Connect with us

Kesra

Mensos Dukung Teknologi Transportasi Untuk Warga Papua

Avatar

Diterbitkan

pada

Mensos Tri Rismaharini saat berinteraksi dengan rakyat Papua. (Ist).

Mensos Tri Rismaharini saat berinteraksi dengan rakyat Papua. (Ist).

FAKTUAL-INDONESIA: Kondisi alam Papua yang sering menjadi kendala dalam transpotasi, kini dapat teratasi dengan adanya program pemberdayaan sosial berkelanjutan di wilayah tersebut.

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberi dukungan teknologi untuk transportasi yang efisien bagi warga Papua. Saat ini sudah tersedia dua kapal, hasil kerja sama Universitas Cenderawasih (Uncen) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yang akan diserahkan untuk program pemberdayaan di Kabupaten Mamberamo Raya.

“Yang tiga dalam tahap finishing. Sudah ada sertifikat kelayakan dari Kementerian Perhubungan,” ujar Risma dalam kunjungannya ke GKI Tanah Papua Kota Jayapura, Selasa (22/3) malam.

Mensos Risma mengatakan kapal tersebut akan dipergunakan untuk alat transportasi para murid dan guru di Kabupaten Mamberamo Raya.

Selain untuk transportasi air, Mensos Risma juga menindaklanjuti uji coba kendaraan roda dua, yang modifikasi untuk angkutan barang yang didesain seperti motor trail oleh ITS.

Advertisement

Kendaraan tersebut diharapkan tak sekedar untuk transportasi, tapi bisa untuk angkutan barang juga. Sehingga diharapkan bisa mengurangi biaya untuk harga pengangkutan barang.

“Karena semua kita desain dengan teknologi,” ujar Mensos Risma.

Dia mengatakan pengadaan transportasi tersebut dilakukan dengan transfer ilmu yang dilakukan oleh Uncen dan ITS. Misalnya, saat ada warga Kabupaten Kepulauan Yapen yang ingin membuat kapal, maka warga tersebut akan diterbangkan ke Surabaya untuk transfer ilmu. ***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement