustrasi Daging Domba (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Domba merupakan salah satu hewan yang sering diambil dagingnya untuk diolah menjadi makanan. Jika dibandingkan dengan daging kambing, tekstur daging domba lebih lembut dan mengandung lebih sedikit lemak.

Dibalik tingginya kolesterol pada daging domba, ternyata manfaat daging domba untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya dapat meningkatkan imun tubuh. Selain mempunyai nilai gizi yang tinggi, daging domba juga mempunyai cita rasa khas yang dapat menggugah selera.

Daging domba diketahui memiliki beragam kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, diantaranya kalori, protein, lemak, kalisum, fosfor, zat besi, dan vitamin B1. Berkat kandungan tersebut, tak heran manfaat daging domba untuk kesehatan sangat melimpah.

Umumnya, daging domba diolah menjadi berbagai macam sajian kuliner, seperti steak, kebab, hingga lamp chop. Meski terkenal dengan berbagai manfaat di dalamnya, mengonsumsi daging domba memiliki efek samping, terutama jika mengonsumsinya berlebihan. Salah satunya dapat memicu hipertensi.

Jadi sebelum kamu mengambil manfaat daging domba untuk kesehatan, sebaiknya kamu perlu mengetahui dampak dan efek samping agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga; Makan Daging Kambing Bukan Solusi Tekanan Darah Rendah

Berikut beberapa manfaat daging domba untuk kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daging domba yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daging domba mempunyai kandungan senyawa zinc yang dibutuhkan oleh tubuh mempertahankan imun.

Selain itu, kandungam senyawa zinc juga dapat membantu penyembuhan luka, sintesis DNA dan protein, serta pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup zinc secara teratur, sistem imun tubuh tidak akan berfungsi secara optimal. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah terserang infeksi virus. Untuk itu, kamu dapat mengonsumsi daging domba untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mencegah anemia

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat daging domba juga dapat mencegah anemia. Anemia atau kurang darah ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah pada tubuh dan kelelahan karena kekurangan zat besi.

Daging domba memiliki zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi daging domba untuk membantu mencegah anemia.

3. Menjaga massa otot

Manfaat daging domba berikutnya yaitu dapat menjaga massa otot. Daging domba merupakan salah satu sumber makanan terbaik dengan protein berkualitas tinggi. Dengan mengonsumsi daging domba mampu memenuhi sekitar 25% kebutuhan protein pada tubuh.

Seiring bertambahnya usia, asupan protein berkurang sehingga dapat memperburuk pengecilan otot. Hal ini dapat meningkatkan risiko sarkopenia, kondisi yang terkait dengan massa otot sangat rendah

4. Menyehatkan sistem saraf

Untuk menyehatkan sistem saraf pada tubuh, kamu dapat mengambil manfaat daging domba. Hal ini berkat kandungan vitamin B12 pada daging domba membuat sel-sel saraf dalam keadaan sehat.

Baca juga: Catat, ini 9 Gejala Kolesterol Yang Perlu Kamu Waspadai

Tak hanya itu, daging domba memiliki sederet asupan vitamin B lain, seperti vitamin B6, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2) dan asam pantotenat (vitamin B5) sehingga dapat membantu seluruh bagian tubuh berfungsi dengan baik.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat daging domba lainnya yaitu dapat menunrunkan berat badan. Diketahui, ada beberapa bukti bahwa sesekali mengonsumsi daging domba dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dan membantu meningkatkan rasa kenyang meskipun memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

Di samping itu, manfaat daging domba ini juga dapat menurunkan berat badan berkat kandungan protein yang tinggi pada daging domba. Kandungan ini dapat mengurangi nafsu makan, membakar kalori lebih banyak, dan mencegah penyusutan massa otot.

6. Menjaga kesehatan jantung

Daging domba mengandung lemak sehat. Dengan mengonsumsinya daging domba dalam jumlah sedang, dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena lemak sehat tersebut. Lemak sehat yang dimaksud adalah lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh berperan penting dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Meningkatkan kinerja fisik

Manfaat daging domba yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kinerja fisik. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan asam amino beta-alanin yang digunakan tubuh dalam memproduksi carnosine yang dapat mempengaruhi fungsi otot.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar carnosine yang tinggi pada otot manusia bisa menurunkan efek kelelahan dan meningkatkan kinerja olahraga dari waktu ke waktu. Dengan begitu, mengonsumsi daging domba dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja saat berolahraga.***

Baca juga: Kolesterol Tinggi Tidak Selalu Identik dengan Gemuk

You may also like

Tinggalkan Komentar