Home NasionalNusantara Puluhan Pedagang Asal Luar Kota Solo Diswab Antigen, Lima Positif

Puluhan Pedagang Asal Luar Kota Solo Diswab Antigen, Lima Positif

oleh Dwipraya

Pemkot Solo lakukan tes swab acak ke pedagang di Pasar Alun-Alun Keraton Solo. (Foto : Istimewa)

FAKTUALid – Puluhan pedagang bermobil di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta, Jawa Tengah menjadi sasaran tes acak swab antigen yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/6/2021). 

Dari 50-an pedagang di Pasar Cinderamata dan Pasar Kacamata yang diswab, lima diantaranya positif terpapar virus Covid-19. 

“Pedagang yang di tes swab berasal dari luar kota. Pekalongan, Jepara dan Kudus, di dua pasar yakni di Pasar Cinderamata dan Pasar Kacamata,” jelas Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Solo, Sugeng Budi, di Pasar Alun-Alun Keraton Surakarta.

Pedagang yang hasil tes nya positif langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk menjalani isolasi. Mereka juga dilarang untuk berjualan.

Tes swab antigen yang dilakukan secara acak tersebut ditujukan bagi pedagang yang berasal dari luar Kota Solo. Terutama dari daerah yang saat ini masuk zona merah. Mereka biasa berjualan setiap hari Senin dan Kamis. 

“Sebagian besar pedagang bermobil adalah dari luar Kota Solo. Kebanyakan dari Pekalongan,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan daerah asal pedagang yang hasil tes nya positif.

“Tes swab akan dilanjutkan lagi karena pedagang dari luar kota disini sangat banyak. Biasanya setiap hari Senin dan Kamis, jumlahnya sekitar 700 hingga 1.000 pedagang bermobil dari luar kota,” paparnya.

Tes swab antigen acak kepada pedagang bermobil itu dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan virus di Kota Solo. Apalagi beberapa daerah asal pedagang tersebut merupakan zona merah. (Uti Farinzi) ***

Tinggalkan Komentar