Home LifestyleKesehatan 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

oleh Farhan Zuhdi
cara menghilangkan jerawat

Ilustrasi Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu dipercaya mampu bantu hilangkan jerawat (Istimewa)

FAKTUALid – Jerawat diwajah merupakan masalah yang sangat menjengkelkan dan membuat kamu tidak percaya diri. Untuk menghilang jerawat di wajah, cara menghilangkan jerawat yang sering dilakukan dengan menggunakan perawat yang cukup menguras kantong.

Jerawat bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng jika salah dalam menanganinya.

Ada beberapa faktor umum munculnya jerawat. Mulai dari infeksi bakteri, produksi minyak alami kulit yang berlebihan, konsumsi jenis makanan tertentu, hingga, alergi.

Baca juga: Gunakan 8 Bahan Alami Ini Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Sebenarnya, cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan secara alami yang mudah ditemukan di dalam rumah tanpa harus melakukan perawatan dengan berbagai teknologi canggih yang mungkin terlalu mahal.

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang telah dirangkum faktualid.com melalui berbagai sumber.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

1. Hindari menyentuh jerawat

Cara menghilang jerawat yang pertama yaitu dengan mennghindari menyentuh jerawat. Sebagian orang dengan sengaja sering menyentuh jerawat. Padahal, menyentuh jerawat bisa mengiritasi kulit, memperburuk jerawat, dan dapat menyebarkan jerawat ke area lain.

Hindari menyentuh, menggosok, atau memencet jerawat. Memencet jerawat dapat mendorong bakteri dan kotoran masuk lebih jauh ke dalam kulit sehingga jerawat bisa bertambah parah.

2. Banyak minum air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup perlu dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Sebab, cairan yang cukup dapat membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat serta mengurangi risiko munculnya jerawat baru di kemudian hari. Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, jerawat akan lebih mudah muncul.

Baca juga: 14 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bisa Mencegah Batu Ginjal

3. Es batu

Siapa sangka, ternyata es batu merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat. Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Saat sirkulasi peredaran darah lancar, itu dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Es batu mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara menghilangkan jerawat secara alami ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

4. Lidah buaya

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Manfaat lidah buaya bagi jerawat juga berasal dari kandungan asam salisilat dan sulfur. Kedua bahan aktif tersebut sudah sering digunakan untuk mengobati jerawat di kulit.

5. Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya yakni dengan mengguankan bawang putih. Zat sulfur yang terkandung pada bawang putih dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

6. Madu

Madu sudah lama dikenal dengan berbagai macam khasiat didalamnya. Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu dipercaya mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan pori-pori.

Selain kandungan antioksidan, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.

Baca juga: Ampuh, 7 Obat Alami ini dapat Mengatasi Sakit Perut

Beberapa penelitian menyebutkan madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitas madu dalam mengobati jerawat.

Caranya cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril guna mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

7. Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat.

Caranya mudah, pisahkan putih telur dari kuningnya dan dicampur dengan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

8. Cuka apel

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan cuka apel. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat cuka apel untuk jerawat berasal dari kandungan asam organik, seperti asam sitrat, yang diyakini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes. Kandungan asam laktat pada cuka apel juga dipercaya dapat memperbaiki kulit yang terdapat bekas jerawat.

Baca juga: Kenali Cuka Apel, Khasiat dan Efek Sampingnya

9. Lemon

Lemon dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Lemon untuk menghilangkan jerawat berasal dari kandungan asam alfahidroksi alami (AHA) yang sangat baik untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara menggunakannya, bersihkan lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras dalam wadah yang bersih. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat jika Anda merasa terlalu perih.

10. Redakan stres

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami mungkin efektif untuk mengobati jerawat. Namun, perawatan dari dalam diri kamu perlu dilakukan, termasuk dengan meringankan stres.

Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang sehingga memperparah jerawat.

Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, serta memperlambat penyembuhan bekas jerawat.***

Baca juga: 7 Fakta Tentang Stres Yang Jarang Diketahui

You may also like

Tinggalkan Komentar