Home Lifestyle 6 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Herpes Genital

6 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Herpes Genital

oleh Hana Chaniago
herpes genital

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Herpes Genital adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. Penyakit ini biasanya diawali dengan adanya tanda luka melepuh serta rasa nyeri pada alat kelamin dan sekitar anus. Namun, orang-orang yang mengalami gejala herpes gejala ini biasanya tidak menyadari karena tidak mengalami gejala selama bertahun-tahun.

Akibatnya, penyakin kelamin ini bisa menyebar dengan mudah tanpa diketahui. Ada dua jenis virus herpes simpleks yaitu herpes simpleks tipe satu dan herpes simpleks tipe dua.

Herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) merupakan penyebab utama herpes oral dengan ciri luka melepuh di sekitar mulut dan bibir. HSV-1 juga dapae menyebar dan menyebabkan herpes genital. Sementara HSV-2 merupakan penyebab utama herpes pada kelamin. Virus herpes ini hanya bisa ditularkan melalui hubungan seksual.

Infeksi herpes simpleks berlangsung seumur hidup, tetapi pengobatan bisa mengatasi gejala sekaligus mengurangi resiko penularan penyakit pada orang lain.

Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui tentang Herpes Genital yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Seberapa Umumkah Herpes Kelamin?

Herpes Genital adalah penyakit kelamin yang dapat dialami oleh wanita dan pria. Menurut WHO, kasus herpes genital ini lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan transmisi virus herpes simpleks tipe 2 lebih beresiko dari pria ke wanita dibandingkan dari wanita ke pria.

Meski begitu, herpes kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat dicegah dan mengurangi faktor resiko. Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

2. Tanda dan Gejala Herpes Genital

Sebagian besar orang yang mengalami herpes genital ini tidak mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi, karena tidak ada tanda-tanda apapun. Sementara pada beberapa kasus, gejala penyakit herpes simpleks genital ini cukup ringan dan sering dalah identifikasi sebagai penyakit kulit biasa.

Gejala khas dari herpes simplek genitalis adalah sebagai berikut:

  •  Nyeri atau gatal pada vagina, penis, area alat kelamin atau bokong
  •  Luka melepuh yang berupa ruam merah atau lenting putih.
  •  Koreng atau luka kering
  •  Nyeri saat buang air kecil
  •  Pembengkakkan kelenjar getah bening di lipatan paha

Ruam merah dan luka melepuh atau lenting herpes dapat muncul di sekitar alat kelamin, anus dan mulut. Lenting herpes yang pecah bisa meninggalkan luka perih yang mungkin baru bisa sembuh selama hampir 1 minggu. Dalam kondisi ini gejala yang muncul biasanya seperti flu seperti demam, sakit kepala dan pembengkakkan kelenjar.

Meskipun virus Herpes Simplek ini bertahan seumur hidup, frekuensi kekambuhan gejala akan berukurang dengan seiring berjalannya waktu. Gejala herpes genitalis yang muncul berbeda di setiap orang. Jika anda merasakan beberapa gejala diatas, anda perlu memeriksakan ke dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

3. Penyebab Herpes Genital

Herpes genital adalah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit herpes simpleks ini dapat menular melalui kontak langsung, hubungan seksual. oral seks, atau dari bayi ke ibunya.

Virus tersebut menyebar ke dalam sel-sel saraf. Pada masa infeksi awal, gejala herpes simpleks ini mungkin belum muncul meskipun virus sudah mulai berkembang. Pada masa awal, virus menetap dibawah sel-sel saraf dalam keadaan tidak aktif berkembang.

Baca juga: 7 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Insomnia

4. Virus Herpes Simpleks Tipe 1 (HSV-1)

Infeksi virus ini umumnya menyebbakan luka lepuhan di sekitar mulut, tetapi juga bisa menyebar ke alat kelamin. Cara penularan HSV-1 yang umum terjadi saat berciuman dan menyentuh luka terbuka di sekitar mulut orang yang terinfeksi.

Selain itu, anda juga bisa tertular dari pasangan yang tidak memiliki luka terlihat atau tidak merasa terinfeksi. Melakukan seks oral dengan pasangan yang terinfeksi juga beresiko membuat anda terpapar virus ini juga.

5. Virus Herpes Simpleks Tipe 2 (HSV-2)

HSV-2 umumnya menyebabkan herpes genital. Virus ini menular melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi. Virus herpes ini biasanya tidak dapat bertahan lama saat berada di luar tubuh. Resiko penularan saat menyentuh permukaan benda sangat kecil dibandingkan dengan kontak antar kulit.

Begitupun jika anda menggunakan toilet, pakaian dan handuk yang sama dengan pengidap herpes kelamin, resiko penularan penyakit dengan cara ini sangat kecil.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan, Meredakan Nyeri Haid

6. Pengobatan Herpes Genital

Virus penyebab Herpes Genital akan menetap selamanya di dalam tubuh. Sejauh ini belum ada obat yang bisa menghilangkan virus ini sepenuhnya dari dalam tubuh. Namun, pengobatan herpes yang dilakukaan dapat membantu mengatasi gejala dan mencegah kemungkinan penyakit ini kambuh.

Dokter dapat memberikan obat antivirus untuk menghilangkan gejala herpes. Obat antivirus yang diberikan sebagai pengobatan herpes kelamin bertujuan untuk:

  •  Mempercepat Penyembuhan
  •  Mengurangi frekuensi herpes akan kambuh
  •  Mengurangi tingkat keparahan dan durasi gejala
  •  Mengurangi kemungkinan penularan pada orang lain***

You may also like

Tinggalkan Komentar