Home LifestyleKesehatan 9 Manfaat Jeruk Nipis, Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

9 Manfaat Jeruk Nipis, Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

oleh Farhan Zuhdi
manfaat jeruk nipis

Ilustrasi manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh (Istimewa)

FAKTUALid – Jeruk nipis dikenal dengan rasanya yang asam. Buah berwarna hijau ini selain digunakan sebagai tambahan bahan makanan dan diolah menjadi minuman, ternyata manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sangatlah banyak.

Jeruk nipis juga dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lain yang membuatnya bermanfaat untuk kesehatan. Melimpahnya nutrisi dalam jeruk nipis dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: 10 Manfaat Habbatussauda, Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

Rasa segar pada jeruk nipis memang tidak dapat lansung dikonsumsi, kamu bisa mencoba dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman. Namun, tak hanya menyegarkan, ada segudang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Berikut faktualid.com merangkum beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dari berbagai sumber.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Menyehatkan kulit

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah mampu menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis dapat membantu menyehatkan kulit. Seperti diketahui, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, sebuah senyawa protein yang memberikan efek baik pada kulit.

Kandungan antioksidan mampu menguatkan kolagen sehingga kulit tampak lebih segar dan muda. Selain itu minum air dengan campuran perasan jeruk nipis juga memberikan hidrasi pada tubuh termasuk kulit.

Baca juga: Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Biru

Sebuah studi menyebutkan, bahwa beberpa wanita yang mangonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko keriput dan kulit kering yang lebih rendah saat mereka menua.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Selain itu, manfaat jeruk nipis yang kaya akan vitamin C juga bisa meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu saat sakit. Untuk itu, jenis buah jeruk-jerukan sangat direkomendasikan supaya kamu tidak gampang sakit.

Baca juga: Cara Mengembalikan Imunitas Tubuh usai Liburan

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat jeruka nipis ternyata mampu menurunkan risiko kanker. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang di bagian tubuh. Jika dibiarkan, sel kanker bisa menyebar ke jaringan lainnya dan membahayakan jiwa.

Kandungan flavonoids yang bertindak sebagai antioksidan dalam menghambat ekspresi gen yang memicu perkembangan kanker juga membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun.

4. Menurunkan risiko jantung

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah menurunkan risiko jantung. Sumber magnesium dan kalium pada jeruk nipis dapat berfungsi menjaga kesehatan jantung.

Kalium yang terpadat pada jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan demikian, bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca juga: 7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan, Ternyata bisa Cegah Risiko Jantung

5. Membantu turunkan berat badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis baik untuk meningkatkan metabolism tubuh. Ini akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk pecel ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis satu ini, kamu cukup mengonsumsi segalas air jeruk nipis di pagi hari atau menghisap potongan jeruk nipis sebelum makan.

Baca juga: Turunkan Sekarang Juga Berat Badan dengan Tidur Cukup

6. Menurunkan risiko bantu ginjal

Asam sitrat pada jeruk nipis selian dapat membantu menurunkan berat barat, manfaat jeruk nipis juga dapat menurunukan risiko batu ginjal. Mengonsumsi buah-buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon secara rutin, berisiko lebih rendah mengalami gangguan batu ginjal.

Sebuah penelitian pada 2014 membuktikan bahwa konsumsi 120 cc jus jeruk setiap hari mampu meningkatkan kadar urine sitrat dalam tubuh. Urine sitrat akan mengikat air, sehingga jumlah yang dihasilkan lebih banyak dan tidak pekat. Risiko pembentukan batu ginjal pun akan menurun.

7. Membantu mengontrol kadar gula

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memiliki manfaat dapat mencegah kenaikan gula darah setelah makan bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal karena insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.

Jeruk nipis juga mengandung serat yang larut air. Jenis serat tersebut bisa memelihara kadar gula darah dan memperlambat kemampuan tubuh dalam menyerap gula ke dalam darah.

8. Melancarkan pencernaan

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus saat kamu mengalami sembelit. Dengan demikian, daapt membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air dari perasan jeruk pecel ini juga bisa membantu Anda untuk mengeluarkan feses lebih lancar.

Baca juga: Kenali 10 Tanda Usus Tidak Sehat, Sebelum Terlambat

9. Mengatasi penyakit peradangan

Manfaat jeruk nipis yang terakhir mampu mengatasi peradangan. Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis) dan asam urat, dapat diatasi dengan mengonsumsi air jeruk nipis.

Kandungan vitamin C pada air perasan jerus nipis akan meredakan gejala pembengkakan dan rasa nyeri yang biasanya dirasakan penderita. Selain itu, Jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang telah terbukti mampu melawan serangan radikal bebas.***

You may also like

Tinggalkan Komentar