Home Olahraga Selebritas Datang, Kehidupan Sepakbola Berubah

Selebritas Datang, Kehidupan Sepakbola Berubah

oleh Gungdewan

Oleh: Mahfudin Nigara

Mahfudin Nigara

Mahfudin Nigara

UNGKAPAN ini tampaknya sangat tepat saya ucapkan setelah mendengar paparan Raffi Ahmad, di Hotel Vasa, Surabaya, Sabtu (5/6/2021). Artis dan Youtuber itu hadir dalam acara Sosialisasi Inpres no. 3 tahun 2019 yang digelar oleh Kemenpora sejak Jumat malam hingga Ahad (6/6/2021) siang.

Tidak hanya itu, dunia sepakbola juga beruntung dengan intensnya Menpora, Zainudin Amali. Kita tahu inpres tersebut sudah ada di era sebelumnya, tapi tidak terlaksana. Di era Menpora ZA, inpres dikebut dan sudah mulai disosialisasikan.

Di samping itu, di era Kemenpora saat inilah posisi PSSI bisa bernapas sangat lega. Duet Kemenpora dan PSSI di tambah Raffi Ahmad dan kawan-kawan, ada secercah harapan untuk sepakbola kita mendatang.

Era Digital

Aa, begitu sapaan Raffi Ahmad, hadir untuk mengubah pola kerja dan bisnis sepakbola tanah air dari pola konvensional ke pola digital. Seperti kita ketahui, Aa adalah Artis yang sekaligus youtuber dengan follower nya tidak kurang dari 30 juta. Dengan pengikut yang demikian banyak, maka si Aa dengan mudah mengubah sesuatu yang tak bermakna, menjadi sesuatu yang menimbulkan keekonomian sangat tinggi.

Hebatnya, meski Raffi telah mengambil Cilegon FC, anggota Liga-2, tapi full bisnis yang akan dibangun adalah Liga-3, divisi amatir. Kita tahu  Liga-3 berada di bawah asprov-asprov. Fakta, liga yang amatir itu akan sangat sulit untuk dikembangkan. Apalagi ada regulasi keuangan yang melarang pemerintah daerah mendanai klub-klub amatir apalagi profesional. Maka lengkaplah derita sepakbola kita.

Jangankan klub Liga-3,  klub-klub yang tergabung dalam Liga 2 dan Liga 1 yang sudah profesional saja sangat sulit untuk hidup sejahtera. Tapi, di tangan si-Aa, Lga-3 akan menjadi contoh yang akan memberi harapan besar bagi  Liga 1 dan  Liga 2. Seperti apa bisnisnya? Tentu itu jadi rahasia suami Nagita Slavina alias Gigi.

Selain Aa, Atta Halilintar dan Gading Marten juga sudah mengambil alih klub Liga 3 dan Liga 2. Keduanya juga kita kenal sebagai bintang-bintang youtuber serta aktor. Malah info lainnya menyebut Rizki Bilar calon suami Lesti Kejora, penyanyi dangdut yang sedang naik daun, akan mengambil-alih PSMS Medan.

Hadirnya para selebritas nasional ini menjadi pertanda kehidupan sepakbola akan segera berubah. Jika selama ini klub-klub sepakbola kita dijalankan dengan basis kuno: tiket, sponsor, dan bantuan-bantuan khusus, kedepan kehidupan mereka akan berubah.

Satu contoh yang diberikan si Aa. Satu saat Klub Arema akan beruji coba dengan klub miliknya Sas. Sebelum lagi, si Aa membuat tayangan uji-nyali. Beberapa pemain dari kedua klub diminta datang ke satu tempat yang angker di sekitar kota Malang. Nah, adegan uji-nyali itu ditayangkan dan bisa disaksikan melalui live-streaming. Karena pengikut si Aa sudah lebih dari 30 juta, maka semua angka rupiah tinggal dikalikan. Itu hanya salah satu contoh saja.

“Kalau selama ini Arema paling top hanya bisa untung Rp 500 jutaan, lewat tangan adik asuh saya, Rafi Ahmad, wuuuuuiiih alhamdulillah,” kata Waketum PSSI yang juga owner Arema, Iwan Budianto.

Raffi Ahmad di Indonesia menjadi titik awal. Lihat  Elton John adalah musisi yang pertama kali mengambil alih Watford, klub liga 2 Inggris. Lalu, sederet artis dan selebritas mengikuti jejaknya.

Dengan hadirnya para selebritas yang memiliki kemampuan kreativitas sangat tinggi, kehidupan sepakbola dan para praktisi sepakbola kedepan boleh tersenyum agak lebar. Kita berharap perubahan itu bisa segera terjadi, insyaa Allah.

Ya, terimakasih, Inpres no.3, terima kasih Menpora, PSSI, dan para selebriti.  Selamat datang era baru sepakbola tanah air! ***

  • Mahfudin Nigara – wartawan senior

You may also like

Tinggalkan Komentar