Home LifestyleKesehatan 9 Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tanpa Obat

9 Cara Mengobati Bisul Secara Alami Tanpa Obat

oleh Farhan Zuhdi
cara mengobati bisul

Ilustrasi cara mengobati bisul secara alami (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Setiap orang yang memiliki bisul pasti ingin sesegera mungkin untuk dihilangkan. Ada banyak cara mengobati bisul, baik dengan obat maupun secara alami. Hal ini tentu membuat aktivitas terganggu dan menjadi kurang nyaman.

Bisul ialah benjolan merah pada permukaan kulit yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan di dalamnya berisi nanah berwana kuning. Hal tersebut biasanya terjadi oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu tempat tumbuhnya rambut.

Bisul umumnya terjadi pada bagian-bagian yang sering mengalami gesekan dan berkeringat. Benjolan ini biasanya muncul pada bagian wajah, leher, ketiak, bahu, paha, serta bokong. Selain itu, bisul juga dapat muncul pada kelopak mata yang kerap disebut bintitan.

Bisul terkadang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan obat di beberapa kasus. Namun, hal ini membutuhkan waktu cukup lama hingga benjolan tersebut menghilang dengan sempurna.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

Berikut beberapa cara mengobati bisul secara alami yang telah dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Kompres dengan air hangat

Cara mengobati bisul secara alami yang pertama yaitu kompres dengan air hangat. Saat bisul muncul kamu bisa kompres dengan air hangat. Suhu hangat membantu meningkatkan sirkulasi yang membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Kamu dapat mengompreskan air hangat dengan handuk pada bisul, lakukan setiap hari selama 15 menit. Agak hasilnya maksimal, kamu bisa lakukan 3 hingga 4 kali sehari.

2. Menggunakan bubuk kunyit

Kandungan anti inflamasi pada kunyit dipercaya dapat melawan bakteri. Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit sebagai cara mengobati bisul.

Ada dua cara menggunakan bubuk kunyit sebagai obat bisul. Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit sebagai olesan, larutkan campuran bubuk kunyit dengan jahe lalu oleskan 2 kali sehari pada bagian yang terdapat bisul.

Cara selanjutnya, kamu bisa jadikan minuman dengan merebus bubuk kunyit hingga mendidih. Kemudian kamu bisa minum 3 kali sehari selama bisul masih terlihat.

3. Garam Epsom

Cara mengobati bisul secara alami dan cepat juga kamu bisa gunakan garam Epsom, garam tersebut dapat membantu membuat bisul lebih cepat kering sehingga nanah lebih cepat keluar.

Caranya mudah, kamu cukup melarutkan garam epsom dengan air lalu rendam handuk dalam air tersebut dan kompres ke area bisul. Diamkan kompres didalam air rendaman selama 20 menit. Lakukan setiap hari sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari sampai bisul sembuh

4. Lidah buaya

Selain dikenal banyak memberikan manfaat pada kulit dan rambut, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai cara mengobati bisul secara alami.

Gel lidah buaya yang bersifat dingin mampu meredakan rasa sakit dan juga bertindak sebagai antiseptik. Caranya kamu cukup mengoleskan lidah buaya pada bagain yang terdapat bisul sebanyak dua kali sehari sampai benar-benar sembuh.

Baca juga: 10 Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

5. Madu

Cara mengobati bisul secara alami berikutnya adalah dengan madu. Madu dipercaya bekerja cepat dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri secara efektif.

Oleskan madu pada area bisul lalu tutup dengan perban atau kain kasa steril. Diamkan semalaman dan bilas diesok pagi. Jika ingin mendapat hasil maksimal, kamu dapat melakukannya setiap hari.

6. Bawang putih

Bawang putih dipercaya oleh banyak ahli memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa dijadikan sebagai cara mengobati bisul secara alami, kandungan senyawa antibakteri dan anti inflamasi pada bawang puith mampu menyembuhkan bisul dengan efektif.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu menghaluskan beberapa bawang putih lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul selama 20 menit. Lakukan sebanyak satu atau dua hari sekali.

7. Lemon

Lemon dapat kamu gunakan sebagai cara mengobati bisul secara alami dan cepat. Sebelumnya kamu peras terlebih dahulu lemon tersebut. Perasan lemon selanjutnya kamu oleskan pada bagian yang terdapat bisul menggunakan kapas. Lakukan secara rutin setiap hari selama 10 menit.

8. Minyak pohon teh atau tea tree oil

Cara mengobati bisul alami bisa pula dengan minyak pohon teh atau tea tree oil. Tea tree oil terdapat kandungan antibakteri dan antiseptik di dalamnya yang dipercaya ampuh sebagai cara alami mengobati bisul.

Campur beberapa tetes tea tree oil dengan minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit yang terdapat bisul menggunakan kapas. Agar mendapat hasil maksimal, kamu jangan meneteskan tea tree oil langsung pada permukaan bisul karena dapat menimbulkan sensasi rasa terbakar pada kulit.

9. Cuka apel

Cara mengobati bisul secara alami yang terakhir adalah dengan cuka apel. Cara memanfaatkannya, kamu cukup gunakan 2 sendok makan cuka apel dan campurkan dengan air putih. Kemudian, oleskan campuran cuka apel menggunakan kapas pada permukaan bisul dan diamkan sampai kering.***

Baca juga: Kenali Cuka Apel, Khasiat dan Efek Sampingnya

You may also like

Tinggalkan Komentar