Connect with us

Wisata

7 Tips Traveling ke Filipina yang Wajib Anda Ketahui

Avatar

Diterbitkan

pada

tips traveling ke Filipina

Ilustrasi Jeepney di Filipina (Sumber: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Filipina merupakan salah satu negera di Asia Tenggara yang cukup menarik untuk di kunjungi. Negera Filipina juga dikenal memiliki kultur, nilai sejarah, dan sumber daya yang indah. Jika Anda ingin berlibur kesana, Anda perlu mengetahui sejumlah tips traveling ke Filipina.

Selain Indonesia, Filipina juga menjadi negera kepulauan yang berada di wiliyah Asia Tenggara. Hampir sama seperti Nusantara, negara yang berbahasa Tagalog ini mempunyai deretan pantai yang indah.

Tak hanya itu, Filipina juga memiliki banyak destinasi yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Ada beberapa destinasi wisata terfavorit disana, seperti Perbukitan Cokelat, Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, kepadatan kota Manila, dan lainnya.

Bahkan, berbagai penulis traveling mengatakan berlibur kesana harga dan biaya hidupnya sama seperti di Indonesia yang membuat orang menjadi penasaran untuk terbang kesana. Lantas, apa saja tips traveling ke Filipina yang perlu dipersiapkan sebelum terbang?

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Singapura yang Wajib Anda Kunjungi

Berikut beberapa tips traveling ke Filipina yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Bahasa

tips traveling ke Filipina

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips traveling ke Filipina yang pertama yaitu bahasa setempat. Masyarakat Filipina sehari-harinya menggunakan bahasa Tagalog. Beberapa pelancong kerap berfikir saat pergi ke negara tersebut akan terkendala bahasa untuk berkomunikasi.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena menurut beberapa sumber lebih dari 80 persen orang Filipina cukup lancar berbahasa Inggris. Semua kalangan seperti pedagang toko kelontong, supir taksi, hingga polisi lalu lintas cukup mahir menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi ini hanya terdapat di kota-kota saja.

Meski sebagian mungkin agak terbata-bata namun dapat dimengerti dengan apa yang Anda ucapkan.Hal ini menjadi salah satu kelebihan negara Filipina, sehingga ramah oleh para pelancong dari berbagai negara.

2. Datang ketika musim kemarau

tips traveling ke Filipina

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Filipina terkenal dengan badai taifun. Biasanya badai ini terjadi pada bulan November hingga Januari dimana intensitas hujan cukup tinggi. Sebagai tips traveling ke Filipina, hindari mengunjungi negara ini saat musim hujan, tepatnya terjadi dipengujung tahun.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk berkunjung kesana ketika musim panas, yakni sekitar bulan Maret sampai Mei.

3. Makanan

tips traveling ke Filipina

Ilustrasi jajanan di Filipina (Foto: Istimewa)

Tips traveling Filipina berikutnya yaitu menikmati wisata kuliner. Tak sedikit orang terkena dengan makanan ketika berwisata ke negara asing. Namun, sebagian lagi justru penasaran dengan kuliner yang ada di negara tersebut.

Bagi penikmat wisata kuliner, terutama makanan jalanan, Anda bisa mendapat makanan yang enak dan murah. Street food ini cukup mudah ditemukan ketika berada di Manila. Jangan lupa untuk berhati terhadap makanan dengan menanyakan apa saja bahannya dan kehalalannya. Selektif juga dalam memilih penjual makanan yang membuat makanan higenis.

4. Akses internet kurang maksimal

tips traveling ke Filipina

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain makanan, tips traveling ke Filipina juga perlu diketahui yakni akses internet disana masih belum optimal. Meski Anda sudah memakai provider lokal, namun tetap saja koneksi disana masih belum memuaskan. Para pelancong disana harus bersabar ketika mengakses internet.

Baca juga: Tips Liburan Ala Backpacker

Sebelum pergi kesana, Anda bisa mempertimbangkan hal satu ini. Pasalnya, penyedia layanan lokal data terbesar di negara Filipina dikatakan hanya mendapatkan sinyal 2G di sejumlah tempat.

Advertisement

5. Gunakan tas anti air

tips traveling ke Filipina

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Filipina termasuk wilayah yang rentan terkena badai. Walaupun musim kemarau, tapi mungkin saja curah hujan tinggi bisa terjadi sewaktu-waktu. Agar barang tetap aman, gunakanlah tas anti air sebagai tips traveling ke Filipina.

Terlebih jika hendak pergi ke pantau El Nido atau Panglao, sangat disarankan untuk menggunakan tas anti air. Persiapkan juga jas hujan sederhana untuk berjaga-jaga agar perjalananmu menjadi lebih menenangkan.

6. Pilih destinasi yang aman

Salah satu tips traveling ke Filipina adalah mengutamakan mengunjungi destinasi yang dinilai aman. Keamanan dan kenyamanan tentu menjadi hal yang paling utama. Meski terdapat penjaga, para pelancong juga perlu menjaga diri dan selalu berhati-hati.

Usahakan pergi bersama rombongan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kriminalitas. Untuk itu, lakukan riset kecil-kecilan atau bertanya pada pemandu wisata daerah mana yang teraman untuk dikunjungi.

7. Sediakan uang receh

tips traveling ke Filipina

Ilustrasi uang koin (Foto: Pixabay)

Untuk menghemat pengeluaran, tentu Anda mengandalkan transportasi umum, yakni Jeepney. Sebelum menaikinya, pastikan Anda mempunyai uang receh. Sebab, Jeepney atau supir taksi dengan sengaja tidak memberi uang kembalian, menganggapnya sebagai uang tip.

Itulah mengapa tips traveling ke Filipina ini perlu dipersiapkan sebelum menggunakan transportasi tersebut supaya tidak mudah ditipu. Waspadai juga ketika menggunakan taksi karena beberapa oknum supir taksi sengaja memutar balik jalan supaya jauh, padahal arah tujuan sangatlah dekat.

Itulah beberapa tips traveling ke Filipina. Agar perjalanan menjadi lancar, aman, dan menyenangkan, sebaiknya Anda perlu mengetahui tips diatas sebelum pergi ke negara tersebut.***

Advertisement

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Bangkok yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Lanjutkan Membaca
Advertisement