Home LifestyleKesehatan 7 Cara Mengobati Herpes Menggunakan Bahan-Bahan Alami

7 Cara Mengobati Herpes Menggunakan Bahan-Bahan Alami

oleh Farhan Zuhdi
cara mengobati herpes

Ilustrasi herpes (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang kerap dialami sebagian orang. Penyakit kulit disebabkan oleh infeksi virus dan menimbulkan iritasi atau meradang yang menimbulkan ketidaknyamanan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengobati herpes secara benar.

Sebenarnya herpes tidak dapat diobati secara penuh. Pasalnya, virus di dalam tubuh seseorang yang mengalami herpes bisa saja kembali bereaksi pada kondisi tertentu. Meski begitu, penderitanya dapat mengurangi gejalanya untuk mengkurangi rasa tidak nyaman yang timbul.

Pengobatan herpes biasanya dengan mengonsumsi obat atau salep untuk meredakan gejala yang timbul seperti gatal. Selain itu, ternyata ada cara mengobati herpes menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Herpes Genital

Berikut beberapa cara mengobati herpes secara alami yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Madu

Cara mengobati herpes secara alami yang pertama yaitu menggunakan madu. Madu diketahui sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan. Bukan hanya dikonsumsi, madu dapat dimanfaatkan untuk meredakan masalah kulit yang dialami, seperti herpes.

Madu menyimpan sifat antiradang sehingga dapat meredakan infeksi akibat herpes. Penggunaan madu hanya perlu dioleskan langsung tanpa perlu dilarutkan pada area kulit yang terinfeksi.

Agar lebih optimal, gunakan jenis madu manuka sebagai obat alami. Madu manuka mempunyai sifat antiradang yang lebih kuat dibandingkan dengan madu biasa.

2. Bawang putih

Bawang putih yang biasa dijadikan bumbu ternyata dapat digunakan untuk membantu mengobati herpes. Bumbu dapur ini mengandung allicin mampu meredakan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes.

Selain itu, bawang putih juga bersifat antiradang untuk meringkan sakit yang timbul. Cara mengobati herpes dengan bawang putih adalah menghancurkan satu siung bawang putih dan tambahkan minyak zaitun. Lalu, oleskan pada ruam kulit sebanyak 3 kali dalam sehari. Atau Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai makanan.

3. Tea tree oil

Cara mengobati herpes berikutnya yaitu dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Bahan alami ini dinilai bisa menjadi antivirus dan antiradang yang ampuh dalam membantu mengatasi herpes. Untuk memanfaatkannya, Anda perlu melarutkan minyak pohon teh secara kimia.

Pasalnya, jika dioleskan langsung pada herpes genital dapat menimbulkan risiko iritasi di kulit. Supaya lebih mudah dan aman, Anda bisa gunakan losion yang mengandung tea tree oil.

4. Oat meal

Selain minyak pohon teh, cara mengobati herpes juga bisa memanfaatkan oat meal. Bahan ini kerap digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk herpes. Kandungan protein yang bersifat antioksidan dan antiradang pada oatmeal dapat meningkatkan kelembapan pada kulit.

Baca juga: 5 Penyebab Sariawan di Amandel, Ternyata Banyak Orang yang Belum Tahu

Sebab, kulit yang terinfeksi akan lebih rentan kehilangan kelembapan. Oat meal berfungsi untuk meringankan rasa gatal dan ruam. Untuk mengaplikasikannya, siapkan air hangat dan campur dengan oat meal. Gunakan campuran tersebut untuk mandi.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal mempunyai banyak manfaat menakjubkan untuk pengobatan. Salah satunya adalah membantu memulihkan penyakit herpes. Lidah buaya diketahui mampu menenangkan peradangan akibat infeksi sekaligus menyebuhkan lesi herpes.

Bahan alami ini bisa berperan guna mempercepat penyembuhan herpes. Cara mengobati herpes dengan lidah buaya tidaklah sulit, cukup ambil gelnya dan oleskan langsung pada bagian infeksi akibat herpes yang kering.

6. Kompres air

Salah satu cara mengobati herpes ternyata bisa hanya menggunakan kompres air. Mengompres air hangat atau dingin pada lesi herpes diyakini dapat meredakan rasa gatal, sakit, dan pembengkakan. Menurut sebuah penelitian, kompres air hangat dapat menghentikan pembentukan lepuh dari infeksi herpes oral.

Sebelum mengaplikasikannya, pastikan kompresan dibalut dengan kain agar tidak langsung menyentuh kulit.

7. Soda kue

Cara mengobati herpes secara alami yang terkahir adalah soda kue. Soda kue dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi herpes. Bahan alami ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman dengan meredakan rasa gatal yang timbul.

Caranya, tuang soda kue pada bak berisi air hangat lalu gunakan untuk mandi. Selain itu, terdapat cara lain yakni mengoleskan langsung pasta soda kue secara lembut menggunakan kapas pada ruam luka herpes. Lakukan secara rutin hingga mengering.***

Baca juga: 8 Cara Mengobati Bintik Merah Disertai Gatal, Pilih Cara Alami atau Medis?

You may also like