Connect with us

Kuliner

9 Makanan Khas Thailand yang Lezat dan Sehat, Mana Favoritmu?

Avatar

Diterbitkan

pada

Makanan khas Thailand

Tom Yam (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Thailand merupakan satu di antara negara di Asia Tenggara yang sering dikunjungi para wisatawan. Tak hanya tempat wisata, para turis juga wajib mencicipi makanan khas Thailand yang ternyata enak dan lezat. Tak heran banyak Indonesia menyukai masakan negara Gajah Putih tersebut.

Untuk mencicipi makanan khas Thailand, memang lebih nikmat jika datang langsung kesana. Akan tetapi, saat ini sudah banyak penjual masakan Thailand di tanah air yang rasanya tidak jauh berbeda. Masakan Thailand diketahui juga banyak menggunakan rempah-rempah sehingga jauh dari kata hambar.

Selain enak dan menggugah selera, banyak makanan khas Thailand nyatanya juga menyehatkan. Bagi pencinta kuliner tentu tidak asing dengan sajian makanan dari Thailand ini. Lantas, apa saja makanan khas Thailand yang enak dan menyehatkan?

Baca juga: 7 Makanan Khas Italia yang Lezat dan Menyehatkan, Tak Hanya Pizza dan Pasta

Berikut beberapa makanan khas Thailand yang sehat dan lezat, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Som Tam

Makanan khas Thailand

Som Tum (Foto: Freepik)

Makanan khas Thailand yang pertama yaitu Som Tam atau salad pepaya. Seperti namanya, tentu makanan ini terbuat dari pepaya dan ditambahkan kacang polong, cabai merah, udang kering, dan tomat. Perpaduan tersebut tentu menjadikannya makanan sehat kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, C, antioksidan, vitamin B, dan sejumlah mineral.

Selain warnanya yang merangsang nafsu makan, salad pepaya ini juga lezat karena menghasilkan cita rasa pedas, manis, dan gurih. Ketika berkunjung ke Thailand, rasanya Som Tam wajib untuk dicoba.

Advertisement

2. Tom Yum

Makanan khas Thailand

Tom Yam (Foto: Istimewa)

Mendengar Tom Yum tentu tidak asing lagi ditelinga. Dari sekian banyak makanan khas Thailand, makanan satu ini termasuk terfavorit dan terpopuler. Cita rasanya yang pedas dan asam, serta statusnya yang halal membuat makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Tom Yam mempunyai beberapa varian, anatra lain Tom Yam Goong untuk Tom Yam dengan udang, Tom Yam Pla berisi ikan, atau Tom Yam Taek berisi berbagai macam makanan laut. Umumnya, Tom Yam disajikan sebagai menu pembuka.

3. Phad Thai

Makanan khas Thailand

Phad Thai (Foto: Istimewa)

Makanan khas Thailand berikutnya yaitu Phad Thai. Phad Thai adalah makanan yang sudah ada sejak kerajaan Ayutthaya. Phad Thai dianggap melegenda dan diduga sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau China.

Mie yang digunakan dalam Phad Thai terbuat dari beras. Mie goreng ala Thailand ini juga berisi telur, tahu, asam, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula.

4. Salad Thai Beef

Makanan khas Thailand

Salad Thai Beef (Foto: Istimewa)

Selain Phad Thai, makanan khas Thailand lainnya yaitu Salah Thai Beef. Salah ini merupakan makanan kaya protein, serat, dan vitamin. Selain daging, Salad Thai Beef berisi aneka sayuran dan dimakan bersama nasi gulung.

Sebagai kreasi, Anda bisa tambahkan sayuran namun dengan daging dalam porsi kecil guna memperbanyak kandungan serat pada makanan tersebut.

Baca juga: Natto, Makanan Khas Jepang yang Menyehatkan

5. Khao Tom

Makanan khas Thailand

Khao Tom (Foto: Shutter Stock)

Makanan khas Thailand satu ini merupakan sajian bubur yang dimasak dengan daging atau makanan laut. Dari banyaknya variasi, sebaiknya Anda pilih Khao Tom Goong karena menggunakan udang. Sebaiknya hindari Khao Tom Moo karena mengandung daging babi. Sama seperti di Indonesia, sajian bubur ini kerap dimakan saat sakit atau sedang tidak enak badan.

6. Tod Man Pla

Makanan khas Thailand

Tod Man Pla (Foto: Istimewa)

Para pecinta kuliner, khususnya warga Indonesia, Anda perlu mencicipi Tod Man Pla. Hidangan satu ini berbahan dasar dari daging ayam atau ikan. Tetapi, banyak restoran lebih sering menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Para koki yang membuat, umumnya menggunakan jenis ikan berdaging putih. Setelah itu, nantinya akan dicampur dengan bumbu khas berupa bumbu pasta merah yang bercita rasa pedas.

7. Gai Pad Med Mamuang

Salah satu makanan khas Thailand yang tak kalah menyehatkan adalah Gai Pad Med Mamuang. Hidangan satu ini diolah dengan cara digoreng dan berisi ayam dengan kacang mete, jagung muda, dan bawang bombay.

Advertisement

Tentu isiian di dalam dapat menyehatkan tubuh. Daging ayam dapat mencukupi asupan protein harian, serta jagung muda dan bawang memberikan serat, karbohidrat, dan antioksidan. Sedangkan kacang metenya diperkaya protein, vitamin B, dan serat tak jenuh.

8. Khao Man Gai

Khao Man Gai merupakan menu makanan daging ayam sebagai bahan utama. Masakan ini dibuat dengan cara direbus bersama rempah-rempah pilihan. Khai Man Gai akan disajikan bersama taburan saus pedas dan daun ketumbar. Makanan ini bisa menjadi menu makanan kaya protein sebagai menu utama. Disajikan bersama nasi hangat bisa lebih nikmat.

9. Mango Sticky Rice

Makanan khas Thailand

Mango Sticky Rice (Foto: Istimewa)

Makanan khas Thailand yang terkahir adalah Mango Sticky Rice. Tak hanya di Thailand, hidangan penutup ini juga populer di Indonesia. Hidanganini terdiri dari ketan, potongan mangga, serta kuah santan. Selain rasa manis, cita rasa gurihnya sangat menggugah selera ketikan menyantap hidangan penutup ini.***

Baca juga: 8 Tips Traveling ke Thailand bagi Pemula, Liburan Jadi Aman dan Menyenangkan

Lanjutkan Membaca