Home LifestyleKesehatan Selain obat, Ini 10 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

Selain obat, Ini 10 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

oleh Farhan Zuhdi
cara menghilangkan panu

ilustrasi ternyata panu dapat dihilangkan dengan bahan alami (Istimewa)

FAKTUALid – Walaupun panu tidak berbahaya, panu pada kulit tentu sangat menggangu penampilan. Tidak heran banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan panu dengan mudah. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebebkan oleh jamur.

Dilansir dari healthline, panu penyebab panu adalah malassezia, jamur malassezia adalah jenis ragi yang ditemukan di permukaan kulit. Biasanya tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan khususnya bagian kulit. Walau begitu, penyakit tersebut tidak menular ke orang lain.

Tanda-tanda munculnya panu adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tidak selalu putih, tapi bisa berwarna coklat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita. Ketika semakin parah, rasa gatal menjadi semakin parah dan menyebabkan kulit terasa kasar dan bersisik.

Baca juga: 14 Mitos dan Fakta Tentang Selulit, Nomor 4 Wajib Tahu

Panu tidak sama dengan jerawat. Jerawat terlihat menonjol, sedangkan panu tidak menonjol mirip seperti kulit pada umumnya. Saat kita berkeringat, maka panu akan terasa gatal.

Penyakit panu yang ringan dapat diobati dengan obat antijamur. Obat yang berbentuk krim dan lotion ini mengandung selenium sulfide, ketoconazole, atau pyrithione zinc. Tak hanya itu, ternyata ada juga perawatan alami untuk menghilangkan panu.

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Berikut faktualid.com merangkum beberapa cara menghilangkan panu dengan bahan alami yang dilansir dari hallosehat dan gooddoctor

1. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu yang pertama dengan menggunakan bawang putih. Tak sekadar bumbu dapur untuk melengkapi olahan masakan, bawang putih juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit. Kandungan bawang putih memiliki senyawa anti-bakteri yang mampu membunuh seluruh tipe jamur dan kuman pada kulit.

Kamu cukup ambil 1 siung bawang putih dan potong menjadi dua segi. Gosokan potongan bawang putih tersebut pada area kulit yang terkena panuhingga kulit agak memerah dan terasa sedikit perih kemudian diamkan sebentar sampai jamur itu mati.

2. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Cara menghilangkan panu selanjutnya dengan gabungan belimbing wuluh bersama kapur sirih akan jadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur.

Kamu cukup mengoleskan bahan tersebut pada area kulit yang terserang panu sampai merata. Tunggu hingga kering dan bersihkan dengan air bersih.

3. Yoghurt

Selain rasanya yang enak, yoghurt bisa menjadi obat untuk menghilangkan panu. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak probiotik.

Kandungan probiotik pada yoghurt sangat bermanfaat untuk membunuh pertumbuhan jamur penyebab penyakit panu. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu cukup oleskan yoghurt original tanpa rasa pada area kulit yang terkena panu.

Baca juga: 4 Resep Salad Buah Sederhana, Sangat Mudah Dibuat Dirumah

4. Lengkuas dan garam

Perlu kamu ketahui bahwa lengkuas mengandung senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri hingga jamur. Bahan alami ini juga biasanya digunakan untuk mengatasi panu.

Untuk mendapat khasiat dari lengkuas sebagai obat panu, kamu cukup ambil 1 lengkuas untuk dibelah, kemudian gunakan satu sisi lengkuas tersebut untuk digosokan pada area kulit yang terserang panu.

Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, taburkan sedikit garam pada bagian sisi lengkuas tersebut. Ketika menggunakan cara ini kamu mungkin akan merasakan pedih dan kulit sedikit memerah.

5. Kunyit

Cara menghilangkan panu selanjutnya menggunakan kunyit. Rempah berwarna kuning ini diketahui terdapat kandungan sifat anti-inflamasi. Sifat ini yang sangat bermanfaat untuk mengobati peradangan kulit akibat infeksi jamur panu.

Selain mengandung sifat anti-aflimasi, kunyit juga mengandung senyawa antioksidan kurkumin yang dapat mengatasi radikal bebas penyebab infeksi kulit, termasuk panu.

Kamu cukup menghaluskan 1 potong rempah kunyit lalu kamu bisa segera menempelkannya pada bagian kulit yang terinfeksi panu.

6. Lidah buaya

Cara menghilangkan panu ternyata bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan antijamur dan antiinflamasi yang terkandung dalam lidah buaya sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu, penggunaan lidah buaya baik untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Oleskan daging bening lidah buaya pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. kami bisa melakukan cara ini, dua kali sehari secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

Baca juga: Ini Makanan dan Minuman Sehat yang Sebenarnya Tidak Sehat

7. Minyak pohon teh

Di Australia, minyak pohon teh (tea tree oil) telah digunakan sejak lama untuk mengobati luka dan penyakit infeksi kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak pohon teh dilengkapi dengan kandungan antijamur untuk mencegah perkembangan jamur dan meredakan gatal.

Caranya oleskan pada kulit atau bisa dipadukan dengan minyak pelarut. Celupkan kapas ke dalam minyak dan oleskan pada kulit yang berpanu. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Jeruk nipis dan belerang

Cara menghilangkan panu selanjutnya dengan jeruk nipis dan belerang. Kandungan ekstrak vitamin C pada jeruk nipis dan kandungan mineral pada belerang sangat efektif untuk membunuh jamur sekaligus kuman yang menempel pada kulit terutama pada panu.

Caranya haluskan belerang dan campur dengan perasan air jeruk nipis aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada area kulit yang terserang panu secara merata. Untuk hasil maksimal gunakan 2-3 kali sehari secara teratur.

9. Minyak Zaitun dan Madu

Kamu bisa gunakan minyak zaitun sebagai alternatif obat lain untuk menghilangkan panu secara alami. Minyak zaitun dikenal ampuh untuk berbagai perawatan kulit.

Penelitian yang dilakukan oleh Complementary Therapies in Medicine membuktikan bahwa kombinasi dari madu dan minyak zaitun dapat mengobati panu karena komponen antibakteri dan antijamurnya.

Buatlah ramuan dengan 1 sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan 1 sendok makan madu. Oleskan ramuan ini tiga kali sehari pada area kuliy yang terkena panu.

Baca juga:

10. Cuka apel

Cara menghilangkan panu yang terakhir dengan cuka apel. Cuka apel diyakini ampuh sebagai obat alami panu berkat kandungan antimikroba yang bantu mengendalikan dan mencegah pertumbuhan jamur. Campurkan cuka apel bersama air hangat dalam takaran yang sama. Oleskan langsung ke kulit menggunakan kapas, lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga: Kenali Cuka Apel, Khasiat dan Efek Sampingnya

Itulah beberapa cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Walaupun panu sudah disembuhkan, Anda masih punya kemungkinan untuk kembali terkena penyakit ini. Pasalnya, jamur penyebab panu merupakan jamur yang memang hidup di permukaan kulit manusia.***

You may also like

Tinggalkan Komentar