Connect with us

Wisata

7 Tempat Ngabuburit di Solo dan Sekitaranya, Nggak Nguras Kantong!

Avatar

Diterbitkan

pada

tempat ngabuburit di Solo

Bendungan Tirtonadi (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Memasuki bulan Ramadhan, momen menunggun berbuka puasa atau ngabuburit merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bagi warga Solo, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat ngabuburit di Solo dan sekitarnya yang cocok untuk menunggu berbuka puasa.

Kota Solo memang terkenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan beragam tempat wisata. Tak heran jika kota di Jawa Tengah ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur. Ketika bulan Ramadhan tiba, Solo juga menawarkan tempat-tempat yang cocok dikunjungi untuk ngabuburit.

Jika ingin menghabiskan waktu di sore hari selama Ramadhan, tak ada salahnya untuk mampir ke tempat ngabuburit di Solo. Bahkan, beberapa diantaranya termasuk destinasi wisata yang cukup populer untuk dikunjungi.

Baca juga: 8 Tempat Ngabuburit Gratis di Jakarta, Hits dan Seru!

Berikut beberapa rekomendasi tempat ngabuburit di Solo yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Stadion Mahanan

tempat ngabuburit di Solo

Stadion Mahanan (Foto: kompas.com)

Rekomendasi tempat ngabuburit di Solo yang pertama yaitu Stadion Manahan. Stadion yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini makin megah dan kokoh setelah dilakukan renovasi.

Jika ingin ngabuburit sambil berolahraga atau tempat bermain anak yang asyik, cobalah untuk mengunjungi Stadion Manahan karena memiliki banyak fasilitas olahraga. Tak perlu repot mencari takjil, disini juga banyak yang pedagang kaki lima yang menjual makanan seperti takjil dan lainnya.

Advertisement

2. Taman Balekembang

tempat ngabuburit di Solo

Taman Balekembang (Foto: jateng.tribunnews.com)

Taman Balekembang merupakan taman yang ramai dikunjungi pada sore hari. Termasuk di bulan Ramadhan banyak pengungung menanti waktu berbuka puasa disini. Taman yang memadukan infrastruktur Jawa dan Eropa ini memiliki luas 10 hektar dan dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada 26 Oktober 1921.

Taman dibuat untuk dipersembahkan kepada kedua putrinya. Banyak aktivitas seru yang bisa dicoba mulai main perahu bebek, memancing hingga melihat berbagai jenis hewan.

Taman Balekembang beralamat Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Taman ini buka pada pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB dan beralamat di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Bendungan Tirtonadi

tempat ngabuburit di Solo

Bendungan Tirtonadi (Foto: Istimewa)

Tempat ngabuburit di Solo berikutnya yaitu Bendungan Tirtonadi. Bendungan yang diresmikan pada 2019 ini akan ramai dipadati pengunjung pada pagi dan sore hari untuk melihat keindahannya. Terlebih ketika bulan Ramadhan bendungan ini cocok didatangi warga setempat untuk ngabuburit.

Tak sedikit masyrakat yang datang memanfaatkannya untuk beswafoto atau memancing sembari menunggu waktu berbuka. Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id, bendungan yang terletak di Gilingan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini dibangun dipertemuan atara Sungai Gajah Putih dan Sungai Pepe.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

4. Waduk Cengklik

tempat ngabuburit di Solo

Waduk Cengklik (Foto: Kompas)

Selain Bendungan Tirtonadi, tempat ngabuburit di Solo lainnya adalah Waduk Cengklik. Tentu yang membuat waduk ini menarik adalah pemandangannya yang indah dipenuhi hamparan air. Selain itu, di sekitar waduk juga ada tempat menarik dan seru bernama Waduk Cengklik Park.

Waduk Cengklik Park menyediakan wahana seperti, bioskop virtual reality (VR), monorail, bom-bom car, dan kereta mini yang sangat cocok untuk bersenang-senang membawa si kecil. Bukan hanya itu, ada juga ada super rally, kiddy boat, komidi putar, mandi bola, rumah terbalik, dan labirin kaca yang bisa dicoba.

5. Kampung Ramadhan Semanggi

tempat ngabuburit di Solo

Kampung Ramadhan Semanggi (Foto: Istimewa)

Jika bingung meentukan tujuan ngabuburit, Anda bisa mengunjungi Kampung Ramadhan Semanggi. Anda dapat menelusuri Kampung Ramadhan Semanggi sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Sama seperti kampung Ramadhan lainnya, disini Anda dapat menjumpai banyaknya penjual takjil atau menu untuk berbuka puasa.

Adanya tambahan lampu-lampu di malam hari tentu menjadikan suasana ngabuburit di kampung ini semakin mengesankan.

Advertisement

6. Alun-alun Kidul

Salah satu tempat ngabuburit di Solo yang ramai dikunjungi di sore hari adalah Alun-alun Kidul. Sama seperti Yogyakarta, Alun-alun Kidul Solo juga banyak yang digunakan untuk nongkrong atau sekadar jalan-jalan.

Tak perlu repot menjadi takjil, banyak pedang kaki lima yang menjual berbagai makanan dan minuman yang tersebar di sekitar Alun-alun Kidul. Alun-alun Kidul beralamat di Jalan Gading, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

7. Taman Jaya Mojosongo

tempat ngabuburit di Solo

Taman Jayawijaya Mojosongo (Foto: Istimewa)

Rekomendasi tempat ngabuburit di Solo yang terakhir adalah Taman Jayawijaya Mojosongo. Taman ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang ada di Kota Solo dan memiliki area santai yang luas dan asri. Seperti taman pada umumnya, Taman Jayawijaya Mojosongo dikelilingi pohon dan tumbuhan hijau, spot foto alami yang indah, serta tersedia area bermain anak yang pas dijadikan tempat ngabuburit.***

Baca juga: Potensi Wisatanya Top! Ganjar Bareng Gibran Susur Sungai Bengawan Solo

Lanjutkan Membaca
Advertisement