Home LifestyleKesehatan Catat, ini 9 Gejala Kolesterol Yang Perlu Kamu Waspadai

Catat, ini 9 Gejala Kolesterol Yang Perlu Kamu Waspadai

oleh Farhan Zuhdi
gejala kolesterol

Ilustrasi

FAKTUALid – Tidak selamanya kolesterol buruk bagi tubuh, kolesterol dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi secara maksimal. Namun, pahami gejala kolesterol dan jangan sampai jumlah kolesterol dalam tubuh berlebihan karena bisa mengganggu kesehatan.

Dilansir dari halodoc, Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Kolesterol dalam kadar yang sesuai sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain dari itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Pada umumnya, kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika kamu memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi kamu masih bisa dikatakan normal. Namun, kamu perlu mewaspaadi jika jumlahnya jauh melampau angka tersebut.

Baca juga: 6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Umum Terjadi

Berikut gejala kolesterol tinggi yang perlu anda waspadai yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

Gejala kolesterol yang perlu kamu waspadai

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala yang khas dan sering muncul sebagai gejala kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

2. Nyeri Dada

Nyeri dada menjadi pertanda bahwa kadar LDL Anda tinggi. Tingginya kadar LDL di dalam darah bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan LDL berperan pada terbentuknya plak pada pembuluh darah (aterosklerosis). Plak tersebut bisa menyumbat pembuluh darah jantung dan menyebabkan peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Nyeri dada bisa terjadi karena sel darah merah yang kaya oksigen tidak cukup pasokannya. Sehingga, jantung bekerja lebih keras lagi untuk menjaga tubuh agar terpasok dengan nutrisi yang dibutuhkan.

3. Gangguan Pencernaan

Gejala kolesterol selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. Itu bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan akibat kadar kolesterol naik. Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. Bahkan, ada 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Baca juga: Kenali 10 Tanda Usus Tidak Sehat, Sebelum Terlambat

4. Kesemutan dan Mati Rasa

Kesemutan pada kaki dan tangan merupakan salah satu gejala kolesterol yang bisa menunjukkan tingginya kadar kolesterol. Penyempitan pembuluh arteri yang berfungsi menyuplai darah menyebabkan beberapa bagian tubuh kekurangan aliran darah.

Aliran darah yang tidak memadai menyebabkan rasa kesemutan atau bahkan mati rasa. Selain kesemutan, kaki dan tangan juga bisa menjadi lebih lemah. Kamu akan mengalami rasa ngilu, nyeri atau kondisi tidak nyaman lainnya ketika menggerakkan kaki atau tangan.

5. Nyeri di bagian tengkuk

Orang yang mengalami kolesterol tinggi sering mengeluhkan nyeri, seperti nyeri otot dan saraf. Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak

6. Mudah Lelah dan Ngantuk

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan gejala kolesterol, ini mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah ke otak. Sehingga, otak kurang mendapatkan asupan sel darah merah dan oksigen yang menyebabkan Anda menjadi mudah lelah dan mengantuk.

7. Disfungsi Ereksi

gejala kolesterol yang terjadi ketika kadar kolesterol darah tinggi adalah terjadinya disfungsi ereksi. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh berlebih, maka kolesterol tersebut akan menumpuk pada pembuluh darah hingga menciptakan plak.

Plak yang muncul pada aliran darah akan menghalangi darah yang mengalir ke berbagai organ tubuh termasuk area kemaluan. Aliran darah yang terhambat pada bagian genital seperti penis akan menyebabkan penis kesulitan untuk ereksi. Pada kondisi yang mengkhawatirkan, kolesterol LDL tinggi akan menyebabkan impoten pada pria.

Baca juga: Simak, ini 11 Makanan Penambah Sperma Agar Makin Subur

8. Xanthoma

Tatkala kadar kolesterol jahat dalam tubuh berlebih, maka Anda mungkin akan mengalami penimbunan lemak pada lipatan bawah kulit. Xanthoma yang muncul berupa benjolan dengan berbagai ukuran. Benjolan ini tidak akan terasa sakit bahkan apabila dipegang.

Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang tinggi. Benjolan ini terkadang berwarna kuning hingga kecoklatan. Xanthoma juga dapat muncul pada bagian pantat.

9. Otot Tubuh Sangat Lelah

Gejala kolesterol yang terakhir ialah otot tubuh melemah. Otot tubuh mudah merasa lelah disebabkan oleh terjadinya sumbatan aliran darah yang terjadi pada pembuluh darah arteri. Pada akhirnya otot kekurangan darah untuk bermetabolisme dan menjadi mudah lelah.

Otot kaki akan terasa sangat lemah bagi mereka yang merupakan penderita hipertensi dengan kondisi kolesterol darah tinggi. Selain penderita hipertensi dengan kolesterol tinggi, hal ini memang umum dialami oleh penderita kolesterol tinggi.

Baca juga: Penyakit GERD dan Anxiety Apakah Sama? Simak Penjelasannya

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. Memang tidak ada keluhan spesifik yang dapat menggambarkan tingginya kadar kolesterol dengan pasti. Mencegah menjadi cara yang paling efektif untuk melindungi diri dari risiko terserang penyakit kolesterol tinggi.***

Tinggalkan Komentar