Home Lifestyle 6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

oleh Hana Chaniago
cara menurunkan kolesterol

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Kolesterol ini lebih dikenal sebagai sebutan bagi salah satu jenis penyakit, namun pada kenyataannya memang semua orang memiliki kolesterol. Kolesterol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan pada plasma darah. Namun, ada sejumlah cara menurunkan kolesterol yang dapat kamu coba.

Kolesterol yang disebutkan sebagai penyakit ini adalah keadaan dimana kadar kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal. Kolesterol kini merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah ditemukan di masyarakat. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu terjadinya berbagai jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Selain mengkonsumsi obat-obat an yang didapat dari dokter, anda juga bisa mecoba cara menurunkan kolesterol secara alami.

Kini kolerterol tidak hanya menyerang orangtua saja, nyatanya anak-anak pun bisa menderita kolesterol juga. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Semakin banyak makanan berlemak yang masuk pada tubuh anda, maka penumpukan lemak akan semakin membesar kadar kolesterol dalam tubuh anda. Contoh makanan berlemak seperti gorengan, daging kambing, dan susu.

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Kolesterol LDL dan Kolesterol HDL. Kolesterol LDL termasuk jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang bisa melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak yang ada dalam tubuh bisa mengganggu suplai makanan yang menuju ke jantung. Hal ini juga yang mengakibatkan terkena penyakin jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang tinggi sering kali dikaitkan pada meraka yang bertubuh besar atau obesitas.

Ketika anda terlanjut mempunyai kolesterol yang tinggi, maka sebaiknya anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Mulai ubah pola hidup anda dan mulai menerapkan pola hidup sehat.

Berikut cara menurunkan kolesterol secara alami yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Batasi Asupan Gula

cara menurunkan kolesterol yang pertama adalah membatasi asupan gula dalam tubuh. Sejumlah orang beranggapan, gula hanya berkaitan dengan penyakit diabetes. Padahal, konsumsi gula berlebihan juga mempengaruhi kolesterol. Menurut Clevaland Clinic, tingginya asupan gula membuat hati mmeproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, mengkonsumsi gula berlebihan juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida. Agar kolesterol dan gula darah tetap stabil, batasi asupan gula dengan cara mengurangi minuman dan makanan manis, makanan olahan hingga karbohidrat bertepung.

2. Minum Air Jeruk Nipis Setiap Pagi dan Malam

cara menurunkan kolesterol yang kedua adalah minum air jeruk nipis tiap pagi dan malam. Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid berfungsi untuk anti-oksidan kuat. anti-oksidan ini membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat.

Untuk mengurangi kolesterol ini, anda cukup minum air jeruk nipis secara rutin saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Nipis, Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

3. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

cara menurunkan kolesterol yang ketiga adalah mengkonsumsi lemak tak jenuh. Dilansir dari Healthline, lemak jenuh bisa mengakibatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sedangkan lemah tak jenuh bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Beberapa sumber lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi antara lain minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat,ikan salmon dan ikan tuna.

4. Hindari Makan Berlebihan dan Perhatikan Kalori

cara menurunkan kolesterol yang keempat adalah tidak makan berlebihan dan lebih memperhatikan kalori. Makan berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Setiap kenaikan berat badan beresiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Perhatikan porsi setiap makanan anda. Jaga agar kalori yang masuk kedalam tubuh sesuai kebutuhan.

Orang dewasa dengan aktivitas normal dan kondisi tubuh yang sehat rata-rata membutuhkan 2.000 kalori per harinya. Makan terlalu banyak dan tinggi kalori tidak hanya mempengaruhi kolesterol, anda juga beresiko mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

5. Hindari Lemak Trans

cara menurunkan kolesterol yang kelima adalah menghindari lemak trans. Penderita kolesterol tinggi wajib menghindari asupan yang mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lemak trans dalam jumlah kecil secara alami ditemukan pada daging sapi, daging kambing dan susu. Selain itu, lemak trans juga terkandung dalam lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi dengan proses yang disebut hidrogenasi.

Pemrosesan tersebut membuat bahan makanan mempunyai tekstur lebih baik (renyah) dan cita rasa lebih gurih. Beberapa makanan kaya akan lemak trans diantaranya gorengan, keripik dan makanan cepat saji lainnya.

Baca juga: Catat, ini 9 Gejala Kolesterol Yang Perlu Kamu Waspadai

6. Aktif Bergerak dan Rutin Olahraga

cara menurunkan kolesterol yang terakhir adalah aktif bergerak dan rutin olahraga. Dilansir dari Mayo Clinic, untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu menjaga pola makan sehat dan perlu diimbangi dengan kebiasaan aktif bergerak dan olahraga yang rutin.

Penderita kolesterol disarankan olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Olahraga dan aktivitas fisik dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Pilihlah jenis olahraga yang ringan tapi bisa rutin dikerjakan seperti jalan kaki, lari atau aerobik dirumah. Selain itu, carilah aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak seperti jalan kaki di jam istirahat, sering berdiri, bersepeda ke tempat kerja atau mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.***

You may also like

Tinggalkan Komentar