Home Lifestyle Oleh-Oleh khas Surabaya Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh khas Surabaya Yang Wajib Anda Bawa Pulang

oleh Hana Chaniago
    oleh-oleh khas surabayafoto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Suarabaya memiliki beraneka ragam aneka wisata kuliner. Surabaya merupakan kota kedua terbesar setalah Jakarta. Kota yang diberi julukan kota Pahlawan ini, menyimpan legenda hiu dan buaya yang kerap disambangi oleh sebagian orang untuk urusan bisnis.

Surabaya juga menyimpan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi dan tentunya  juga memiliki oleh-oleh khas Surabaya yang wajib anda bawa pulang.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas surabaya yang sudah faktualid.com rangkum dari makananoleholeh.com

1. Almond Crispy Cheese

oleh-oleh khas Surabaya yang pertama adalah Almond Crispy Cheese. Sesuai dnegan namanya, cemilan ini memiliki rasa keju dan almond. Selain rasa yang original, masih ada varian rasa lainnya yaitu, Green Tea, Cokelat, Bluberry, Strawberry dan juga Durian.

Dengan bentuk yang tipis, bulat dan lembut, rasanya akan cocok untuk dimakan ketika berkumpul bersama keluarga atau hanya dijadikan cemilan sambil minum kopi. Bahan-bahan pembuatannya terutama kacang almond sebagai bahan wajib, keju, gula, mentega, tepung, dan bahan lainnya yang dibuat dnegan menggunakan metode tertentu.

2. Sambal Bu Rudy

oleh-oleh khas Surabaya yang kedua adalah Sambal Bu Rudy. Sambal Bu Rudy ini sudah cukup dikenal oleh banyak masyarakat karena memiliki rasa yang benar-benar pedas, nikmat dan dipadukan dengan rasa udang yang kental.

Bu Rudy mempunyai beberapa varian sambal, seperti Sambal Bawang, Sambal Udang dan Sambal Bajak yang masing-masing memiliki harga Rp.25.000 per botol.

Bu Rudy sendiri merupakan produsen sambal yang menjadi produsen pertama menggunakan kemasan sebelum ada banyak yang ikut menggunakan metode ini.

Jika anda memilih Sambal Bu Rudy ini untuk jadi oleh-oleh, anda bisa membelinya di tiga lokasi yang berbeda, yakni Jalan Dharmahusada 140 Surabaya, Jalan Kupang Indah 31 Surabaya dan Jalan Anjasmoro 45 Surabaya.

Baca juga: Warung Makan Legendaris Ayam Lunak Kranggan Hanya Layani Take Away

3. Kue Lapis Surabaya

oleh-oleh khas Surabaya yang ketiga adalah Kue Lapis khas Surabaya. Anda pasti sudah kenal dengan kue lapis ini dengan warna kuning kemudian ada warna coklatnya sehingga terlihat belang kuning coklat dan ditengahnya terdapat selai strawberry.

Walaupun terlihat mirip denga sponge cake, nyatanya Kue Lapis Surabaya ini memiliki tekstur yang lembut dan lebih empuk, sedangkan saat disentuh akan terasa lembab. Walaupun kue ini termasuk makanan tradisional, namun nyatanya kue lapis adalah kue dengan rasa premium karena memerlukan bahan yang cukup banyak. Hal itulah yang membuat orang-orang memburu Kue Lapis Surabaya ini menjadi oleh-oleh khas Surabaya.

4. Keripik Buah Kane-Kane

oleh-oleh khas Surabaya yang keempat adalah Keripik Buah Kane-Kane. Oleh-oleh khas Surabaya ini merupakan keripik buah yang dibuat menggunakan buah-buah segar sebagai bahan utamanya. Buah-buah segar tersebut kemudian digoreng menggunakan minyak kelapa dengan kandungan lemak baik dan sangat bagus untuk kesehatan.

Proses penggorengannya pun bisa dibilang unik, karena menggunakan metode Vaccum Frying menggunakan suhu kecil. Karena digoreng dengan menggunakan metode yang sesuai, maka akan menghasilkan keripik yang renyah dan sangat awet.Kane-Kane telah memiliki berbagai macam rasa, mulai dari Keripik Apel, Mangga, Nanas, Salak, Pepaya dan Nangka.

5. Siropen Telasih

oleh-oleh khas Surabaya yang kelima adalah Siropen Telasih. Siropen Telasih merupakan olahan sirup yang sudah ada pada zaman penjajahan belanda dan bertahan hingga sekarang.

Hingga saat ini, pembuatan sirupnya masih dilakukan secara konvensional tanpa menggunakan alat-alat canggih seperti kebanyakan pabrik.Yang berbeda hanyalah diganti proses pemasakannya dari sebelumnya menggunakan kayu bakar, saat ini sudah menggunakan gas untuk menghemat uang produksi.

Kini Siropen Telasih telah mempunyai berbagai rasa seperti Mawar, Cocopandan, Vanilli, Jeruk, Frambosen, Arbei, Lychee dan Melon. Keunggulan dari oleh-oleh khas Surabaya ini adalah dalam menggunakan gula, yang dipilih adalah gula dengan kualitas terbaik dan tanpa bahan pengawet sedikitpun.

Baca juga: Simak,ini 8 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk cegah Covid-19

6. Bandeng Asap

oleh-oleh khas Surabaya yang keenam adalah Bandeng Asap. Cara membuat Bandeng Asap ini bisa dibilang cukup rumit. Caranya dalah membersihkan sisik dan isi perut bandeng terlebih dahulu, lalu dibersihkan dengan air sebelum akhirnya direndam menggunakan air garam selama 2 jam. Selanjutnya ikan ditusuk menggunakan bambu dan siap diasapi.

Setelah itu, warna ikan akan berubah menjadi kecoklatan yang menandakan sudah siap di konsumsi. Untuk harga satu Ikan Bandeng ini dijual sekitar Rp.35.000 dan kerap dijual dipinggir-pinggir jalan.

7. Kerupuk Udang Lobster

oleh-oleh khas Surabaya yang terakhir adalah Kerupuk Udang Lobster. Cara membuat oleh-oleh khas Surabaya ini sama dengan mempuat kerupuk pada umumnya. Yaitu memanfaatkan bahan berupa tepung tapioka nambun ditambah perasa berupa udang lobster. Pertama, dibuat dengan menumbuk halus udang sebelum nantinya dicampur dengan tepung tadi.

Adonan tersebut akan dikukus dan jika sudah matang, maka tinggal dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Untuk harganya perbungkus dijual sekitar Rp. 50.000 yang memiliki berat 500g.***

You may also like

Tinggalkan Komentar