Connect with us

Wisata

7 Masjid di Bangkok, Thailand yang Ikonik dan Bersejarah

Avatar

Diterbitkan

pada

Masjid di Bangkok

Masjid Jawa (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Thailand merupakan salah satu negara yang kerap dipilih warga Indonesia untuk berlibur. Negeri Gajah Putih ini mayoritas penduduknya menganut agama Budha. Ketika berkunjung ke Bangkok, Thailand, hal itu terkadang kerap mengganggu. Namun, ternyata ada banyak masjid di Bangkok ikonik yang memiliki nilai sejarah.

Berbeda dengan Indonesia, Islam di Thailand termasuk agama yang terbilang minoritas. Meski begitu, ada masjid menarik dan bersejarah yang bisa dikunjungi saat pelesir ke pergi ke negara tersebut.

Menurut data Tourism Authority of Thailand (TAT), jumlah masjid di Thailand mencapai lebih dari 3.400. Sebanyak 170 di antaranya berlokasi di Bangkok. Bahkan, sejumlah masjid di Bangkok telah ada sejak ratusan tahun lalu dan dapat disambangi untuk wisata religi.

Baca juga: 6 Masjid Tertua di Dunia, Salah Satunya Berada di China

Berikut beberapa masjid di Bangkok, Thailand yang telah faktualid.com rangkum dari holidify dan sumber lainnya.

1. Masjid Al Husein (Masjid 300 Tahun)

Masjid di Bangkok

Masjid Al Husein (Masjid 300 Tahun)

Masjid di Bangkok, Thailand yang pertama yaitu Masjid Al Husein. Tempat ibadah umat Islam ini telah berdiri selama 300 tahun lebih. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Thailand dan digunakan oleh komunitas Muslim besar di daerah tersebut.

Masjid bersejarah ini dibangun dengan kayu dari pohon burung kolibri, dan pohon kayu ulin serta menaranya dibangun dengan gaya Cina.

Advertisement

2. Masjid Bang Luang

Masjid di Bangkok

Masjid Bang Luang (Foto: Istimewa)

Masjid Bang Luang adalah masjid di Bangkok yang memiliki arsitektur bergaya Thailand dan lebih mirip dengan kuil Buddha. Perbedaannya hanya berada kubah kecil pada bagian atas bangunan.

Bahkan masjid yang berlokasi di Distrik Thon Buri ini disebut sebagai satu-satunya masjid di Thailand yang mengadopsi gaya arsitektur tradisional Thailand. Pasalnya masjid-masjid lainnya sudah mengalami renovasi dan perbaikan bentuk kubah, sehingga memiliki bentuk tipikal masjid yang sama seperti yang dikenal di seluruh dunia.

Dikutip dari Bangkok Post, Teeranun Chuangpichit dari Pusat Informasi Sejarah Thon Buri sekaligus pemandu program walking tour menjelaskan bahwa gaya arsitektur Masjid Bang Luang, dengan pilar-pilar kolosal yang menopang atap dan atap pelana sederhana adalah tanda bahwa masjid itu dibangun di tengah masa pemerintahan Raja Rama III (1824-1851).

3. Masjid Haroon

Masjid di Bangkok

Masjid Haroon (Foto: Wikimedia)

Masjid di Bangkok, Thailand berikutnya yaitu Masjid Haroon. Rumah ibadah umat Islam ini dapat dibilang menjadi masjid yang tertua di Bangkok. Sebelum disebut Haroom, masjid ini dulunya dikenal dengan Ton Shamrong. Berjalanannya waktu, kini masjid bersejarah ini diberi nama sesuai dengan nama pendirinya yakni Haroon Bafadel.

Masjid ini dibangun sekitar abad ke-19 masehi oleh pemuka agama Islam keturunan Arab yang berasal dari Indonesia. Awalnya masjid ini terbuat dari kayu dan dirancang dengan indah dalam gaya arsitektur khas Jawa-Ayutthaya.

Tapi pada tahun 1934 ada pembaruan bangunan masjid dengan bata dan kapur sehingga terbentuklah Masjid Haroon yang sekarang. Masjid yang berlokasi di seberang Kedutaan Besar Perancis dan di belakang Old Customs House ini mempunyai kubah-kubah dengan warna hijau. Sehingga membuat Masjid Haroon terlihat unik.

4. Jawa Mosque atau Masjid Jawa

Masjid di Bangkok

Masjid Jawa (Foto: Istimewa)

Seperti namanya, masjid ini dahuu dibangun oleh penduduk Thailand keturunan Jawa yang menetap di Sathorn Bangkrak, Bangkok bernama Haji Muhammad Saleh, mertua dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Masjid di Bangkok ini infrastruktur mirip masjid yang berada di Demak, Masjid Jawa diperkirakan berusia sekitar 100 tahun dan masih tampak kokoh hingga kini. Melihat sejarahnya, maka sayang rasanya jika tak memasukkannya ke dalam daftar masjid di Bangkok untuk dikunjungi.

Advertisement

Baca juga: 8 Tips Traveling ke Thailand bagi Pemula, Liburan Jadi Aman dan Menyenangkan

Masjid Jawa atau Java Mosque sudah berdiri sejak tahun 1906 dan beralamat di Jalan Soi Charoen Rat 1 Yaek 9, Sathorn, Bangkok, yang merupakan sebuah perkampungan Jawa seluas dua hektare yang berisi 500 kepala keluarga.

5. Masjid Ban Oou

Masjid di Bangkok

Masjid Ban Oou (Foto: Istimewa)

Masjid Ban Oou adalah salah satu masjid tertua di Thailand yang dibangun pada tahun 1940-an. Masjid ini masih menyimpan barang-barang antik masyarakat yang berharga termasuk daf tua, gendang bingkai.

Gendang rangka ini merupakan peninggalan berusia 100 tahun yang pernah digunakan untuk berkumpul dan mengumumkan waktu ibadah di siang hari. Selain itu, letak dari masjid ini juga dekat dengan pasar Charoen Krung yang terkenal dengan kawasan komunitas Islam yang menjual banyak makanan halal.

6. Islamic Center Thailand

Masjid di Bangkok

Islamic Center Thailand (Foto: Istimewa)

Ketika Berkunjung ke Bangkok, Masjid Islamic Center of Thailand dapat dijadikan sebagai destinasi wisata masjid di Bangkok yang dapat dikunjungi. Masjid The Foundation of Islamic Centre of Thailand berdiri dilahan seluas 16.976 meter persegi dan dapat menampung hingga 3000 jamaah.

Tidak hanya untuk beribadah, Masjid ini juga mempunyai toko buku, perpustakaan dan kantin yang khusus menjual makanan halal.

Menurut Public Relation Islamic Center of Thailand, Wasan Ketwit, masjid tersebut dibangun menggunakan dana komunitas Muslim lokal dan asing, serta pemerintah Thailand. Jika penasaran, masjid ini berada di Jalan Ramkhamhaeng No. 87/2, Suanluang, Bangkok, Thailand.

7. Masjid Persahabatan Thailand Pakistan

Masjid di Bangkok

Masjid Persahabatan Thailand Pakistan (Foto: Istimewa)

Masjid di Bangkok, Thailand yang terakhir adalah Masjid Persahabatan Thailand Pakistan. Masjid ini dibangun oleh Asosiasi Persahabatan Thailand Pakistan. Masjid satu ini didirikan lebih dari 25 tahun untuk mempromosikan pertukaran budaya dan persaudaraan di antara masyarakat kedua negara. Masjid ini terkenal dengan makanan lezat yang ditawarkan selama Ramadhan.***

Baca juga: 9 Makanan Khas Thailand yang Lezat dan Sehat, Mana Favoritmu?

Advertisement
Lanjutkan Membaca