Home LifestyleKesehatan Gunakan 8 Bahan Alami Ini Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Gunakan 8 Bahan Alami Ini Untuk Mengecilkan Pori-Pori

oleh Hana Chaniago
bahan alami mengecilkan pori-pori

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar, tentunya akan membuat menurunnya kepercayaan diri apalagi jika terjadi pada wanita. Dibandingkan dengan pria, wanita memang lebih menjaga penampilan baik penampilan wajah maupun penampilan tubuh. Terkadang untuk mempercantik penampilan, kerap kali wanita menggunakan makeup.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa mengecilkan pori-pori.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pori-pori kulit itu tida membesar seperti yang kita ketahui. Hal ini merupakan hal genetik. Orang dengan kulit pucat ataupun putih memiliki pori-pori yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit warna gelap.

Hal ini juga tergantung pada tipe kulit seseorang. Orang dengan kulit berminyak pori-porinya lebih terlihat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering.

Pori-pori yang tersumbat, terbuka dan membesar inilah yang biasanya mengakibatkan tumbuhnya jerawat dan komedo. Pori-pori besar, jika anda orang yang sering keluar tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi.

Agar pori-pori tidak terbuka sehingga sumber komedo, jerawat dan kulit kusam menempel pada kulit dan masuk pada pori=pori. Tapi tenang saja, ada beberapa bahan alami untuk mengecilkan pori-pori anda. Berikut yang sudah Faktualid.com rangkum dari merdeka.com

1. Jeruk Nipis

Bahan alami yang pertama adalah Jeruk Nipis. Jeruk Nipis kaya akan anti oksidan dan Vitamin C. Hal ini akan membuat kulit anda terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, Jeruk Nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Cara memakainya juga terbilang mudah. Yaiut, oleskan air perasan kulit jeruk pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit.

2. Kulit Jeruk

Bahan alami yang kedua adalah Kulit Jeruk. Dibandingkan dengan buahnya, ternyata kulit jeruk lebih banyak memiliki Vitamin C. Jika anda pecinta buah jeruk, jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Karena kulit jeruk bisa digunakan sebagai masker wajah yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering, lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu bisa langsung digunakan di wajah anda dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bisa langsung dibilas dengan air hangat.

3. Lemon

Bahan alami yang ketiga adalah Lemon. Lemon mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah anda dan membiarkannya selama 15 menit.

Baca juga: Selain obat, Ini 10 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

4. Pepaya

Bahan alami yang keempat adalah Pepaya. Enzim Papain yang terdapat dalam buah pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C dan E sebagai anti oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembabkan kulit anda.

Dengan menggunakan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah, serta bisa juga mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan menjadi Sunscreen alami bagi kulit anda.

5. Tomat

Bahan alami yang kelima adalah Tomat. Senyama anti oksidan yaitu lycopine yang terdapat dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga pori-pori wajah mengecil. Tomat juga bisa menjadi sunscreen alami untuk meminimalisir kerusakan wajah yang diakibatkan oleh sinar UV.

Cara penggunaannya mudah yaitu dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 30 menit.

6. Alpukat

Bahan alami yang keenam adalah Alpukat. Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat mengandung karotenoid anti oksidan, Vitamin E, Vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 10 Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

7. Bengkoang

Bahan alami yang ketujuh adalah bengkoang. Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung Bengkoang sebagai pemutih. tapi bengkoang tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori=pori. Hal ini dikarenakan bengkoang mengandung Vitamin B dan C agar kulit mati tidak menumpuk pada wajah.

Caranya juga bisa terbilang mudah. Cukup parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.

8. Putih Telur

Bahan alami yang terakhir adalah Putih telur. Outih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah anda serta sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah karena akan protein dan sumber mikronutrien.

putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, anda bisa menambahkan 1sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.***

You may also like

Tinggalkan Komentar