Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Air Ketumbar bagi Kesehatan, Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

7 Manfaat Air Ketumbar bagi Kesehatan, Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

oleh Farhan Zuhdi
manfaat air ketumbar

Ilustrasi air ketumbar (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketumbar merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai bumbu dapur sebagai penyedap makanan. Tak hanya itu, ketumbar juga diolah menjadi air rebusan disebut air ketumbar yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat air ketumbar adalah mengatasi masalah pencernaan.

Selain bijinya, daun dan batang ketumbar juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Biasanya, daun dan biji kering ketumbar merupakan bagian yang sering digunakan dalam bumbu masakan.

Air ketumbar mempunyai beragam nutrisi bisa menyehatkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, folat, serta kaya akan akan senyawa antioksidan di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat air ketumbar, caranya dengan menyangrai ketumbar kemudian merebusnya untuk menyehatkan tubuh serta mencegah dari berbagai penyakit.

Baca juga: 8 Manfaat Air beras untuk Kulit dan Wajah, Mampu Mengatasi Jerawat

Berikut beberapa manfaat air ketumbar bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat air ketumbar yang pertama yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ketumbar, salah satunya dengan meminum airnya, diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengendalikan tekanan darah.

Dengan begitu, mengonsumsi air ketumbar sangat baik untuk mencegah terkena penyakit jantung.

2. Menurunkan gula darah

Apabila hendak menurunkan menurunkan gula darah, salah satunya caranya adalah dengan mengonsumsi air ketumbar. Menurut sejumlah penelitian, baik ketumbar maupun airnya mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga bisa menurunan kadar gula darah.

Dengan begitu, manfaat air ketumbar ini bisa dirasakan baik untuk penderita diabetes. Selain itu, air ketumbar juga dapat mencegah seseorang dari risiko terkena penyakit diabetes. Kendati demikian, kamu juga perlu mengimbanginya mengonsumsi air ketumbar dengan rutin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

3. Bantu atasi masalah pencernaan

Manfaat air ketumbar berikutnya yaitu mampu mengatasi masalah pencernaan. Ketumbar memiliki kandungan serat yang dapat mengoptimalkan sistem pencernaan secara menyeluruh. Diketahui, banyak orang mengonsumsi air ketumbar untuk mengatasi mual, diare, dan perut kembung.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan ketumbar juga bisa mengatasi gangguan pencernaan karena mengandung sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang.

Baca juga: 9 Manfaat Air Rebusan Pare untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

4. Melawan infeksi

Selain mengatasi masalah pencernaan, manfaat air ketumbar ternyata dapat melawan infeksi. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan beragam antioksidan yang dimiliki air ketumbar.

Selain antioksidan, ketumbar juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, yakni dodecanal. Senyawa tersebut digadang-gadang mampu melawan serta membunuh bakteri penyebab diare dan keracunan makanan, seperti Salmonella dan E.Coli.

5. Menjaga kesehatan gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu konsentrasi, membuat sulit makan, dan menimbulkan rasa nyeri yang dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi air ketumbar.

Manfaat air ketumbar ini berasal dari kandungan senyawa yang bersifat antibakteri yang berfungsi untuk mencegah datangnya sakit gigi sehingga dapat menurunkan risiko mengalami sakit gigi.

6. Melawan efek radikal bebas

Salah satu manfaat air ketumbar yang tidak kalah penting adalah bisa melawan efek radikal bebas. Ketumbar memiliki beragam kandungan antioksidan, seperti terpinenequercetine, lutein, dan flavonoid. Kandungan tersebut ternyata memiliki peran penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga dapat mengurangi dan mengatasi peradangan serta menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes dan kanker.

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata air ketumbar juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Untuk mendapatkan manfaat air ketumbar ini, kamu hanya perlu mengonsumsinya untuk membuat kulit dan rambut lebih lebat dan sehat. Di samping itu, air rendaman ketumbar juga dapat mengatasi jerawat.***

Baca juga: 7 Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

You may also like

Tinggalkan Komentar