Home LifestyleWisata Bantul Siapkan Uji Coba Tempat Wisata dengan Prokes Ketat

Bantul Siapkan Uji Coba Tempat Wisata dengan Prokes Ketat

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Salah satu sudut wisata alam di Bantul. (Istimewa)

 

FAKTUAL-INDONESIA: Pemkab Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai mempersiapkan uji coba pembukaan destinasi wisata dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Sebanyak tiga lokasi uji coba pembukaan destinasi wisata di Bantul mencakup kawasan nhutan pinus Mangunan disebut telah maksimal. Hal ini terlihat dengan ketatnya penerapan prokes baik di Pinus Sari, Pengger dan Seribu Batu.

Menurut Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Alexander Joko Wintolo, menjelaskan sejak awal dibuka pihaknya telah menerapkan prokes ketat bagi seluruh pengunjung.

Wisatawan, selain harus memiliki aplikasi PeduliLindungi, juga dites suhu badan serta wajib mengenakan masker. Di awal pembukaan, ratusan pengunjung yang tidak memiliki aplikasi dan belum divaksin, terpaksa ditolak masuk.

“Kami juga menerapkan ganjil genap. Dengan demikian, hanya pengguna kendaraan berplat nomor sesuai aturan tanggal, yang bisa masuk,” katanya, Minggu (17/10/2021).

Joko menambahkan, ketatnya penerapan aturan tidak lepas dari keinginan Dinas Pariwisata agar tidak muncul klaster di tempat wisata. Selain itu, pengetatan dilakukan sesuai instruksi dan aturan uji coba di tempat wisata yang boleh dibuka.

“Sebab setiap hari ada laporan ke Kementerian. Memang sekarang sudah ada peningkatan jumlah pengunjung. Tapi kami tidak mau ambil risiko. Apalagi, jika nanti mendadak ada sidak,” tuturnya.

Sehubungan adanya larangan cuti, ia mengaku sejauh ini telah mengetahui. Hal itu diberlakukan kepada pegawai di jawatannya. Oleh sebab itu, pihaknya sekarang memaksimalkan persiapan guna menghadapi kemungkinan meningkatnya kunjungan wisatawan di tiga lokasi uji coba pada libur Maulid Nabi.

“Sudah kami persiapkan segala sesuatunya. Kami maksimalkan pengawasan prokes. Terlebih liburnya digeser dari Selasa menjadi Rabu,” katanya.***

Tinggalkan Komentar