Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Kulit

7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Kulit

oleh Farhan Zuhdi
manfaat buah aprikot

Ilustrasi buah aprikot (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah Anda pernah mendengar buah aprikot? Mungkin aprikot masih terdengar asing. Buah ini mempunyai cita rasa yang menyegarkan sehingga digemari masyarakat. Namun, ternyata ada manfaat buah aprikot yang belum banyak diketahui.

Prunus armeniaca atau biasa dikenal aprikot merupakan buah berwarna oranye kekuningan yang diketahui dahulu dibudidayakan di Cina. Namun, saat ini buah aprikot hampir seluruhnya berasal dari Amerika.

Walau bentuknya kecil, buah ini mempunyai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Kandungan tersebut diantaranya antioksidan, vitamin, dan mineral. Berkat kandungan tersebut, tak heran jika manfaat buah aprikot sangat beragam.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Zaitun, Salah Satunya untuk Kesehatan Jantung

Berikut beberapa manfaat buah aprikot bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari alodokter dan hellosehat..

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah aprikot yang pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan serat di dalamnya bisa mencegah pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah. Kalium yang dimilikinya juga dapat menghambat terjadinya tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, buah aprikot disarankan untuk dikonsumsi karena baik untuk memelihara kesehatan jantung.

2. Menyehatkan usus

Buah aprikot menyimpan nutrisi yang baik bagi usus. Manfaat buah aprikot ini didapat dari nutrisi serat yang berperan penting dalam membuat usus menjadi lebih sehat. Serat dapat berfungsi menyerap nutrisi dan membantu bakteri baik pada usus.

Tak hanya buah, serat yang didapatkan dari sayur juga dapat mengatasi dan mencegah sembelit. Antioksidannya juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegahnya mengalami peradangan dan kerusakan.

3. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah aprikot berikutnya yaitu mencegah dehidrasi. Sama seperti semangka dan mentimun, buah ini terkandung banyak air yang bagus untuk dikonsumsi sehingga mampu mencegah dehidrasi. Pasalnya, tubuh yang tidak tehidarasi bisa menyebabkan haus, sakit kepala, dan pusing.

Meski begitu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan buah aprikot dalam mencegah dehidrasi. Anda juga perlu mencukupi asupan cairan harian dengan mengonsumsi setidaknya 2 liter atau 8 gelas air perhari.

4. Memperkuat tulang

Selain mencegah dehidrasi, manfaat buah aprikot juga dapat memperkuat tulang. Aprikot mempunyai kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat perkembangan dan pembentukan tulang.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Tingkatkan Gairah Seks

Sebab, kekurangan kalium mengakibatkan tubuh tidak dapat menyerap kalsium. Oleh sebab itu, buah aprikot baik untuk dimakan guna memperkuat kesehatan tulang.

5. Menjaga kesehatan mata

Bukan hanya wortel, manfaat buah aprikot nyatanya mampu menjaga kesehatan mata. Aprikot memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dianggap dapat memelihara kesehatan mata. Vitamin tersebut dinilai dapat mencukupi hampir 20 persen kebutuhan vitamin A harian.

Selain vitamin A, vitamin E pada buah aprikot berperan sebagai antioksidan untuk melindungi mata dari paparan radikal bebas yang menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

6. Menjaga kadar gula dan kolesterol tubuh

Salah satu manfaat buah aprikot bagi kesehatan adalah menjaga kadar gula darah dan kolesterol. Nutrisi di dalamnya dapat berfungsi menjaga kadar gula sekaligus menjaga kolesterol di dalam darah menjadi tetap normal. Nutrisi yang dimaksud adalah kandungan serat pada buah aprikot.

Dengan begitu, rutin mengonsumsi buah ini dapat mengurangi risiko terserang diabetes dan kolesterol tinggi. Sejumlah penelitian mempublikasikan indkes glikemik pada aprikot jika dikonsumsi secara teratur menujukkan kadar gula darah dan kolesterol yang lebih rendah ketimbang orang yang pola makannya tidak sehat.

7. Mengatasi peradangan kulit

Tak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, manfaat buah aprikot juga dapat mengatasi peradangan kulit. Senyawa yang terkandung di dalam aprikot dipercaya mampu membantu mengatasi peradangan kulit, seperti jerawat pada wajah, punggung, dan badan.

Lebih dari itu, senyawa itu juga dapat dijadikan sebagai perawatan pada penyakit psoriasis dan dermatitis atopik. Mengonsumsi buah aprikot menjadi salah satu cara merawat wajah berjerawat dan mengalami masalah kulit akibat peradangan.***

Baca juga: 8 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

You may also like