Home NasionalNusantara Stok Vaksin di Kabupaten/Kota Harus Segera Dihabiskan

Stok Vaksin di Kabupaten/Kota Harus Segera Dihabiskan

oleh Dwipraya

Pemantauan vaksinasi di Kota Tegal. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
P

FAKTUALid – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan untuk percepatan vaksinasi, maka stok yang masih tersedia di Kabupaten/Kota harus segera dihabiskan.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo, saat melakukan pengecekan vaksinasi bagi para lansia di Puskesmas Kaligangsa, Kota Tegal, Kamis (10/6/2021).

“Ini gerakan bersama demi percepatan vaksinasi. Pelaksanaan di Puskesmas Kaligangsa sudah bagus, karena masyarakat khususnya lansia dibawa ke puskesmas untuk divaksin,” katanya.

Pihaknya meminta, jajaran Forkompimda Tegal untuk terus ‘gaspol’ percepatan vaksinasi. Stok vaksin yang masih ada di Kabupaten/Kota harus segera dihabiskan.

“Stok yang ada, habiskan semua. Prioritaskan lansia atau mereka yang punya komorbid. Kumpulkan semua kemudian divaksin. Bisa dengan cara seperti ini, vaksinasi didekatkan ke puskesmas-puskesmas,” tegasnya.

Ganjar meminta, hendaknya Kabupaten/Kota tidak menyimpan stok vaksin terlalu banyak. Sebab, pihaknya sudah mengajukan penambahan vaksin ke Kementerian Kesehatan.

“Termasuk yang masuk zona merah, saya sudah mintakan tambahan vaksin ke Kemenkes. Nanti segera dikirim, sehingga kita bisa lakukan percepatan,” ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta Pemkot Tegal siaga mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Tempat tidur di rumah sakit rujukan harus ditambah, baik untuk ICU maupun isolasi.

“Dihitung benar, begitu BOR naik, segera buat kontijensi plan. Siapkan juga isolasi terpusat dan operasi justisi harus terus ditingkatkan. Tidak boleh berhenti, sambil terus edukasi masyarakat. Saya minta masyarakat mendukung dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Sekda Kota Tegal, Johardi, yang ikut mendampingi Ganjar mengatakan, pihaknya telah melakukan penambahan tempat tidur di rumah sakit, baik ICU atau isolasi. Tempat isolasi terpusat juga sudah disiapkan.

“Siap Pak, sudah kami lakukan penambahan tempat tidur di rumah sakit. Kami juga siap memperketat protokol kesehatan dengan cara operasi justisi,” tukasnya. (Ki Pujo Pandunung)***

Tinggalkan Komentar