Home LifestyleKesehatan 9 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Tingkatkan Gairah Seks

9 Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Tingkatkan Gairah Seks

oleh Farhan Zuhdi
manfaat buah pinang

Ilustrasi buah pinang (Foto: Istimewa)

FAKTUALidPinang merupakan salah satu tanaman yang tersebar di Asia Tenggara, bahkan hingga daerah tropis Afrika. Buah pinang oleh masayarakat zaman dahulu dimanfaatkan sebagai obat herhal kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, ada beberapa manfaat buah pinang lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Pinang adalah pohon yang termasuk dalam jenis palem-paleman. Dalam tradisi, biji ini kerap digunakan untuk menginang atau menyirih.

Pada buah pinang terdapat kandungan zat proantosianidin, yakni tannin yang terkondensasi yang termasuk golongan flavonoid.

Zat tersebut pada buah pinang dapat mempengaruhi otak dan bagian sistem syaraf pusat. Manfaat dari zat proantosianidin menimbulkan efek antibakteri, antivirus, antikarsionogenik, antiradang, antialergi, dan vasodilatasi yang bagus untuk tubuh.

Walaupun mempunyai banyak manfaat, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa menginang dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

Baca juga10 Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat buah pinang bagi kesehatan tubuh yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Manfaat buah pinang yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mulut. Zat antibakteri pada buah pinang dapat membasmi bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Oleh masyarakat tradisional, buah pinang bermanfaat untuk mengatasi mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi. Selain itu, buah ini juga telah lama digunakan untuk membersihkan dan mengatasi berbagai masalah pada gigi dan mulut lainnya.

2. Melancarkan pencernaan

Buah pinang diketahui bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Buah pinang bisa memperbaiki pergerakan usus dan mengatasi masalah pencernaan, misalnya sembelit dan perut kembung. Oleh masyarakat pedesaan, manfaat buah pinang juga umum digunakan membunuh parasit, misalnya cacing.

3. Mencegah dan mengatasi anemia

Selain melancarkan penceranaan, manfaat buah pinang lainnya dapat mencegah dan mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang ada pada buah pinang memegang peran penting untuk membentuk sel darah merah. Selalu mengonsumsi buah pinang sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi anemia atau kurang darah.

4. Mengurangi gejala skizofernia

Manfaat buah pinang berikutnya yaitu berpotensi mengurangi gejala skizofernia. Skizofernia merupakan gangguan pada otak yang menimbulkan halusinasi, delusi, serta gangguan cara berfikir. Seseorang yang mengonsumi buah pinang, menurut beberapa penelitian, terbukti memperbaiki dan mengurangi potensi gejala skizofernia.

Kandungan senyawa alkaloid ini yang dipercaya para peneliti mengurangi keparahan gejala pada saraf otak. Meski demikian, penelitian lain mengungkap bahwa pinang juga dapat menghasilkan efek samping tremor dan kekakuan.

5. Menambah energi

Sama halnya dalam mengurangi gejala skizofernia, manfaat buah pinang untuk menambah energi bersumber dari kandungan senyawa alkaloid. Alkaloid dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen menuju otot melalui hormon adernalin.

Baca juga: 10 Manfaat Habbatussauda, Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

Hormon adrenalin pada buah pinang dapat meningkatkan kekuatan. Hal tersebutlah yang membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Selain itu, buah juga dapat meningkatkan nafsu makan dan menimbulkan rasa senang yang meluap.

6. Menurunkan tekanan darah

Diketahui buah pinang terdapat kandungan zat tannin dan kalium yang tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Bagi penderita hipertensi, sangat disarankan mengonsumsi buah pinang.

Oleh masyarakat pedesaan, buah pinang juga kerap digunakan untuk membantu menyeimbangkan kabar zat besi pada tubuh manusia.

7. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah pinang berikutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi atau mengunyah buah pinang dapat menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung, dan memperbaiki detak jantung secara teratur.

Salah satu penyebab pengerasan pembuluh dan penyakit jantung adalah radikal bebas. Mengunyah daun sirih dan buah pinang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah.

8. Meningkatan gairah seksual

Selain meningktan energi, manfaat buah pinang ternyata sering digunakan untuk meningkatkan gairah seksual pada pria. Lagi-lagi kandungan alkeloid aktif pada buah pinang mudah berperan sebagai senyawa arekoline.

Untuk merasakan manfaat satu ini, kamu perlu merebus buah pinang kemudian meminum air rebusannya. Selain itu, meminum air rebusan buah pinang juga dapat meningkatkan stamina serta mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria.

9. Mengobati luka

Manfaat buah pinang yang terakhir yaitu dapat membantu mengobati luka. Buah pinang muda dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit sekaligus meregenerasi kulit akibat bekas luka.

Untuk mengaplikasikannya, kamu perlu menyiapkan satu buah pinang muda, lalu oleskan pada area kulit yang terluka. Dengan melakukannya, dipercaya dapat mengobati luka secara efektif.

Itulah beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan tubuh. Saat mengunyah buah pinang kamu perlu berhati-hati, karena para ahli menghimbau untuk menjauhi kebiasaan ini yang dapat memicu timbulnya kanker mulut.***

Baca juga: Simak, ini 11 Makanan Penambah Sperma Agar Makin Subur

You may also like

Tinggalkan Komentar