Connect with us

Kesehatan

5 Penyebab Pita Suara Rusak, Jaga Suara Kamu Mulai Sekarang!

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab pita suara rusak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Jangan pernah sepelekan kondisi kesehatan tenggorokan, karena nyatanya banyak gangguan kesehatan yang dapat menyerang. Salah satunya yang cukup umum adalah pita suara rusak atau biasa disebut dengan laringitis. Namun, tahukah kamu penyebab pita suara rusak?

Jika sedang mengalami suara serak, parau, hingga seolah-olah menghilang, hal itu menjadi tanda lebih dari sekedar radang tenggorokan saja. Bisa jadi kamu mengalami peradangan pada pita suara.

Perubahan kualitas suara yang menetap merupakan suatu pertanda adanya kondisi dasar yang lebih serius dan membutuhkan penanganan yang lebih mendalam. Tentunya kondisi laringitis ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih lagi jika kamu yang bekerja dengan menggunakan banyak suara.

Berikut beberapa penyebab pita suara rusak yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Terlalu Sering Berteriak dan Bersuara Keras

Penyebab pita suara rusak yang pertama adalah terlalu sering berteriak dan bersuara keras. Tidak selalu disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, pita suara rusak juga bisa karena kebiasaan buruk sehari-hari.

Advertisement

Kebiasaan berbicara keras dapat meningkatkan risiko alami dari laringitis. Karena itu, kamu perlu menggunakan pita suara dengan sebaik-baiknya.

Jika tenggorokan sudah merasa tidak nyaman dan suara sudah serak, segera istirahatkan suara dengan berbicara secukupnya dengan tidak berteriak.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami

2. Menghirup Zat Iritan

Penyebab pita suara rusak yang kedua adalah karena menghirup zat iritan. Sering menghirup zat iritan atau bahkan zat kimia tertentu bisa menyebabkan pita suara menjadi rusak.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, menghirup bahan kimia dan debu menjadi penyebab utama laringitis kronis dan gangguan pernapasan lainnya.

Zat iritan yang dihirup bisa berupa gas kimia, alergen ataupun asap tertentu. Biasanya hal ini terjadi di lingkungan dengan profesi pekerjaan yang berisiko tinggi seperti di pabrik.

Advertisement

Hindari faktor pemicu tersebut dan sebaiknya cukupkan cairan tubuh dengan minum air putih dan istirahatkan suara jika terjadi iritasi.

3. Kurang Minum Air Putih

Penyebab pita suara rusak yang ketiga adalah kurang minum air putih. Sudah seharusnya tubuh tubuh tercukup cairannya untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa membuat tenggorokan mudah terasa kering sehingga memicu penyebab laringitis.

Dilansir dari National Health Services, beberapa gejala dari tubuh mengalami dehidrasi seperti:

  • Merasa pusing.
  • Mulut, mata dan bibir kering.
  • Mudah haus.
  • Air seni berwarna kuning dan bau menyengat.
  • Tubuh mudah lelah.

4. Makan Terlalu Cepat

Penyebab pita suara rusak yang keempat adalah makan terlalu cepat. Kebiasaan makan terlalu cepat dan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna dapat disebabkan gastroesphageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Baca juga: 8 Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami Tanpa Obat

5. Pola Hidup tidak Sehat

Penyebab pita suara rusak yang kelima adalah pola hidup yang tidak sehat. Menurut dokter Ricky Yue, Sp.THT-KL, yang merupakan dokter spesialis THT, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minum alkohol juga bisa menyebabkan pita suara rusak karena peradangan.

Hal ini disebabkan karena cairan tubuh akan mudah berkurang dan tenggorokan juga akan menjadi kering.*** (Hana Chaniago)

Advertisement

Lanjutkan Membaca