Home LifestyleKesehatan Buktikan Sendiri, 5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Buktikan Sendiri, 5 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

oleh Hana Chaniago
cara menghilangkan kutil

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Kutil adalah gangguan pada kulit yang umumnya tidak membahayakan, namun dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Cara menghilangkan kutil secara alami banyak dicari, sebab memerlukan waktu yang lama untuk menghilangkan kutil dengan sendirinya.

Kutil dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan kulit ini sering terjadi di bagian kaki dan tangan. Banyak orang yang mencoba cara menghilangkan kutil secara alami, padahal efektivitas dan manfaatnya belum terbukti secara medis.

Berikut hal yang harus anda ketahui tentang kutil dan cara menghilangkannya yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

Penyebab Kutil yang Harus Anda ketahui

Penyebab dari kutil adalah human papillomavirus (HPV) dimana terdapat lebih dari 100 jenis. Penyebab kutil ini sendiri yaitu kontak langsung dengan HPV yang menular dan membuat kutil lebih cepat tumbuh dari biasanya.

Anda bisa terkena kutil melalui kontak kulit ke kulit. Bahkan dengan sesuatu yang sederhana seperti bersalaman anda juga bisa dapat menularkan kepada diri anda sendiri jika sudah memiliki kutil karena dapat menular melalui luka di kulit.

Anda beresiko lebih besar mengembangkan kutil jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau tertekan karena penyakit. Walaupun tidak berbahaya, munculnya kutil bisa tidak sedap dipandang, meskipun sebagian besar pada akhirnya akan hilang sendiri dalam satu atau dua tahun jika ditagani dengan benar.

Cara Mengobati Kutil Secara Alami
Sebenarnya ada banyak cara untuk mengobati kutil, mulai dari mengobati secara alami hingga medis. Berikut beberapa cara menghilangkan kutil secara alami yang bisa anda coba dirumah.

1. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan kutil yang pertama dengan menggunakan tea tree oil. Tea tree oil ini sangat bagus untuk menghilangkan kutil karena mengandung sifat antivirus dan antiseptik yang dapat melawan virus. Dengan menggunakan minyak ini, akan menghentikan infeksi dan perkembangan bakteri untuk mengurangi peradangan, kemerahan dan iritasi.

Cara menggunakan tea tree oil ini terlebih dahulu anda harus mencuci tangan dan daerah sekitar kutil secara menyeluruh. kemudian, oleskan setetes tea tree oil ke kutil. Tutup dengan perban dan biarkan selama 8 jam. Jika sudah, anda lepas perban dan bersihkan area tersebut. Ulangi cara ini hingga kutil menghilang. Idealnya antara satu hingga 4 minggu.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

2. Minyak Esensial Thyme

Cara menghilangkan kutil yang kedua dengan menggunakan minyak esensial thyme. Minyak thyme diyakini dapat menghilangkan segala jenis kutil. Caranya dengan mengoleskan dua tetes minyak esensial yang dilarutkan kedalam carrier oil setelah mandi, lalu oleskan di area kutil. Ini akan menyebabkan permukaan kutil mati dalam beberapa hari.

Setelah semua kulit mati di permukaan kutil, oleskan kembali minyak esensial thyme setelah mandi. Berendam di kamar mandi membantu untuk melunakkan kutil dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan. Idealnya, anda harus melakukan ini tiga kali dalam seminggu dan secara bertahap kutil akan hilang.

Baca juga: Selain obat, Ini 10 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

3. Minyak Atsiri Oregano

Cara menghilangkan kutil yang ketiga dengan menggunakan Minyak Atsiri Oregano. Minyak ini menawarkan antiseptik, antioksidan dan antijamur, yang menjadikannya salah satu perawatan kulit alami yang paling efektif. Namun minyak oregano ini dapat bersifat iritatif, yang artinya bisa membakar kulit yang terserang kutil.

Cara menggunakan minyak oregano ini dengan menambahkan 4 tetes hingga 2 sendok teh minyak zaitun terlebih dulu untuk mencairkannya. Sambil tetap menjaga integritas minyak, oleskan campuran empat hingga 6 kali setiap hari.

Baca juga: 9 Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tanpa Obat

4. Cuka Sari apel

Cara menghilangkan kutil yang keempat dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka ini memiliki banyak manfaat untuk pengobatan termasuk menghilangkan kutil. Meskipun sederhana, banyak orang yang telah mengatahui bahwa ini benar-benar berfungsi.

Tingkat keasaman yang sangat tinggi dari cuka mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil, Menghilangkan kutil secara alami akan membuat kutil terkelupas dari kulit yang juga membantu mencegah kekambuhan.

Cara menggunakan cuka sari apel ini membutuhkan 2 sendok makan cuka sari apel, beberapa kapas dan perban. Rendam kapas di dalam cuka sari apel. Biarkan hingga benar-benar meresap dan kemudian peras secara perlahan agar tidak menetes ketika diaplikasikan ke area kutil lalu tutup dengan perban. Ulangi cara ini setiap hari hingga kutil benar-benar hilang.

5. Madu Manuka

Cara menghilangkan kutil yang terakhir dengan menggunakan madu manuka. Madu manuka organik sendiri di panen di selandia baru dianggap sebagai salah satu madu medis terkuat karena mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang tinggi.

Cara menggunakan madu manuka untuk menghilangkan kutil cukup dengan 1 sendok teh madu manuka mentah dan perban. Gunakan batu apung untuk mengekspos kutil dan kemudian tutupi secara menyeluruh dengan lapisan madu yang tebal. Letakkan perban di sekitar area kutil dan diamkan selama 24 jam. Ganti perban dan aplikasikan madu kembali setiap hari hingga kutil hilang.***

You may also like

Tinggalkan Komentar