Home LifestyleKesehatan 10 Manfaat Habbatussauda, Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

10 Manfaat Habbatussauda, Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

oleh Farhan Zuhdi
manfaat habbatussauda

Ilustrasi manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh (Istimewa)

FAKTUALid – Habbatussauda atau biasa dikenal dengan jintan hitam merupakan rempah-rempah atau tanaman yang bernama Nigella Satvia yang biasa tumbuh didaerah Asia Selatan, Asia Barat, Timur Tengah, dan Eropa Selatan. Sudah tidak diragukan lagi bahwa manfaat habbatussauda sebagai obat herbal baik bagi kesehatan.

Manfaat habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, dirinya mengunggapkan bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya.

Biji dan minyak N. sativa sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu dan biasa digunakan sebagai bumbu masakan serta obat tradisional oleh penduduak Arab dan Indian. Jintan hitam juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada sistem imun dan pernapasan.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Jaga Kesehatan Rambut

Berikut faktualid.com merangkum beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh dilansir dari berbagai sumber.

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh

1. Mampu melawan diabetes

Manfaat habbatussauda yang yang pertama yaitu mampu melawan diabetes. Diketahui bahwa habbatussauda dapat menurunkan kenaikan glukosa darah secara signifikan.

Pada sebuah studi, ditemukan bahwa kombinasi jintan hitam dengan α-lipoic acid (α-LA) dan L-carnitine dapat meningkat metabolisme karbohidrat pada uji tikus diabetes. Hal ini pun menaikkan tingkat keberhasilan dalam penanganan diabetes.

2. Meredakan asma

Mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma, menurut sebuah penelitian, dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma menurut sebuah penelitian.

Baca juga: Penderita Asma Boleh Divaksin Covid-19, tapi Tetap dengan Syarat

Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak jintan hitam, dan khususnya timokuinon dalam minyaknya, dapat membantu dalam mengobati asma dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran napas.

3. Mampu cegah risiko kanker

Manfaat habbatussauda bisa cegah risiko kanker. Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintan hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh. Aktivitas antikanker dari thymoquinone ini telah dibuktikan untuk kanker darah, payudara, usus, pankreas, hati, paru-paru, fibrosarkoma, prostat, sampai leher rahim.

4. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat habbatussauda selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain kualitas, kuantitas sperma juga meningkat sebagai dampak mengonsumsi habbatussauda. Sebuah penelitian melaporkan bahwa minyak habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

Baca juga: Simak, ini 11 Makanan Penambah Sperma Agar Makin Subur

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat habbatussauda juga dipercaya sebagai tanaman herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tekanan darah tinggi, kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang tinggi merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung.

Menurut sebuah studi, habbatussauda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca juga: Tahukah Anda Penyebab Kolestrol Naik?

6. Sebagai imunomodulator

Ekstrak tanaman N. sativa yang terkandung pada habbatussauda sebagai imunomodulator yang telah dibuktikan berbagai penelitian. Imunomodulator adalah zat yang dapat mengoptimalkan kerja sistem imun dan respons sel.

Kandungan ethanol-nya akan meningkatkan aktivitas fungsional sel kekebalan tubuh dengan menambah jumlah sel darah putih limfosit serta monosit.

N. sativa juga mampu meningkatkan aktivitas kemampuan sel imun natural killer(NK) untuk merusak sel kanker. Inilah sebabnya, ekstrak N. sativa dan thymoquinoneberpotensi menjadi alternatif pengobatan penyakit autoimun, alergi, dan kanker dengan mempengaruhi sistem imun penderitanya.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7. Bantu melawan infeksi

Manfaat habbatussauda selanjutnya dapat bantu melawan infeksi. Pada jintan hitam, efek antimikroba yang terkandung di dalamnya mampu melawan patogen penyebab penyakit dengan menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit, Schistosoma, serta jamur. Penelitian membuktikan habbatussauda bisa membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, dan flu.

Habbatussauda juga disebut mampu mengatasi dan meredakan gejala beberapa penyakit, seperti hipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi), sindrom metabolic diabetes (dengan mengontrol kadar gula darah), dan dyslipidemia.

8. Memiliki efek anti radang

Manfaat habbatussauda dipercaya baik untuk kesehatan dan mampu mengurangi peradangan. Penelitian klinis skala kecil selama 3 bulan pada penderita asma menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan asma.

Studi lain juga menunjukkan bahwa obat herba ini mampu membantu mengatasi penyakit lain akibat peradangan, seperti sinusitis, alergi, dan radang sendi.

9. Tinggi Antioksidan

Manfaat habbatussauda selanjutnya ialah tinggi antioksidan. Senyawa pada jintan hitam dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Dilansir dari Healthline, secara khusus, minyak jintan hitam kaya akan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

Baca juga: Cara Mengembalikan Indra Penciuman Setelah Terpapar Covid-19

10. Memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat habbatussauda yang terakhir yaitu dapat memperbaiki sistem pencernaan. Ekstrak jintan hitam sering digunakan untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung karena kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan.***

You may also like

Tinggalkan Komentar