Connect with us

Wisata

8 Tips Traveling ke Thailand bagi Pemula, Liburan Jadi Aman dan Menyenangkan

Avatar

Diterbitkan

pada

tips traveling ke Thailand

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap dikunjungi banyak wisawatan mancanegara. Berlibur ke Thailand akan sangat menyenangkan, terlebih jika baru pertama kali. Sebelum pergi, penting untuk mengetahui tips traveling ke Thailand agar jadi menyenangkan.

Negara yang disebut Negeri Gajah Putih ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik serta menawarkan kenyamanan. Bagi Anda yang baru pertama kali ke luar negeri mungkin akan timbul perasaan ragu dan takut yang menghampiri.

Bagi yang ingin berlibur ke Thailand, Anda tak perlu khawatir. Tak hanya menyiapkan paspor, Anda juga butuh menerapkan tips traveling ke Thailand. Dengan begitu, perjalanan akan jadi lebih terencana, nyaman, dan aman.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Bangkok yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Berikut beberapa tips traveling ke Thailand yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan anggaran dan waktu

tips traveling ke Thailand

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips traveling ke Thailand yang pertama yaitu menentukan anggaran biaya dan waktu. Tak sedikit orang pergi ke negara hanya menyiapkan paspor. Padahal, Anda juga perlu membuat anggaran. Hitunglah anggaran mulai dari tiket, penginapan, transportasi, makanan, dan oleh-oleh.

Meski sudah diperhitungkan, akan lebih baik lebihkan sedikit dari anggaran. Pasalnya, Anda perlu memperkirakan biaya darurat yang menjadi anggaran tak terduga. Sebelum menyusun anggaran, tentu akan membeli tiket terlebih dahulu. Supaya murah, hindari memilih jadwal saat musim liburan.

Advertisement

Selain kemungkinan tiket bisa lebih murah, tempat wisata yang ingin dikunjungi akan cenderung tidak terlalu ramai oleh wisatawan. Pilihlah jadwal sekitar bulan Maret hingga September, kemungkinan harga tiket pesawat dan penginapan akan lebih murah.

2. Menentukan tujuan wisata

tips traveling ke Thailand

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Sebelum Anda memutuskan liburan ke Thailand, pasti Anda juga sudah melihat objek wisata yang memutuskan berlibur kesana. Mengingat Thailand terdapat banyak kota dan destinasi wisata, sebaiknya Anda tujuan tempat wisata sebagai tips traveling ke Thailand.

Umumnya, para turis akan pergi ke Bangkok, Phuket, Chiang Mai, dan Chon Buri. Selain itu, para turis terkadang juga datang ke kota-kota lainnya. Setelah menentukan kota mana yang dituju, maka carilah destinasi wisata di kota tersebut.

Setelah menentukan tujuan, buatlah list atau daftar supaya liburan jadi lebih tertata. Hal ini juga menjadi acuan perhitungan berapa lama waktu tempuh antara destinasi satu dengan lainnya. Jadi, Anda bisa tahu berapa banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam sehari.

3. Memesan tiket pesawat dan penginapan

tips traveling ke Thailand

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips traveling ke Thailand berikutnya yaitu membeli tiket pesawat dan penginapan. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini Anda sudah bisa memesan kedua secara online melalui situs-situs penyedia jasa penerbangan dan penginapan.

Carilah berbagai penyedia jasa tersebut, terkadang disana menawarkan promo tiket penerbangan dan penginapan. Jika demikian, tentu bisa menekan pengeluaran dengan mendapatkan promo tersebut.

4. Belajar bahasa Thailand sederhana

Selain memesan tiket penerbangan dan penginapan, tips traveling ke Thailang juga perlu mempelajari percakapan sederhana dalam bahasa Thailand. Meski tidak wajib, namun percakapan sederhana akan mempermudah Anda ketika berlibur.

Advertisement

Baca juga: 7 Tips Traveling ke Filipina yang Wajib Anda Ketahui

Terutama saat berbelanja dan bertanya ketika baru saja tiba di negara terssebut. Cobalah mempelajari beberapa kalimat sederhana, seperti mengucapkan salam, terima kasih, kalimat bertanya berbelanja atau saat menaiki transportasi disana.

5. Menukar uang dan membeli SIM Card

Sebelum Anda berkunjung ke Thailand, sebaiknya tukar uang Rupiah ke mata uang Bath di Money Changer sekitar rumah ataupun di bandara. Pasalnya menukar uang Rupiah di negara tujuan akan membuat mata uang Rupiah nilai tukarnya rendah.

Bukan hanya itu, tips traveling ke Thailand juga perlu menyiapkan kartu SIM selama berada disana. Setelah sampai di bandara, Anda akan menemukan konter yang menjual kartu SIM beserta paket internet. Pihak konter akan membantu dalam meregistrasi kartu.

6. Gunakan transportasi umum

tips traveling ke Thailand

Ilustrasi transportasi umum di Thailand (Foto: Istimewa)

Salah satu tips traveling ke Thailand yang tidak kalah penting adalah menggunakan transportasi umum. Sebagian orang tentu pergi ke negara tersebut dengan cara backpacker. Bagi mereka, transportasi umum adalah pilihan yang tepat.

Jika Anda ragu dan asing, beberapa transportasi umum seperti bus, MRT, taxi dan BTS Skytrain biasanya sudah dilengkapi Bahasa Inggris untuk informasi rute. Jika memang memutuskan menaiki kendaraan umum, pastikan riset terlebihi dahulu terkait trayek dan tujuan dari masing-masing transportasi tersebut. Supaya lebih berkesan, Anda bisa mencoba naik tuk-tuk, yakni bajaj versi Thailand.

7. Jangan lewatkan streetfood

Belakang ini makanan Thailand menjadi populer, terutama street food-nya. Walaupun banyak makanan Thailand dijual di Indonesia, namun banyak yang penasaran tentang rasa asli di negaranya tersebut.

Advertisement

Jika berkunjung ke Thailand, Anda sangat wajib mencicipi street food di negara Thailand. Selain rasanya yang lezat, harganya juga pas di kantong para wisatawan.

8. Membeli oleh-oleh

tips traveling ke Thailand

Ilustrasi pasar di Thailand untuk berbelanja oleh-oleh (Foto: Istimewa)

Tips traveling ke Thailand yang terakhir adalah berbelanja dan membeli oleh-oleh. Setelah selesai berlibur, ada yang kurang lengkap rasanya tidak membawa buah tangan dari Negeri Gajah Putih ini. Disarankan untuk datang ke Platinum Fashion Mall di Bangkok jika hendak membeli oleh-oleh.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun, disejumlah pasar seringkali ada pedagang yang menerima uang Rupiah untuk berbelanja. Pedagang tersebut biasanya menjual baju dengan harga Rp 100 ribu untuk tiga potong baju. Ketika uang Bath habis, Anda masih bisa berbelanja dengan uang Rupiah. Murah dan unik bukan?***

Baca juga: Mingintip Pasar Murah di Bangkok

Lanjutkan Membaca