Home LifestyleKesehatan 10 Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan

10 Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan

oleh Farhan Zuhdi
manfaat buah zuriat

Ilustrasi buah zuriat (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Pernahkah kamu mendengar buah dan manfaat buah zuriat ? Buah satu ini memang agak asing ditelinga sebagian orang. Buah zariat juga disebut dengan nama buah Adam dan Hawa ini dipercaya bisa mempercepat kehamilan. Tak heran jika buah ini banyak dikonsumsi untuk program kehamilan.

Buah zuriat atau biasa disebut sebagai buah doum punya nama latin hyphaene thebaica merupakan tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya. Habitat buah zariat ini dapat dilihat di wilayah hulu sungai Nil ini juga biasa dikenal dengan sebutan pohon palem Afrika.

Selain untuk kehamilan, manfaat buah zuriat juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Baca juga: 10 Manfaat Habbatussauda, Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

Manfaat buah Zuriat bagi kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah zuriat bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengandung Antioksidan tinggi

Manfaat buah zuriat yang pertama yaitu mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Buah zuriat terkenal karena memiliki sifat antioksidan. Tubuh terkadang dapat membentuk radikal bebas. Untuk mencegahnya, dibutuhkan antioksidan pada tubuh yang dapat mengurangi kerusakan sel.

Disarankan mengonsumi sumber makanan seperti buah zuriat yang kaya akan antioksidan. Bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan, antioksidan yang tercukupi dapat membuat peluangnya semakin meningkat.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Buah zuriat juga memiliki manfaat yang terkenal yaitu dapat meningkatkan kesuburan. Manfaat buah zuriat dipercaya dapat meningkat kualitas sperma bagi pria. Sebuah studi menunjukkan, bahwa konsumsi buah zuriat dapat meningkatkan hormon seksual pada pria. Kondisi demikian dipercaya berpengaruh pada produksi dan kualitas sperma.

3. Meningkatkan kesuburan wanita

Selain meningkatkan kualitas sperma bagi pria, manfaat buah zuriat juga dapat kesuburan bagi wanita. Mengonsumi buah zuriat dapat membuat hormon seksual pada wanita meningkat. Selain itu, buah ini dipercaya dapat meningkatkan sel telur. Kamu dapat menambahkan buah zariat pada menu makan sehat.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk terbebas dari berbagai penyakit tubuh harus mempunyai imun yang baik. Ternyata buah zariat dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia.

Buah ini terdapat kandungan senyawa saponin baik sehingga memuliki ciri anti-mikroba. Hal tersebut dapat mempertahankan tubuh dari beberapa virus, seperti serangan jamur dan bakteri.  Disaat bersamaan, kandungan saponin akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menstimulasi produksi sel T.

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Nipis, Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

5. Menekan kadar kolesterol

Manfaat buah zuriat berikutnya yaitu dapat mengontrol jumlah kolesterol. Penelitian menemukan bahwa sari buah zuriat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Kandungan kolesterol HDL dalam buah zariat dapat menyingkirkan kolesterol dari atheroma. istilah medis ini untuk penumpukan atau plak zat-zat seperti lemak, kolesterol, dan kalsium di dinding pembuluh arteri.

Mengonsumi buah zariat dinilai mempunyai efek baik untuk menghandari risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya berfungsi mengerasan pembuluh yang nanti bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.

6. Mencegah diabetes

Selain dapat menekan kadar kolesterol, manfaat buah zariat juga dapat mencegah diabetes. Buah zariat dinilai merupakan sumber makanan yang tidak menaikan gula darah. Hal tersebut karena peran dari hypoglycemia. Selain itu, gula darah yang stabil dapat meningkatkan peluang kehamilan perempuan dengan PCOS.

7. Melancarkan haid

Haid kurang lancar sering dialami oleh sebagian wanita, Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi buah zariat. Diketahui, buah ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dan melancarkan perederan darah, sehingga dapat melancarkan siklus menstruasi.

Untuk merasakan manfaat buah zariat satu ini, kamu dapat mengonsumsi rebusan buah zariat untuk membantu haid lebih teratur setiap bulannya.

Baca juga: Kudapan untuk Kurangi Nyeri saat Haid

8. Memperkuat tulang

Kandungan kalsium pada buah zariat berperan dalam menjaga kekuatan tulang. Seseorang yang mengalami penurunan kadar kalsium tersebut dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kandunan kalsium yang tinggi pada buah zariat dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga mencegah defisit kalsium.

9. Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat buah zariat berikutnya yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan. Buah zuriat dipercaya mampu mengatasinya masalah pada sistem pencernaan. Hal ini karena buah zariat kaya akan kandungan serat mineral yang bisa melancarakn pencernaan sekaligus mengatasi sembelit.

10. Menyehatkan jantung

Manfaat buah zuriat yang terakhir yaitu dapat menyehatkan jantung. Konsumsi buah zuriat dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Hal ini karena buah tersebut dapat mengatur tekanan darah dan kolesterol.

Memiliki kadar kolesterol yang stabil membuat lemak tidak menempel di dinding arteri pembuluh darah sehingga jantung tetap sehat dan dapat bekerja secara optimal.

Selain membuat jantung lebih sehat, menambahkan buah zuriat dalam menu makanan sehat juga dapat jauh dari penyakit-penyakit lainnya.***

Baca juga: Simak, ini 11 Makanan Penambah Sperma Agar Makin Subur

You may also like

Tinggalkan Komentar